Berbagai Pass Di Jepang


Bagi para turist dan traveler yang datang mengunjungi Jepang untuk beberapa hari tertentu, menggunakan pass untuk sarana transportasi sangatlah disarankan mengingat mahalnya biaya transport di sana. Ada berbagai macam pass yang bisa digunakan selama di Jepang yang harus disesuaikan dengan rute perjalanan Anda, oleh karena itu kalkulasikan semua biaya transportasi selama berada di sana baru kemudian pilih pass yang akan di gunakan.

Mengapa demikian? Anda tentu tidak mau bukan kantong Anda jebol hanya untuk biaya transportasi saja? Ingat, Jepang adalah salah satu negara yang biaya hidup nya termahal di dunia dan memiliki sistem transportasi yang modern, terintegrasi satu sama lain. Biaya perawatannya pastilah mahal dan imbasnya adalah dengan tariff yang harus di bayar si pengguna jasa transportasi tersebut. Tarif yang harus di bayar dikalkulasikan per jarak yang di tempuh, semakin jauh jaraknya maka tariff akan semakin mahal. Tarif termurah adalah sekitar JPY 120 – JPY 140 dan yang termahal bisa mencapai ribuan bahkan puluhan ribu yen untuk jarak antar kota, mengerikan bukan?. Oleh karena itu, bijaklah menghitung semua pengeluaran khususnya untuk transportasi.

Beberapa pass yang bisa digunakan di Jepang di antaranya adalah :

1.   JR PASS

Pass ini hanya bisa digunakan oleh turis asing yang akan berkunjung ke Jepang dan hanya dapat di beli di luar Jepang. Pass ini terbilang cukup mahal harganya antara JPY 30.000-JPY 50.000, namun memiliki kelebihan dapat digunakan hampir diseluruh jaringan JR line baik itu untuk kereta, bus dan shinkansen serta subway. Pass ini sangat cocok buat turis yang akan berkunjung ke berbagai kota di Jepang, namun tidak disarankan jika hanya berkunjung ke satu kota saja semisal cuma Tokyo.

Kenapa? Karena dengan harga yang terbilang mahal, misalkan untuk masa berlaku pass yang hanya 2 minggu seharga JPY 40.000 an, untuk itungan kasarnya jika menggunakan pass lain misalnya dengan harga 1.000 yen per hari, maka selama 2 minggu uang yang harus dikeluarkan adalah sebanyak JPY 14.000, hampir lebih dari setengahnya dari harga JR Pass, belum lagi jika kita hanya akan mengunjungi beberapa tempat saja selama dalam satu hari di satu kota tersebut, masih bisa di riset lagi akan mengunakan pass yang mana sesuai dengan jalur kereta yang akan dilalui. Inilah yang saya maksudkan dengan budget management, karena dengan kalkulasi yang tepat kita bisa selamat dari mahalnya biaya transportasi di Japan.
JR Pass dapat di beli di travel-travel agent dan berikut adalah contoh harga JR Pass dari Jalan Tour :

Durasi
JR Tipe Ordinary
JR Tipe Green
Dewasa
Anak
Dewasa
Anak
7 Hari
JPY 28.300
JPY 14.150
JPY 37.800
JPY 18.900
14 Hari
JPY 45.100
JPY 22.550
JPY 61.200
JPY 30.600
21 Hari
JPY 57.700
JPY 28.850
JPY 79.600
JPY 39.800

Perbedaan antara ordinary dan green adalah untuk yang green bisa digunakan untuk shinkansen nozomi, shinkansen tercepat saat ini.

Saya tidak menggunakan JR Pass karena seluruh biaya transportasi saya setengahnya dari harga JR Pass ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai JR Pass ini, silahkan ditanyakan ke agen-agen perwakilan yang mempunyai otoritas menjual JR Pass.

2.   PASMO dan SUICA CARD

Ini adalah kartu prabayar yang dapat di isi ulang jumlahnya, kartu ini menawarkan kemudahan bagi yang tidak menyukai segala keribetan, karena dengan bermodalkan kartu ini, kita bisa dengan bebas melenggang menuju platform kereta tanpa harus lagi berpusing ria. Hanya saja harus di ingat, deposit yang kita sudah beli dan tertanam nilainya di kartu akan terpotong secara otomatis setiap kali kita keluar dari stasiun, jadi bijaklah dan hitung kembali biaya transportasi traveling Anda, apakah kartu ini cocok untuk mengcover seluruh biaya transportasi Anda atau tidak.

Kartu ini bisa digunakan untuk kereta, bus, subway dan juga alat pembayaran di mini mart. Kartu dapat di beli dengan harga JPY 1.000 (PASMO) dan JPY 2.000 (SUICA) dengan deposit kartu senilai JPY 500 untuk masing-masing kartu. jika saya bisa mengasumsikan, kartu ini mirip fungsinya seperti Octopus Card di Hongkong atau Ezlink Card di Singapore. Kartu ini dapat di beli di station-station di seluruh Tokyo.

3.   TOKYO TRAVEL PASS – TOKYO

Pass ini hanya dapat digunakan pada TOEI subway line-Tokyo dan harganya cukup murah, pakailah kartu ini jika dalam sehari Anda hanya akan menggunakan subway di TOEI Line. Apa sajakah yang termasuk Subway TOEI line ini, lihatlah gambar di bawah ini :




  
Dari peta tersebut dapat di lihat, TOEI line hanya sebagian kecil dari keseluruhan jalur-jalur kereta di Tokyo namun dapat menjangkau beberapa tempat-tempat seperti Roponggi, Akabanebashi (walking distance to Tokyo Tower), Oshiage (Tokyo Skytree), Kuramae (Sensoji Temple dan Kaminarimon), Iwamotocho (Akihabara), Tsukijishijo (Tsukiji Market), dll.

