Berpuasa dan Bertaraweh di Saudi Arabia

Bersiap taraweh di roof top Al Haram-Mekah
Menjalani ibadah puasa di Saudi Arabia sungguh cobaan yang sangat berat. Saya harus berpuasa kurang lebih dari jam 4:00 pagi sampai jam 19:00an, belum lagi cuaca yang begitu terik yang kadang menyentuh 45 derajat celcius menjelang siang hari bahkan pernah suatu ketika 47-50 derajat di puncak siang. Setiap hari saya hanya sahur seadanya dari dermawan dijalanan yang isinya hanya kurma, roti, yoghurt dan air mineral. Terkadang ada juga yang membagikan nasi briyani, namun sangat jarang. Belum lagi buka puasa hanya kurma dan air zam-zam, paling bagus ya itu tadi menu harian 'roti dan yoghurt serta juice botolan'.
Karena teman saya menbawa rice cooker kecil, kadang kami masak nasi dengan lauk yang kami bawa dari rumah masing-masing. Tapi berbuka dan sahur di kamar hotel tidak seindah berbuka bersama di masjid ataupun dijalanan, alhasil saya seringnya melewatkan hal ini.

MADINAH ALMUNAWWARAH
Saat mendekati azan maghrib, disetiap sudut jalanan banyak sekali dermawan yang membagi-bagikan makanan, bahkan di setiap selang 1-2 meter. Jadi tidak usah khawatir soal makanan, kadang meski sudah membawa bungkusan pun, pasti akan dicegat dan dikasih lagi. Tidak perlu berebutan ataupun antri, semua datang dengan sendirinya.

Di sudut-sudut jalan banyak gelaran-gelaran berbuka puasa bersama, biasanya mereka akan memanggil kita untuk bergabung. Saya lebih suka bergabung di pelataran Masjid Nabawi, lebih syahdu dan tenang. Jika ingin berbuka di dalam masjid, tetaplah di dalam masjid setelah shalat ashar, jika tidak biasanya akan penuh.
Berbuka bersama di pelataran Masjid Nabawi memberikan nuansa kebersamaan yang begitu kental. Siapapun yang masuk ke area pelataran, akan digiring menuju barisan-barisan panjang di mana terdapat orang yang duduk saling berhadapan dan ditengahnya terdapat hamparan plastik.

Menu nya? Es buah? Jauhkan pikiran itu. Biji salak? Orang arab pasti gak bisa membuatnya. Kolak? Ini apalagi, coret meski dalam bayang-bayang. Sirop? Gak ada pohon tebu di Saudi. Es cendol? Duh, ribet bangat membuatnya, gak ada kelapa pula buat santannya. Lah terus? Ya kurma lah, apalagi!!.
selain shalat berjamaah, tiduran juga berjamaah di Nabawi

Berbuka bersama di pinggiran Nabawi

dermawan membagikan makanan berbuka puasa

Kurma, roti, air zam-zam dan yoghurt. Itulah yang saya makan saat berbuka hari ini, esok, lusa dan esok lusa. Gak bosen? Bosan sih tidak tapi masih lapar nya yang pasti. Biasanya setelah sholat maghrib, saya akan pergi ke kantin atau sesekali kembali ke hotel menyantap nasi dan lauk pauk ala kadar nya. Jeda antara Maghrib ke Isya di Saudi sekitar 2jam. Jadi baru pukul 21:00an Isya dan kemudian taraweh dilaksanakan. Jadi ada banyak waktu untuk bersantap besar ataupun istirahat sebentar di hotel.
Shawarma

Entah apa namanya, saya bilangnya acar arab

kantin di Madinah
Madinah itu tenang dan damai, seramai apapun orang-orang, semua seakan berjalan tertib dan teratur. Bahkan orang-orang pun saling memberi dan mengajak setengah memaksa bergabung jika tiba waktunya berbuka puasa.

Saat santap sahur tiba, kembali para dermawan membagi-bagikan menu sahur layaknya saat akan berbuka puasa. Ada yang berkeliling dengan menggunakan mobil pick up bak terbuka, mobil pribadi, berjalan kaki dan adapula yang memakai gerobak. Ah, banyak sekali ya pahala mereka sepertinya.
Lain di Madinah beda di Mekah. Di Mekah tidak setertib Madinah, untuk dapat pembagian makanan saja kadang harus antri dan berebutan. Saya seperti tidak dapat merasakan kekhidmatan.

