Cara Naik MRT di Singapore

entrance/exit MRT
Untuk sebagian orang yang baru pertama kali mengunjungi Singapore, mungkin ada sedikit kendala bagaimana cara menaiki MRT mengingat semua system transportasi yang digunakan serba otomatis dan tidak ada penjaga yang bisa ditanya-tanya. Hal penting yang harus diingat dalah line dan tujuan mana yang akan ditempuh, setelah itu cari keretanya. Masuklah kedalam station dengan tap kartu di pintu masuk, tunggu sampe pintu masuk menyala hijau (bertuliskan “GO”) dan pintu terbuka setelah itu segeralah masuk.


Kemudian cari kereta yang akan dituju, biasanya dituliskan dengan tujuan akhir MRT setiap Line, misalkan Changi, Joo Koon, HarbourFront, Punggol, Jurong East, dll (lihat papan petunjuk dan platform kereta) dan setelah sampai tujuan, keluarlah dengan tap sekali lagi kartu dipintu keluar tunggu sampe menyala hijau (fare akan display di layar) dan segeralah keluar. 

Misalkan, tujuan yang akan ditempuh adalah dari Bugis ke Vivo City/Harbourfront. Mengingat Bugis ada di jalur Hijau (East West) dan Harbourfront ada di jalur ungu (North East), maka harus ganti kereta di interchange station. 


Hal pertama yang harus dilakukan adalah, lihat lah jalur hijau (East West) dipeta di mana dari Bugis ke Harbourfront akan melewati interchange Outram Park untuk kemudian ganti ke line Ungu (North East) di arah Joo Koon bukan arah Pasir Ris atau Changi. Carilah Platform kereta tujuan Joo Koon, kemudian turunlah di interchange Outram Park untuk ganti kereta ke arah Harbourfront, cari lagi platform kereta tujuan Harbourfront (jangan sampai salah naik kereta tujuan Punggol). Yang paling penting harus diingat adalah, saat di interchange station apabila akan pindah antar line jangan keluar dari station namun carilah line yang di tuju.

Perlu di ingat saat menaiki escalator, selalulah berdiri di sebelah kiri karena sebelah kanan digunakan untuk orang-orang yang akan lewat. Dan saat menunggu kereta, janganlah berdiri persis di depan pintu karena akan menghalangi yang akan keluar dari kereta tapi berdirilah di samping pintu (lihat lah anak panah dalam photo dibawah ini, yang hijau untuk keluar dan yang merah di samping adalah untuk menunggu).

Station MRT
Pintu kereta akan terbuka, segeralah naik karena pintu akan tertutup setelah beberapa menit (“doors are closing”…begitu pengeras suara otomatis akan berbunyi dan display di dalam kereta). Selama perjalanan, pengeras otomatis akan memberitahukan station berikutnya dan saat berhenti di station, pengeras otomatis akan memberitahukan kembali station yang bersangkutan apabila kereta berhenti, jadi tidak usah khawatir akan terlewat apalagi tersesat.


Contoh lain, misalkan dari Mustafa Center akan ke Bugis Junction. Mustafa Center ada di Line Ungu/Farrer Park (North East) dan Bugis Junction ada di Line Hijau/Bugis (East West), karena berbeda line maka harus ganti kereta di interchange station. Sekarang perhatikan lagi peta jalur MRT :

- Mustafa Center/Farrer Park ambil MRT ke arah HarbourFront dengan berhenti di Interchange station Dhoby Ghaut (North South Line)

- Dari Dhoby Ghaut ambil MRT jalur merah (North South) ke arah Marina Bay dan turun di Interchange City Hall
- Dari City Hall ambil MRT jalur hijau (East West) tujuan Bugis

Jadi intinya adalah pahami dulu jalur-jalur MRT (East West, North South, North East dll), kemudian kemana tujuan yang akan ditempuh, line apa dan harus kearah mana (misalnya, dari Orchard mau ke Raffles Place. Karena Orchard dan Raffles berada dalam satu line yang sama, maka dari Orchard tinggal naik MRT kearah Marina Bay bukan ke arah Jurong East).

Hal Penting :
  - Tap Kartu sekali hingga berwarna hijau dan kemudian segeralah masuk dan tap sekali lagi saat keluar
  - Berdirilah selalu di sebelah kiri di setiap Escalator
  - Jangan menuggu MRT persis di depan pintu tetapi di tepi sebelah kanan dan kiri pintu masuk/keluar
  - Perhatikan Line MRT
  - Perhatikan Platform dan arah tujuan MRTuntuk setiap tujuan yang akan ditempuh
  


0 comments:

Post a Comment