Jadi pass ini bisa di pilih jika dalam satu hari kita berencana mengunjungi tempat-tempat tersebut di atas mengingat harga nya yang jauh lebih murah dibandingkan jika kita membeli tiket satu-satu tiap station.

Pas ini dapat di beli di mesin-mesin penjualan tiket otomatis dan juga di counter petugas setiap stasiun dengan harga JPY 710 (Dewasa) dan JPY 360 (Anak-anak).

Nilai negative dari pass ini adalah jika akan mendatangi suatu tempat, kita harus menyesuaikan dengan line yang terbatas dan terkadang harus memutar arah, kurang efektif bagi yang mempunyai waktu terbatas seperti saya.

4.   SUBWAY COMMON PASS – TOKYO

Pass ini jauh lebih lengkap jangkauan penggunaannya dibandingkan dengan Tokyo Travel Pass karena dapat digunakan di seluruh jalur Subway kota Tokyo, namun dengan harga yang sedikit lebih mahal. Kesamaannya dengan Tokyo Travel Pass adalah sama-sama tidak dapat digunakan di JR line, jadi untuk yang mau ke Harajuku harus membeli tiket one way/return secara terpisah. Namun jangan khawatir, bagi yang suka berjalan kaki, Harajuku dapat di tempuh sekitar 20 menit saja dari station Shibuya.

Saya menggunakan pass ini selama di Tokyo karena bisa bebas menggunakan line subway tanpa harus berkonsentrasi memilih line mana yang harus saya gunakan dan tidak harus berputar-putar menyesuaikan dengan pass nya, praktis dan menghemat waktu.

Pas harian ini dapat di beli mesin di seluruh stasiun di Tokyo dengan harga JPY 1.000 (Dewasa) dan JPY 500 (Anak-anak).

Untuk memahami perbedaannya dengan Tokyo Travel Pass, lihat lah peta di bawah ini dan bandingkan, mudah sekali menemukan di mana perbedaannya.



5.   RAKU BUS PASS – KYOTO

Jika di Tokyo seluruh transportasi di fasilitasi oleh kereta dan subway, di Kyoto beda lagi. Transportasi utama di kota ini adalah bus dan beberapa line subway, namun bus lebih luas menjangkau tempat-tempat pariwisata di seluruh kota Kyoto.

Sistem tarif angkutan di Kyoto adalah jauh dekat satu tariff, tak perduli apakah jaraknya hanya selemparan batu ataukah sejauh mata memandang dan tariff yang berlaku adalah JPY 220. Coba kalkulasikan jika Anda dalam satu hari akan mengunjungi 3-4 tempat dan kembali ke hostel, misalkan dari hotel ke tujuan A ongkosnya JPY 220, dari tujuan A ke tujuan B ongkosnya JPY 220, dari tujuan B ke tujuan C ongkosnya JPY 220, dari tujuan C ke tujuan D ongkosnya JPY 220 dan dari tujuan D kembali ke hostel ongkosnya JPY 220. Total pengeluaran seharian adalah JPY 1.100 bandingkan dengan Pass yang hanya JPY 500 per hari.

Memahami jalur transportasi bus di Kyoto sebetulnya jauh lebih mudah dibandingkan dengan jalur transportasi di Tokyo, hanya saja mungkin banyaknya no.bus yang bersilangan satu sama lain cukup membuat bingung. Kuncinya adalah konsentrasi saja dengan tempat yang akan di kunjungi, dan hafalkan no bus nya, karena terdapat jelas informasi tersebut di peta (liat gambar di bawah)


Cara menaiki bus ini harus dari pintu belakang dan keluar melalui pintu depan, tinggal masukkan pass ke dalam sebuah mesin di samping pak sopir, kemudian ambil kembali pass tersebut. Layaknya subway di Tokyo, di depan bus terdapat display dan peta jalur bus yang di lalui dan akan terdapat announcer machine ketika bus akan mencapai sebuah halte.

Pass dapat di beli di pusat informasi terminal bus di depan Kyoto Station atau juga langsung di bus, tinggal bilang saja kepada pak sopir “Daily Buss Pass” bayar di tempat dan pass bisa langsung digunakan.

Perlu di ingat, jika tidak memakai pass maka siapkan uang tunai pas karena sopir tidak memberikan uang kembalian.

6.   OSAKA ONE DAY PASS AND KANSAI THRU PASS

Layaknya Tokyo dan Kyoto, Osaka juga memiliki pass harian tak terbatas selama seharian yang bisa digunakan di seluruh subway line di Osaka terkecuali untuk line-line kereta yang bergaris kecil. Harga Pass ini JPY 2.000

Selain itu terdapat pula Kansai Thru Pass, Pass ini fungsinya hampir mirip dengan JR Pass bedanya pass ini hanya bisa digunakan di wilayah Kansai. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah :





69 comments:

Hi, sepertinya sekarang harganya JR Pass sudah naik sedikit ya, saya waktu itu beli JR Pass dapat lebih murah di Kenikura Tour, semoga membantu.

Thanks

November 4, 2015 at 12:54 PM comment-delete

Nama nya Agent Travel mas...harga pasti akan beda2 tergantung brapa profit yang mereka inginkan.