MEKAH ALMUKARRAMAH
Al Haram, 45 derajat celcius menjelang tengah hari
Pelataran Al Haram begitu semwrawut bertebaran gerombolan-gerombolan manusia berbagai etnis. Tidak ada petugas yang mengatur dan mempersilahkan saya untuk bergabung berbuka puasa, pun tidak ada barisan-barisan rapi yang dipisahkan antara laki-laki, perempuan dan khusus keluargayang membawa anak-anak. Yah, saya rindu Madinah.

Entah karena begitu banyaknya orang sehingga sulit untuk di atur atau memang tidak ada moment-moment berbuka puasa seperti layaknya di Madinah. Semua terkesan sendiri-sendiri dan bergerombol antar sesama teman dan keluarga. Tidak beraturan, semua main ndeprok di manapun suka. Tidak hanya di pelataran namun di beberapa area seperti tempat sa'i. Hanya di dalam Alharam lah terdapat gelaran plastik memanjang itupun hanya beberapa buah kurma dan segelas air zam-zam. Tidak ada roti, tanpa yoghurt dan boro-boro juice botolan.

Selain karena sunnah nabi, sudah menjadi kebiasaan orang arab jika berbuka pasti dengan santai melahap kurma terlebih dahulu, kemudian minum teh hangat sedikit-sedikit, dilanjutkan dengan kurma lagi dan air zam-zam. Sementara saya? Glek..glek..glek, kalap dengan air zam-zam. Satu gelas gak cukup bahkan kadang sampai 3-4 gelas baru kemudian kurma. Tuhan, betapa saya menginginkan kolak dan biji salak rasanya setelah dahaga itu sirna.

Menu minimalist berbuka puasa di Alharam-Mekah
Tidak hanya dermawan yang datang dengan mobil nya berbagi penganan untuk berbuka puasa, di mana untuk mendapatkannya saja harus antri dan kadang berebutan. Namun banyak sekali yang mengulurkan tangan di setiap jengkal langkah menuju Alharam. Nasi? Jangan berhalusinasi. Roti? Kadang ada kadang tidak. Yoghurt dan juice botolan? Kalau lagi beruntung, ya dapat. Kurma? Berlimpah!!. Berpestalah dengan kurma berbagai jenis jika sudah di Mekah. Kurma lembek, agak keras bahkan yang terasa begitu keringpun ada. Dan satu lagi mungkin yang tidak saya temukan di Madinah tapi ada di Mekah, yakni teh arab. Jika ada orang yang berdiri memegang sebuah teko, itulah dia yang membagikannya. Saya tidak begitu suka karena rasanya agak pahit dan aneh dilidah.

kalo lagi lapar bangat, nambah beli "broast"

Yang lucu di Mekah ini adalah saat-saat setelah berbuka puasa. Mendadak terjadi kerusuhan. Para petugas kebersihan berlarian membersihkan sisa-sisa sampah yang bertebaran seperti habis perang makanan. Ada yang berteriak-teriak mengusir orang-orang, ada yang mengeruk-ngeruk sampahnya, ada yang nyiramin lantainya dan ada yang mengeringkan dengan sebuah mobil. Lah, lucu nya di mana?. Ya orang-orangnya yang lucu. Ada yang anteng makan meski petugas bergegas membersihkan, ada yang berlarian lewat meski di halau petugas, ada yang tetep selfie berfoto-foto, ada yang berjalan santai damai dan akhirnya ke tabrak mobil pembersih bahkan ada yang terjatuh keserimpet dan licin. Ya Allah, pada minggir dulu kek ya.

Memang di saat setelah berbuka puasa adalah masa paling berat para petugas kebersihan. Di saat orang lain masih asyik makan, mereka harus siap bertempur lagi hanya dalam beberapa menit ke depan sebelum panggilan qamat sholat maghrib berkumandang. Lucunya lagi, mereka berlarian di dalam bentangan sebuah tali bergerak ke sana kemari sambil berteriak-teriak menghalau orang-orang. Tak mau minggir? Siap-siap saja kecipratan busa bercampur air keruh sisa makanan.

SHALAT TARAWEH BERJAMAAH
bersantai setelah taraweh usai
 Sholat taraweh berjamaah baik di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram terdiri dari 21 rakaat dengan sekali jeda setelah rakaat 10 untuk berganti imam. Lamanya? Ya sekitar 2 jam dari jam 21:30an sampai 23:30an. Setelah 10 rakaat banyak juga yang kabur (ambil 11 rakaat). Persis seperti yang dilihat di tv, bacaan imamnya panjang-panjang namun gak berasa saking merdu nya. Imam favorite saya adalah Imam Masjidil Haram Syeikh Maher AlMuaqely dan Syeikh Juhany. Keduanya seringkali berduet maut yang membuat saya merinding dibeberapa ayat yang dilantukan mereka. Kemerduannya mengalahkan para biduan sekalipun.

