Mudahnya Visa China

Sejatinya saya akan masuk Mainland (China) dari Hongkong hanya dengan menggunakan VOA (Visa On Arival) di perbatasan Louhu di Shenzhen. 

Namun seminggu sebelum keberangkatan, tiba-tiba beredar berita di milis backpacker yang menyatakan bahwa VOA ditutup sementara untuk rentang waktu kunjungan yang kebetulan sama dengan kunjungan saya ke China, Damn! berantakan rencana yang sudah di susun rapi.

Tadinya bertekad akan go show saja tanpa mengajukan visa china di Jakarta, namun apabila di tolak masuk, selain bookingan hotel hangus, saya harus memutar balik ke Hongkong dan tinggal lebih lama. Otomatis harus menghabiskan dollar lebih banyak dan yuan yang sudah ditangan menjadi sia-sia tak terpakai. brrrrr...kesal dibuatnya!. Kesal juga, karena kalo informasi nya datang lebih awal, saya kan bisa jalan lebih jauh menjelajah mainland tidak cuma Guangzhou dan Shenzhen.

Dengan waktu yang tersisa, akhirnya saya memutuskan untuk apply visa tourist single entry di Jakarta dengan proses normal seharga IDR 540.000,- lebih mahal dibandingkan dengan VOA yang seharga RMB 160,- dan untungnya proses pengajuan visa ini tidak memakan waktu lama dan hanya dengan persyaratan yang mudah, tanpa bukti buku tabungan, tanpa bookingan hotel maupun tiket pesawat dll.

Persyaratan Pengajuan Visa China :
- Paspor Asli (dengan masa berlaku minimal 6 bulan)
- Pas Photo 4x6 dengan latar belakang putih atau biru
- Formulir Pembuatan Visa (bisa di ambil di tempat atau di situs)
Isian yang harus di isi adalah selain data diri lengkap (beserta nama keluarga
yang satu akta keluarga), juga terdapat isian kota mana saja di China yang akan
dikunjungi serta alamat tinggal selama di China.

Tempat Pengajuan Visa :
The East Building Lt.2
Lingkar Mega Kuningan Kav. E32 No.1 East Kuningan
Setiabudi Jakarta Selatan 12950
www.visaforchina.org jakartacenter@visaforchina.org
Telp : 021-57938655 Fax : 021-57938659
Jam Pelayanan : Senin-Jumat pukul 08:00 - 14:00

Hari Pertama :
Datang langsung, apabila sudah mengisi formulir pengajuan Visa, maka langsung ambil no.antrian di depan (deket meja satpam), tunggu sampai di panggil. Tidak usah khawatir akan mengantri lama, karena selain loketnya banyak, pelayanannya juga cepat. Jika semua persyaratan sudah di isi lengkap, maka tidak lebih dari 5 menit proses pengajuan visa sudah selesai dan bukti penerimaan dokumen sudah ditangan dan dapat digunakan untuk pengambilan visa kurang lebih 2-3 hari kedepan.

Hari Kelima :
Ambil no.antrian untuk bayar (masi di dekat meja satpam), tunggu sampai dipanggil (tidak lama, karena waktu itu semua loket dalam keadaan kosong). Setelah membayar dengan menggunakan bukti penerimaan dokumen yang diberikan sebelumnya, maka tinggal ambil paspor yang sudah di tempeli dengan visa China di loker sebelahnya. Gampang kan? tanpa pertanyaan macam-macam, tanpa birokrasi yang berbelit-belit, tanpa perlu memiliki jumlah tabungan minimal sekian-sekian, tanpa perlu surat sponsor dan tanpa-tanpa yang lainnya. Berminat ke China?

- HAPPY TRAVELING -


Hal Penting :
- Ada beberapa proses penyelesaian Visa ini yang bisa di pilih dengan variasi harga berbeda-beda, misalnya proses kilat sehari

- Lokasi pengajuan visa ini bukan di kedutaan besar China, melainkan di urus sama agen yang ditunjuk langsung (lihat alamat di atas)

- Jika tidak tahu alamat East Building, dari lingkar mega kuningan (depan Mall Ambassador, tinggal naik ojek saja, bilang ke East Building)

0 comments:

Post a Comment