Betul, ada baiknya sblm memutuskan membeli JR, keliling dulu dari satu agent ke agent lainnya, tp jg harus pilih yang kredible agar di Japan nanti gak bermasalah

November 4, 2015 at 1:21 PM comment-delete

Alo, tolong minta input, saya masih bingung antara SUICA, PASMO dan Tokyo travel pass, bingung mau beli yg mana? Mengingat di tokyo, saya berputar ke arah shinjuku, akihabara, ginza, shibuya, dan sekitarnya, lebih bagus ambil pass yg mana?

Dan pd saat dari narita airport ke tokyo (dan jg sebaliknya utk dr tokyo ke narita) lebih baik naik apa? Keisei bus atau bus lain atau kereta express?

Makasih sebelumnya

December 6, 2015 at 6:35 PM comment-delete

Pasmo dan Suica itu Prepaid Card seperti Kartu Busway mbak..jadi top up, pake...habis, top up lagi...begitu seterusnya.

Tokyo travel pass itu pass harian yang biasa nya ditujukan untuk turis.

Mengingat station2 yang mbak sebutkan bisa dilalui oleh Subway Common Pass, saran saya mah lebih baik beli pass harian dibandingkan prepaid card . Karena pas harian biasanya itu paket yang memang khusus ditujukan untuk turis dan harga nya biasanya lebih murah, kalo prepaid card, ya sebetulnya bayar sesuai fare normal, hanya saja bayar nya tinggal tempel kartu gak perlu antri beli tiket one way or point to point

Kebetulan saya dulu landing di Haneda, dan dari Haneda ke pusat kota ada airport train express pun sebaliknya dari kota ke bandara. Saya lebih memilih train di bandingkan bus, karena selain tidak ngerti harus berhenti di mana, jalur kereta lebih mudah dihafal karena station2 nya besar tidak seperti bus yang terkadang hanya seperti papan pengumuman.

December 7, 2015 at 4:55 PM comment-delete

Wah makasih banyak info nya 👍🏻

January 2, 2016 at 12:14 AM comment-delete

Kalo dari haneda ke kyoto, akses mudahnya naik apa ya mas? Saya rencana landing di haneda terus mau langsung ke kyoto. Apakah bisa langsung naik dari airport train atau mesti ke pusat kota (tokyo) dulu? Ada ngga train/subway yang langsung ke arah kyoto?

January 23, 2016 at 2:56 AM comment-delete

gak ada train yang ke Kyoto langsung dari Haneda, alternatifnya ya naik train ke Shinagawa dlu kemudian lanjut Shinkansen.

untuk simulasi transportasi di Japan, bisa buka situs Hyerdia mas, di sana jelas jika ingin bepergian dari satu kota ke kota lainnya harus berenti distation mana dan jenis kereta nya dan bahkan ada tarifnya

January 27, 2016 at 2:17 PM comment-delete

halo, saya ada plan ke jepang. Saya sangat bingung harus beli tiket kereta yang mana, karena terlalu banyak jenisnya, tidak seperti di hongkong atau singapore yg hanya 1 kartu saja. Berikut merupakan rute saya :
1. Mendarat di Osaka, selama 4 hari, dimana hari pertama ke USJ dan hari ke-3 saya rencana ke kobe langsung pp.
2. Kemudian lanjut ke Kyoto --> rencana menggunakan shinkansen
3. Keesokan harinya lanjut ke tokyo menggunakan night bus. Dan saya berencana 3 hari di tokyo (tanpa disneyland)

nah apakah ada saran untuk jenis kartu apa yang harus saya beli untuk perjalanan saya selama di osaka kobe kyoto dan tokyo?

Thanks,
Sheeta

February 23, 2016 at 2:45 PM comment-delete

Hallo Mbak,

Mengingat mbak nya akan mengunjungi beberapa kota di Japan sekaligus, saran saya mungkin bisa dipertimbangkan untuk membeli JR Pass aja sekalian dibandingkan harus membeli pass harian di masing2 kota dikombinasikan dgn bus dan shinkansen.

Tapi perlu di ingat, JR Pass hanya bisa di beli sblm kita menginjakkan kaki di Japan, jadi beli nya selagi masih di Indonesia ya

Salam ransel

March 25, 2016 at 1:06 PM comment-delete

Halo :)
saya ingin tanya untuk one day pass di osaka yang disebutkan diatas apakah yang dimaksud itu adalah yg ini:
http://www.osaka-info.jp/en/plan/practical_information/travel_passes/osaka_visitors_ticket.html
karena harga nya berbeda jauh (2000 dengan 500 yen)
apakah admin tau dimana bs mendapatkan tiket osaka di link tersebut di Indonesia? karena tampaknya HIS travel agent hanya menjual JR pass? cmimw
thank you

March 27, 2016 at 6:34 PM comment-delete

Hallo juga :)
harga 2.000 JPY itu merupakan Kansai Thru Pass, di mana pass ini bs digunakan tidak hanya di Osaka melainkan mencakup wilayah Kansai, di antaranya Osaka, Kyoto maupun Kobe.