Sesepuh imam Alharam lainnya syeikh Sudais, tapi saya kurang begitu suka karena di beberapa part beliau suka menangis. Mungkin karena ayat yang sedang dibaca mengandung arti yang dalam buat beliau tapi saya merasa kok beliau seperti mengajak jamaah menangis tapi saya tidak bisa ikut menangis.

Malam-malam di Mekah terasa begitu megah saat taraweh dilaksanakan. Dahulu saya selalu takjub manakala melihat tayangan di televisi dan sekarang saya menjadi bagian daripada orang-orang yang di sorot televisi itu. Di sela-sela jeda setiap rakaat, terkadang saya menatap langit dan berharap ada cahaya atau kerlip bintang nun jauh di sana mengedipkan secercah harapan dari Tuhan, Selamat datang di tempat tertinggi di muka bumi.

Saat rakaat terakhir dan qunut dikumandangkan, tak sedikit jamaah yang berurai air mata mengamini setiap doa yang dipanjatkan sang Imam. Di saat itulah segala perasaan tumpah ruah. Sosok diri yang penuh noda kini berdiri dan berpijak di lantai sebuah tempat yang agung, memohon segala ampunan dan terkabulnya doa-doa pada bulan yang suci diantara semua bulan.

Ini belum sepuluh malam terakhir, di mana malam lailatul qadr dijanjikan turun di malam ganjil. Entah bagaimana riuh rendahnya isak tangis imam dan para jamaah dari seluruh pelosok Alharam mengiringi doa-doa yang sudah pasti penuh dengan segala permohonan kepada sang maha pemilik alam semesta. Ah, sayangnya kala itu saya harus pulang dan tidak bisa menikmati momentnya.

Air zam-zam santapan hari-hari tiap selesai taraweh
Baik di Mekah maupun di Madinah, hampir setiap malam saya bertaraweh di roof top, apalagi di Masjidil Haram. Beda saja rasanya berdiri di atas dan melihat ka'bah serta perputaran dari orang-orang yang sedang melakukan thawaf. Begitu dinamis dan berirama.

Setelah selesai sholat, sudah menjadi tradisi untuk meminum air zam-zam. Baru setelahnya jamaah bergerak keluar bersamaan menuju satu tempat yang sama, pintu keluar. Penuh, sesak dan himpit-himpitan layaknya sedang thawaf dan bisa memakan waktu setengah jam untuk mencapai pelataran Alharam. Dipastikan saya baru sampai di hotel yang berjarak kurang lebih 1km dari Alharam ini pukul 01:00 dini hari.

Jam 03:00 dini hari, saya harus bersiap kembali menuju Alharam untuk bersahur bersama dan ibadah malam serta shalat shubuh. Kurang tidur? Pasti bangat. Capek? Jangan ditanya. Ingin tidur lagi? Buangat-buangat. Jika tidak ingat kalau sedang di tanah haram, ingin rasanya saya meringkuk sampai kaki bisa lurus kembali.
Pernah satu malam saya terbangun persis saat azan shubuh berkumandang. Mungkin hari itu adalah puncak di mana badan saya meminta hak nya untuk beristirahat. Saya hanya memandang buah kurma sisa buka puasa yang tergeletak di meja dan bergumam "ya allah, bangunkan saya sebelum azan lima menit saja kek gitu, agar bisa sedikit mengisi perut buat bekal esok hari berpuasa dan berumroh".

taraweh di roof top Al Nabawi

taraweh di lantai bawah Al Nabawi
Jika sudah begitu, saya langsung berwudhu dan berlari menuju Alharam. Dan cilaka nya, tidak ada celah tersisa di dalam Alharam, ya jika beruntung bisa sholat di koridor ataupun pelataran, kalau sedang nahas, ya di jalan raya atau trotoar.

Setelah subuh, jika tidak sedang kelelahan, saya sempatkan untuk thawaf sunnah, ke hijr ismail, multajam dan mencoba mencium hajar aswad. Hijr Ismail dan Hajar Aswad kadang lebih mudah di capai di antara jam 6-7 pagi. Eh, ini hipotesa saya saja sebetulnya, karena jam berapapun sekeliling ka'bah tidak pernah sepi. Tapi dua kali dapat mencium Hajar Aswad dan berkali-kali dengan mudah masuk ke Hijr Ismail, ya di antara jam segitu. Mungkin itu hanya kebetulan saja. Setelah selesai, saya kembali ke hotel untuk mandi dan berihram kemudian ber umroh.