Untuk pass harian memang tidak dijual di Indonesia, melainkan hanya dapat di beli di Japan sana. Yg di jual di Indonesia itu hanya JR Pass sperti yg jual HIS ataupun JalanTour

March 29, 2016 at 2:50 AM comment-delete

Hallo... Mas, mohon bantuannya :D saya mau beli tokyo metro subway. Enaknya beli dimana ya? Saya dtng dr kyoto pake willer. Jadi sampe tokyo ga lewat airport. Aga bingung saya baca web metro subway. Hehehe... Kl mau tau infonya di bls ya mas :D. Makasih

April 13, 2016 at 3:55 PM comment-delete

Apa kartu posmo dan suica dpt dipake di wilayah osaka maksud sy utk kereta subway dan kereta JR

April 15, 2016 at 9:33 PM comment-delete

Apa kartu posmo dan suica dpt dipake di wilayah osaka maksud sy utk kereta subway dan kereta JR

April 15, 2016 at 9:33 PM comment-delete

Metro Subway Pass bisa di beli di tiap station. Datang dari Kyoto pake Willer jika blm brubah, pasti akan berhenti di Shinjuku Tokyo..Nah shinjuku itu station besar, seharusnya Metro Pass bisa di beli disana.

April 16, 2016 at 12:49 PM comment-delete

Suica or Posmo itu jenis kartu prepaid yang bisa di isi ulang, ada kemungkinan bisa dipake baik di Tokyo maupun di Osaka. Namun harus diperhatikan karena perusahaan yang mengoperasikan subway itu beda-beda, jadi tidak smua bisa di cover oleh satu kartu..sperti contohnya JR pass hnya bisa dipake untuk JR Yamanote Line dan tidak bisa untuk Metro Subway line mana pun.

Selain itu, Osaka merupakan salah satu wilayah bagian Kansai bersama Kyoto dan Kobe..Ada kemungkinan ketiga wilayah ini punya aturan sendiri dalam segi transportasi dan terpisah dari Regulasi Tokyo..maaf tidak dapat memastikan karena saya tidak memakai suica or posmo waktu itu.

Untuk lebih jelas, coba kontak JalanTour, biasanya mereka dapat memberikan info yang lbih akurat..pura-pura saja nanya soal JR Pass, karena JalanTour merupakan salah satu agen resmi penjualan JR Pass di Jakarta. Atau bisa juga bertanya mengenai sewa modem yang bs digunakan selama di Japan

April 16, 2016 at 12:57 PM comment-delete

Hai mas admin. Seneng banget baca tulisan ini karena saya masih bingung nentuin moda transpotasi unt rencana saya ke Jepang.
Bisa bantu masukan & idenya untuk rencana saya dibawah ini?:
1. Selama 4 hr di Tokyo (incld 1 hr ke Kawaguchiko) sy berencana pakai train saja. Apakah cocok jika pakai Suica? Atau saya perlu beli Kanto pass?

2. Ada rencana 3 hr di Kyoto, 1 hr di Nara, 3 hr di Osaka. Apakah lebih efisien pakai Kansai Thru Pass?
Tapi adanya unt 3 hari saja. Apakah artinya sy harus beli untuk 2 Pass?

Mohon responnya.
Makasih banyak.

April 26, 2016 at 9:23 PM comment-delete

Hallo juga
Perlu di ingat, jika pergi ke japan nya ada bnyak mengunjungi beberapa kota sekaligus dan bolak balik, misalnya landing di Tokyo kemudian muter dari satu kota ke kota lain dan kembali ke Tokyo untuk kembali ke Indonesia, ada baiknya dipertimbangkan untuk membeli JR Pass. Namun perlu di ingat, JR Pass hnya dapat di gunakan untuk seluruh jaringan kereta JR saja termasuk shinkansen, namun tidak termasuk untuk metro-metro subway dan juga Shinkansen Nozomi. Nozomi merupakan bullet train tercepat dan hnya akan berhenti di station2 besar.

1. Perbedaan Suica dan Kanto adalah Suica jika tdk salah dapat digunakan untuk seluruh line metro sedangkan kanto merupakan JR card. Jadi sepertinya lbih baik dipilih Suica karena Kanto bisa jadi hnya dapat di gunakan di jaringan kereta JR saja.

2. Untuk di Osaka dan Nara, Kansai Thru Pass memang pilihannya maksimum hnya 3 hari. Dengan demikian kombinasikan saja dengan osaka one day pass. Gunakan seharian penuh Osaka one day pass di hari pertama di Osaka untuk kemudian gunakan Kansai Thru Pass nya berikut di Nara di 3 hari berikutnya.

Itu dengan asumsi bahwa di Osaka dan Nara hnya 4 hari, namun jika lbih dari 4 hari, ya coba di perinci kembali, apakah lebih worth it membeli Kansai Thru Pass sebanyak 2 buah atau kombinasi kansai thru dan daily pass.

Traveling di Japan memang akan melulu bongkar pasang itung budget di transport. Saya pun dulu demikian. Tidak mengapa, dengan demikian kita bisa bener2 menghitung budget yang akan kita habiskan dengan memilih pass yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tidak membebani isi kantong

Selamat traveling

April 27, 2016 at 5:24 PM comment-delete

halo admin,
saya berencana travelling ke Jepang, sepertinya urusan budget transportasi di Jepang ini memang lumayan ya. Kalau seandainya saya dengan itinerary JAKARTA-OSAKA (2 hari)-KYOTO (2 hari)-TOKYO (2 hari)-OSAKA-JAKARTA kurang lebih 1 minggu, apa pilihan saya tepat jika menggunakan JR Pass?

Anonymous
April 28, 2016 at 8:14 AM comment-delete

Hallo juga,

Waduh...cuma 2 harian di tiap kota? Saran saya jika tiket nya blm di beli, lebih baik landing di osaka kembali ke jakarta nya dari tokyo saja untuk irit transport, namun jika tiket return nya sdh di beli dan memang jauh lbih murah dibandingkan one way tiket, apa boleh buat.

JR Pass itungannya lumayan mahal, pun itu hanya bisa di gunakan di jaringan JR Yamanote line saja ditambah durasi di tiap kota hanya berkisar 2 harian. Agak over priced barangkali, namun coba di buat itinerary lengkapnya dlu, kemana saja tujuan yng akan di kunjungi dan seberapa bnyak menggunakan transportnya menggunakan pass-pass di setiap kota. Kemudian bandingkan dengan harga JR, baru dapat diputuskan apakah lbih baik membeli JR atau tidak

Jika diputuskan tidak membeli JR, bisa di akali untuk transportasi antar kota misal Kyoto- Tokyo dan Tokyo - Osaka dengan bus malam (Willer) sekaligus untuk hemat di biaya hotel

Regards

April 28, 2016 at 8:47 AM comment-delete

Halo.. Mau tanya kartu apa ya yg sebaiknya saya pakai di jepang. Saya di jepang selama 7 hari 6 malam. Tiba di Osaka, pulang dari Tokyo Haneda.

rencananya hanya 1 malam di osaka untuk ke USJ dan melihat beberapa temple lalu esok harinya dilanjutkan ke tokyo.

Hari pertama di tokyo berencana untuk melihat Mt. Fuji dan ke Gotemba Outlet. Hari kedua berencana ke Disney Sea. selanjutnya, akan berkeliling di sekitar shibuya, shinjuku, ginza, akhihabara, ikkebukuro, odaiba. jadi sebaiknya saya beli pass atau prepaid saja ya?

Terima kasih banyak

May 2, 2016 at 1:02 PM comment-delete

Hallooo admin,

Saya akan ke jepang middle Oct2016 nanti selama 5 hari. Sudah bongkar itin revisi berkali-kali. Sudah hitung2 cost juga tapi masih galau.
Rute saya:
D1: landing Haneda - explore tokyo (asakusa, harajuku, shibuya, shinjuku)
D2: go to Kyoto (by Willer night bus) - explore kyoto (fushimi inari,kiyomizudera,Gion,arashiyama). Bermalam di hotel di kyoto
D3: Go to Osaka - explore osaka (akuarium kaikyukan,osaka castle,namba dotonburi). Nginap di hotel di osaka
D4: go to Tokyo by Peach air - explore Hitachi Seaside Park Khocia Hill. Nginap di hotel di Shinjuku Tokyo.
D5: go to Kawaguchiko lake, then Odaiba Island -> finish Haneda.

Yang saya masih galau:
- PASS apa yg sebaiknya saya pakai? Adakah PASS selain JR Pass yg bisa saya pakai untuk naek Shinkanshen Tokyo-Kyoto / Osaka-Tokyo ?
- Saya takutkan capek nya 2x lipat karena pakai Willer night bus.

Maaf banyak tanya.
Terimakasih.

Regards.
Tya.

May 2, 2016 at 8:39 PM comment-delete

Hallooo admin,

Saya akan ke jepang middle Oct2016 nanti selama 5 hari. Sudah bongkar itin revisi berkali-kali. Sudah hitung2 cost juga tapi masih galau.
Rute saya:
D1: landing Haneda - explore tokyo (asakusa, harajuku, shibuya, shinjuku)
D2: go to Kyoto (by Willer night bus) - explore kyoto (fushimi inari,kiyomizudera,Gion,arashiyama). Bermalam di hotel di kyoto
D3: Go to Osaka - explore osaka (akuarium kaikyukan,osaka castle,namba dotonburi). Nginap di hotel di osaka
D4: go to Tokyo by Peach air - explore Hitachi Seaside Park Khocia Hill. Nginap di hotel di Shinjuku Tokyo.
D5: go to Kawaguchiko lake, then Odaiba Island -> finish Haneda.

Yang saya masih galau:
- PASS apa yg sebaiknya saya pakai? Adakah PASS selain JR Pass yg bisa saya pakai untuk naek Shinkanshen Tokyo-Kyoto / Osaka-Tokyo ?
- Saya takutkan capek nya 2x lipat karena pakai Willer night bus.

Maaf banyak tanya.
Terimakasih.

Regards.
Tya.

May 2, 2016 at 8:39 PM comment-delete

Membeli JR Pass bisa dipertimbangkan untuk mengcover transportasi dari Osaka ke Tokyo dan juga dari Tokyo ke Fuji serta untuk keliling Tokyo dgn menggunakan JR Line.

Untuk Prepaid Card, saya tidak menyarankan karena bisa di bilang itu tiket point to point berbentuk Card meskipun harga nya lbih murah persekian yen dibandingkan dengan membeli tiket point to point di ticket machine ataupun loket. Bagi saya, lebih baik membeli Pass harian dibandingkan membeli Prepaid. Ataupun bisa dipertimbangkan membeli Kanto Pass di Airport pada saat mendarat di Japan.