BERSAMBUNG

15 comments:

sujud sukur berkat bantuan aki pramadi,,,dan berkat imformasi dari member-member aki pramadi,,,yang telah meyampaikan bahwa jika anda ingin mengubah nasib melalui angka togel ghoib hubungi AKI PRAMADI,,,dan TADI malam saya sudah buktikan berkat bantuan AKI PRAMADI,,,yang telah memberikan angka togel ghoib SGP 4D (5093) tadi malam 12-12-2015 akhirnya saya menang 500 juta,,,dan insyaallah saya bisa lunasi semua hutang-hutang saya yang lagi di BANK,,,sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terimah kasih kepada AKI PRAMADI,,,dan member-member.nya yang telah mengimformasikan keberhasilanya,,,dan saya turut mengimformasikan,,,jika anda merasa punya beban (hutang)yang sudah lama belum bisa terlunasi,,,dan ingin mengubah nasib lebih layak dibandingkan nasib yang sekarang seperti saya,,,dan member-member yang lain silahkan hubungi AKI PRAMADI DI nomor,,,082~349~535~132,,BELIAU BISA MEMBANTU DI PUTARAN APAPUN,ATAU ANDA BUTUH PESUGIHAN SILAHKAN HUB AKI PRAMADI DEMIKIAN KISAH NYATA DARI SAYA

December 13, 2015 at 4:21 PM comment-delete

Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus (4D) <<< 0495 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.




KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI












Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan AKI SOLEH 100% tembus(4D) <<< 0495 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW
trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.




KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI





















October 3, 2016 at 5:59 PM comment-delete

Ingiiin rasanya dapat mencium hajar aswad....

November 7, 2016 at 1:07 PM comment-delete

Ingiiin rasanya dapat mencium hajar aswad....

November 7, 2016 at 1:07 PM comment-delete

Amin..suatu saat nanti pasti kesampean

Rucksack Traveler
November 7, 2016 at 1:15 PM comment-delete

Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
dan alhamdulillah saya dpat Rp 150 juta dan semua ini
berkat bantuan angka dari EYANG WORO MANGGOLO
karena cuma Beliaulah yang memberikan angka
goibnya yg di jamin 100% tembus awalya saya
bergabung hanya memasang 100 ribu karna
saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
angkanya,,,,buat anda yg butuh angka yang dijamin tembus
hubungi EYANG WORO MANGGOLO DI 0823-3374-43355
insya allah beliu akan menbatu kesusahan
anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih....??
> >> >> KLIK DISINI << << <

January 20, 2017 at 10:56 AM comment-delete

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





March 26, 2017 at 11:24 AM comment-delete

Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

April 10, 2017 at 1:33 AM comment-delete

Emang yah..masalah itu gak perna selesai kalau gak berani mencoba,saya hampir bunuh diri gara-gara dililit hutang,saya sudah cari kemana-mana paranormal siapa tau ada yang bisa bantu saya melunasi hutang,dan secara kebetulan saya buka-buka internet,saya melihat postingan seseoran tentan Pak Agustan,katanya paranormal bisa memberikan bantuan melalui pesugihan dana ghaib,jadi saya memberanikan diri untuk tlpn saya menceritakan semua kekurangan saya,dan beliau membantu saya melalui dana ghaib dengan jumlah 1.milyar,syukur alhamdulillah saya sudah bisa bayar hutang,rencana mau bangun rumah sendiri dan mau buka usaha,karna cuma tinggal di kontrakan,anda terlilit hutang sudah lama belum terlunasi,jangan pusing lansung hubungi no: 0853-4290-1718 atas nama Pak Agustan dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda inginkan pasti tercapai..

Inilah Jenis Pesugihan Tampa Tumbal Dari Pak Agustan
1.Pesugihan Dana Ghaib
2.Pesugihan Tuyul
3.Pesugihan Uang Balik
4.Pesugihan Penarik Uang
5 Pesugihan Pelaris Usaha
6.Pesugihan Putih
7.Pesugihan Nomor Togel

Anonymous
June 6, 2017 at 1:36 AM comment-delete


Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Sri Utamii biasa di panggil Mba Sri, TKI tinggal di kota Pontian johor Malaysia,Saya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar.
pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah,sedangkan hutang banyak, kebetulan teman saya buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro 082354640471 katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan togel dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya.Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya,baiknya melalui jalan togel saja.Dan angka yang di berikan beneran tembus ,4607 dan saya dapat 275 juta alhamdulillah terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. walaupun ini melalui togel




































































Mbah Suro....

July 31, 2017 at 9:40 AM comment-delete

Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Pelet. Penglaris Usaha. Dll





















































































Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Pelet. Penglaris Usaha. Dll



































Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Pelet. Penglaris Usaha. Dll

January 7, 2018 at 11:03 AM comment-delete

DAFTAR DIRI ANDA JADI PEMENANG BERIKUTNYA
Dari : Samul Ridwan Singapure: Terima kasih Mbah Agus Darma Nomer GHOIB Dari Mbah Benar-benar Tembus 8445 100% gol. saya sangat berterima kasih pada Mbah Agus Darma..Kini saya bisa Melunasi Hutang-hutang saya dan saya udah bisa buka usaha kecil-kecilan..Berkat usaha angka Ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma..Bagi Anda yang udah menemukan Blog Mbah Agus Darma..sangatlah beruntung bagi Anda..Jika Anda menginginkan seperti saya silahkan Anda Call/sms di : 0823-8738-4409 Terima Kasih Mbah Agus Darma..Moga2 Succes selalu Buat Mbah Agus Darma..!!!!
Dari : Ibu Ayu Timur Leste " Terima Kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma…karena Angka Ghoib dari anda 100% gol..9323 Mantap…sekarang saya bisa bernapas lega mbah …Karena udah bisa melunasi hutang saya yang kalah karena main togel…Dan Moga2 Besok gol lagi Mbah..dan saya beli paket 4D lagi..!!! biar Bisa buat buka Usaha Mbah..Mohon Bantuan Angka Ritual Ghoib nya…Dan saya hanya bisa berpesan kepada siapa saja..jangan ragu-ragu untuk menjadi Member Mbah Agus Darma…Di Jamin Angka Ghoib Tembus 100%…Salam Succes
Dari : Agus Wijaya Malaysi Tawu : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma…Berkat Angka Ghoib dari mbah…Semua hutan-hutang saya bisa terlunasi…angka ghoib dari Mbah Agus Darma benar jitu 100%, bagi anda yang kesulitan mencari angka ritual ghoib…bergabung aja dengan Mbah Agus Darma udah terbukti TokCer…Benar-benar Tembus 4 Angka…Terima Kasih Mbah Agus Darma…Succes Selalu Buat Mbah Agus Darma…salam kenal Buat teman yang suka nomor togel
Dari : Ibu Ramlah Kalimatan " Mantep Banget Angka Ritual Ghoib anda Mbah Agus Darma…Kalau Tidak Ada Bantuan Angka Ritual Dari Mbah…Enggak Tau Nasib saya seperti apa…soalnya Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil…akhirnya saya menemukan Blog anda..dan kami akhirnya Coba-coba untuk bergabung…Walhasil angka ritual Mbah Agus Darma Benar-benar bikin saya Terkagum./ benar-benar Tembus 100%…kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang…semua hutang udah kami lunasi berkat bantuan angka ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma…sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma yang udah mengubah hidup keluarga kami…Salam Bahagia
Dari : Ibu Uali Nunukan : Terima Kasih Mbah Agus Darma Darma semua yang anda berikan kepada saya…Angka Ritual Ghoib Eyang Benar-benar Tembus 100%…mohon ma’af mbah ini pengalaman saya …waktu itu pernah saya meminta bantuan kepada seseorang yg mengaku pintar meramu angka toto…dan saya harus bayar untuk mendapatkan angkanya…sampai2 saya hutang sana , hutang sini…tapi apa yg terjadi…angka yg saya terima tadi gak ada yang keluar…maspus dalam hati kecil saya..gmn saya harus bayar utang yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih info teman untuk mencoba menjadi Member di Mbah Agus Darma…Alhasil Angka Ritual Ghoib yang mbah kirim ternyata Jitu 100%..dan akhirnya terbayar sudah hutang2 saya….ini hanya sekedar pengalaman saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari Mbah Agus Darma..tidak usah ragu-ragu…karena saya udah merasakannya…terima kasih Mbah Agus Darma…Salam Bahagia….!!!
Dari : Sutiawan Timur Leste : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari Mbah Agus Darma yang sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih Mbah Agus Darma…Jika Anda ada merasa kesulitan masalah Nomer Toto silahkan Tanyakan Aja Pada Mbah Agus Darma…pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Succes

March 8, 2018 at 9:15 AM comment-delete

Cara Mendapatkan Uang Dengan Bermain Togel Online
Bandar Togel Online

August 9, 2019 at 1:24 AM comment-delete

Kumpulan Arti Mimpi Tentang Tali Dalam Togel Terlengkap
Tafsir Mimpi Jitu

November 27, 2019 at 12:00 AM comment-delete
December 10, 2020 at 11:59 PM comment-delete

Post a Comment