Kanto Pass sama fungsinya dengan JR Pass, bedanya, JR Pass hnya dapat dibeli di luar Japan sedangkan Kanto Pass tidak dapat di beli di luar Japan alias dapat di beli selama berada di Japan, biasanya di airport-airport.

mohon maaf jika ada kekurangan penjelasannya

May 10, 2016 at 5:22 PM comment-delete

Jika saya melihat Itin nya, dari Osaka kembali ke Tokyo nya dengan menggunakan Peach Air dan Tokyo ke Kyoto nya by Willer..untuk apa membeli JR Pass? Karena selain harga nya mahal, toh transportasi yang biasanya orang akalin supaya tidak memberatkan dengan membeli JR sdh di cover ny Willer dan Peach Air. Paling untuk Kyoto ke Osaka nya yang agak sedikit harus merogoh kocek naik shinkansen, jika tdk salah harganya JPY 1700an (baca melesat bersama shinkansen dipostingan saya)

Untuk pilihan lain Pass yang dapat digunakan naik Shinkansen adalah Kanto Pass yang dapat dibeli dibandara saat mendarat. Namun saya tidak mengetahui detail harga pass tersebut. Coba googling mengenai Kanto Pass


salam

May 10, 2016 at 5:29 PM comment-delete

Double posted ya? Jawabannya di atas ya mbak

Salam

May 10, 2016 at 5:30 PM comment-delete

Hallo admin,saya 0enggemar blog anda,
Mohon penjelasañya transportasi yg di gunakan selama 8 hari
Hari 1 -3 di osaka
Hari 4 -6 di kyoto
Hari 7 -8 di tokyo sekitarnya n fuji...
Mohon penjelasannya terima kasih kawan..

June 11, 2016 at 11:07 AM comment-delete

Hallo Mas/Mbak

Jika tidak mau ribet, beli aja JR Pass untuk seminggu, lmyan dapat digunakan shinkansen dari Osaka ke Kyoto dan ke Tokyo

Tapi bisa di pertimbangkan juga untuk membeli daily pass di masing2 kota mengingat hanya sebentar2 aja di tiap kota.

Untuk transportasi antar kota nya, coba aja bus willer express


Salam

June 11, 2016 at 1:08 PM comment-delete

Hi,

Saya berencana travelling ke Jepang dari Jakarta selama seminggu. Tujuan saya hari pertama tiba dari airport Narita, saya ingin ke Osaka (2 hari) lanjut ke Kyoto (2 hari) dan menghabiskan sisa hari di Tokyo lalu lanjut kembali ke Jakarta.

Pertanyaan saya, apakah dengan jadwal saya seperti ini haruskah saya membeli JR pass atau daily pass saja di kota masing2? Untuk harga, lebih murah yang mana yah?

Mohon sarannya.

Terima kasih

June 25, 2016 at 10:03 PM comment-delete

Hi,

Berikut saya lampirkan jadwal itinerary kami,

Day 1 - 2 : Osaka
Osaka castle
Shitennoji temple
Tsutenkaku tower
Dotonbori,Shinsaibashi
Kuramon Ichiba
Hotel Sakura

day 3: Osaka-Kyoto
Fushimi Inari
Sanjusangendo
Kiyomizudera
Maruyama park
Yasaka shrine
Heian shrine
Ginkakuji
Gion
Nishiki market
K's guest house

day 4 : Arashiyama
Kinkakuji
K's guest house

day 5: Kyoto-Disney Sea
Disneyland

Day 6: Disney resort-Tokyo
Akihabara
Ameyoko
Kappabashi
Nakamise
Sensoji temple
Asakusa
Sumida park
Tokyo sky tree

day 7: Imperial palace
Fujiko F Fujio museum
Shibuya
Harajuku
Tokyo tower

day 8: Tokyo dome
Tokyo-Haneda(penerbangan jam 10.00)
day 11: Haneda-jakarta

Mohon sarannya.

Terima kasih.

June 25, 2016 at 10:24 PM comment-delete

Mengingat lintas 3 kota, ada baiknya dipertimbangkan membeli JR Pass aja mbak, karena lmyan bisa hemat untuk naik Shinkansen..untuk transportasi dalam kota nya, perlu di ingat karena JR Pass hnya dapat di gunakan di jaringan JR line only tidak untuk Metro. Jadi kemungkinan ada biaya tambahan untuk menjangkau tempat tempat tertentu seperti dr Disneyland ke Tokyo.

Untuk menjangkau tempat-tempat tertentu, jika ingin menggunakann JR Pass nya, pilihlah JR line nya jgn ambil Line Metro

Salam

June 27, 2016 at 4:57 AM comment-delete

Halo aku bln december akan brkt ke jepang dan main ditokyo saja..kami 2 dwsa dan 2 anak di bwh 12 taon.rencana saya akan beli tiket pp narita ekpress biar lbh murah..nah saya mau menanyakan soal transportasi dlm kota spt dr shinjuku ke disneyland..saya bs pakai kartu pasmo ato suica card ya..tp saya liat saya akan memakai jalur JR utk sampai di disneyland..nah apa kartu pasmo ato suica card bs di pakai utk membyr JR tersebut.ato saya hrs membeli tiket lepasan..utk khusus JR nya..dan utk JR menuju galayuzawa tanpa JR brp kira2 hrs saya byr..tq..

August 1, 2016 at 1:44 PM comment-delete

Halo, saya berencana pergi ke jepang bulan desember nanti. Saya ingin pergi ke kyoto, osaka, dan tokyo. Saya tiba di bandara Narita.dan akan pulang dari bandara di tokyo.
Apakah sebaiknya saya membeli JR Pass atau Suica? Trus JR Yamanote line itu seperti MRT atau hanya kereta untuk pergi ke kota" saja?

August 2, 2016 at 4:52 PM comment-delete

Halo, saya berencana pergi ke jepang bulan desember nanti. Saya ingin pergi ke kyoto, osaka, dan tokyo. Saya tiba di bandara Narita.dan akan pulang dari bandara di tokyo.
Apakah sebaiknya saya membeli JR Pass atau Suica? Trus JR Yamanote line itu seperti MRT atau hanya kereta untuk pergi ke kota" saja?

August 2, 2016 at 5:10 PM comment-delete

Halo,, Need Help.. hehehe

Saya ingin dong rekomendasi pemakaian transportasi yang pas dan MURAH di jepang nih,, bingung karena disana banyak line, tipe kereta juga yang berbeda-beda (local,express,rapid,limited,shinkansen, dll)
sebenarnya bingung memutuskan kombinasi pass apa yg murah.. gt

nah,, saya ke jepang 9-19 DES, tapi full day nya hanya 10-18 DES dikarenakan jadwal pesawatnya,,, so itenary saya sbb:

10 Des TOKYO : Meiji Shrine, Yoyogi Park, Harajuku, Shibuya

11 Des TOKYO : Disney Sea

12 Des TOKYO : Mount Fuji, Kawaguchi Lake, Kachi2 Ropeway

13 Des OSAKA : Osaka Castle, Dotonburi

14 Des OSAKA : Universal Studio

15 Des KYOTO : Fushimi Inari , Bamboo Groove

16 Des TOKYO : Sensoji Temple, Akihabara

17 Des TOKYO : Karuizawa Ski

18 Des Tokyo : Fujiko F (Museum Doraemon), Haneda Airport

Sorry orang Indonesia maunya di padat-padatin jadwalnya,, hahaha

Nah, Saya hostel di area KOMAE STATION (Odakyu Line) - TOKYO..

Trus Pass apa nih yang harus di beli/ apakah saya tetap harus beli kombinasi pass ??
Willer Bus rekomendasi gak dengan jadwal saya yang padat dan cukup jauh-jauh,,, (saya rasa tidak,, hahaha)
Padahal saya maunya menghindari JR PASS yang mahal itu...:(

So, sepertinya saya tetap beli JR PASS ya???
dan kombinasi dengan PASMO?? atau perlu Tokyo PASS juga?? karena saya tinggal di area KOMAE STATION yang tidak dilewati JR LINE

Maaf puanjaaang... Mohon pencerahannya...
Terimakasih atas bantuannya

ANGGA;)

August 3, 2016 at 4:58 PM comment-delete

Hi....

Saya berencana ke jepang bulan Nov selama 3 hari saja, mohon bantuan info nya itinerary berikut:
Day 1:
Shinjuku dan skitarnya

Day 2:
Memorial park
Ginza
Shibuya

Day 3:
Kamikochi (Nagano)

Trima kasih :))

Santy

August 22, 2016 at 11:29 PM comment-delete

Hi....

Saya berencana ke jepang bulan Nov selama 3 hari saja, mohon bantuan info transportasi, kartu apa sebaiknya saya beli? Berikut itinerary saya,
Day 1:
Shinjuku dan skitarnya

Day 2:
Memorial park
Ginza
Shibuya

Day 3: 
Kamikochi (Nagano)

Trima kasih :))

August 22, 2016 at 11:37 PM comment-delete

Hi....

Saya berencana ke jepang bulan Nov skitar 3 hari saja, mohon bantuan info transportasi, kartu apa sebaiknya saya beli? Berikut itinerary saya,

Day 1:
Mendarat di Narita
Shinjuku dan skitarnya

Day 2:
Memorial park
Ginza
Shibuya

Day 3: 
Kamikochi (Nagano)

Day 4:
Berangkat dr Shinjuku ke Haneda

Trima kasih :))

August 22, 2016 at 11:40 PM comment-delete

Landing di Narita Tokyo kemudian lanjut ke Kyoto dan Osaka kemudian balik lagi ke Tokyo...lebih baik beli JR karena rute nya bolak balik

Rucksack Traveler
November 5, 2016 at 12:14 PM comment-delete

Suica dan Pasmo jika tidak salah dapat di gunakan untuk JR line...kl untuk ke Disneyland, biasanya ada kereta khusus dr station umum menuju ke kawasan disneyland nya...apakah kereta nya bs menggunakan Pasmo atau Suica, kbtln karena saya tidak ke sana...saya agak ragu untuk bantu jawab bisa tidaknya. Maaf

Rucksack Traveler
November 5, 2016 at 12:21 PM comment-delete

Tokyo-Kyoto-Osaka-Tokyo = lebih praktis beli JR Pass dan ini bs di pake di jalur JR selama di Tokyo

JR yamanote line sama saja kyak MRT dalam kota yang melingkupi seluruh tokyo

Rucksack Traveler
November 5, 2016 at 12:24 PM comment-delete

Sejujur nya saya cukup syok ini Itinerary lengkap di copy di sini...dan saya lihat itu smua cm sehari-sehari dan sangat amat padat...jika ingin tetap dgn jadwal sepadat itu, lbih baik beli JR untuk hemat wktu ke Osaka dan kyoto serta kembali ke Tokyo dgn Shinkansen

Rucksack Traveler
November 5, 2016 at 12:29 PM comment-delete

Maaf baru aktif buka blog lagi...mungkin sdh terlambat balasan saya ini

Cm 3 hari saja mah beli saja Pasmo atau Suica atau pas harian

Rucksack Traveler
November 5, 2016 at 12:31 PM comment-delete

Kak, sy rencana ke tokyo-kyoto-osaka sbb
1. Kawaguchi lake, pagoda chureto, Tokyo Skytree, Asakusa,
2. Ueno, Akihabara, Odaiba (sunset di bridge), Tokyo Station
3. Tokyo tower, Shibuya, Harajuku, Shinjuku, Masjid Tokyo
4. Ke Kyoto naik willer

Jadi kira2 kartu ap yg paling pas sy beli selama di tokyo dan kyoto
Terimakasi swbelumnya

November 23, 2016 at 9:28 PM comment-delete

selamat sore,
saya mau tanya2 seputar transportasi di jepang.

rencana ke jepang, masih lama sih, September 2017.
tapi mulai skrg udah ngumpulin informasi dikit2.

saya di Jepang efektif 10 hari full, rencana mengunjungi 3 kota, tiba di Osaka (3 hari), lanjut ke Kyoto (2 hari) dan terakhir ke Tokyo (5 hari). (Pulangnya dari Tokyo, ga balik ke Osaka lagi)

Karena belum pernah ke Jepang, jadi bingung membaca banyaknya tiket pass untuk transportasi di Jepang. Ada juga yang menyarankan Jr Pass. tapi apakah lebih efisien membeli Jr pass dibanding membeli pass yang lain? kalau lebih efektif membeli pass yang lain boleh rekomendasikan pilihan pass nya?


transportasi dari osaka ke kyoto yang paling efisien apa yah? terus dari kyoto ke tokyo apa? (misalkan tidak menggunakan jr pass)

Trims.


December 10, 2016 at 1:57 PM comment-delete

Selamat Siang,

Flight sy Jkt-Osaka PP. Sy book airbnb d Osaka 5 malam dan rencana k Kyoto,Kobe, dan Nara. Apakah perlu beli JR-Pass?
Mau tanya apakah perlu beli Osaka Amazing Pass dan Kansai Thru Pass? Atw beli salah satunya aja?

Hari k-6 sy akan ke Tokyo selama 4 hari dan kembali ke Osaka lagi. Kalau tanpa JR-Pass, dr Osaka-Tokyo PP naik apa yg murah? Selama 4 hari d Tokyo perlu beli pass apa biar hemat. Dr Tokyo ke Mt. Fuji yg murah naik apa?

Sorry banyak pertanyaan. Br pertama kali k Jepang. Liat hrg transportation d sana benar2 wow mahalnya. Budget Backpacker soalnya

Fandy

Anonymous
December 12, 2016 at 12:11 PM comment-delete

Selamat Siang,

Flight sy Jkt-Osaka PP. Sy book airbnb d Osaka 5 malam dan rencana k Kyoto,Kobe, dan Nara. Apakah perlu beli JR-Pass?
Mau tanya apakah perlu beli Osaka Amazing Pass dan Kansai Thru Pass? Atw beli salah satunya aja?

Hari k-6 sy akan ke Tokyo selama 4 hari dan kembali ke Osaka lagi. Kalau tanpa JR-Pass, dr Osaka-Tokyo PP naik apa yg murah? Selama 4 hari d Tokyo perlu beli pass apa biar hemat. Dr Tokyo ke Mt. Fuji yg murah naik apa?

Sorry banyak pertanyaan. Br pertama kali k Jepang. Liat hrg transportation d sana benar2 wow mahalnya. Budget Backpacker soalnya.
Kalau tidak keberatan bs tlg kirim balasan ke email sy juga?


Fandy
Email : fandysusanto@yahoo.com

Anonymous
December 12, 2016 at 12:15 PM comment-delete

Kalo ke Kyoto nya sdh di putuskan naik Willer, mungkin untuk dalam kota nya bs diputuskan beli suica atau pasmo ataupun pass harian. Mengingat kyknya yg di kunjungi sedikit, mungkin dipertimbangkan untuk pake Suica atau Pasmo

December 12, 2016 at 1:55 PM comment-delete

JR pass itu paling efisien jika kita bnyak berkunjung antar kota di Japan selain bs digunakan juga di jaringan JR line di dalam kota nya, jadi sekali beli bisa untuk smua...namun ada alternatif lain selain JR untuk transportasi antar kota nya, yaitu dgn bus malam dan yg paling direkomendasikan yaitu Willer Express. Lumayan bs ngirit biaya hotel

Saran saya coba dibuat itinerary lengkap dlu sblm memilih moda transportasi nya akan menggunakan apa...karena jika di itinerary di setiap kota nya bnyak seliweran ke sana ke mari, perhitungan biaya transportasi akan sangat bnyak dan perlu perhitungan budget khusus.

Saya biasanya sblm memutuskan jenis transportasi yg akan di gunakan, itinerary sdh saya buat kasaran dlu..sehingga tahu akan kmn saja. Stlah itu br ditentukan transport nya. Biasanya saya bikin 2 perbandingan..misalnya dgn JR Pass atau dgn Pass harian..dari situ bs kliatan perbandingan harga nya dan bs diputuskan akan pakai transport apa

Noted :
1. Buka Hyperdia.com
2. Googling harga terbaru untuk pass harian, pasmo dan atau suica serta JR Pass
3. Aplikasikan ke Itinerary per rute
4. Misal nya :

Day 1 - Tokyo
- Hotel ke A --> transport by XXX --> JPY 20
- A ke B --> transport by XXX --> JPY 10
- dst
(Harga transport dari A ke B dst dan rute bisa diliat jelas di hyperdia.com)

December 12, 2016 at 3:16 PM comment-delete

Osaka Amazing Pass sepetinya hanya bisa di pkai di Osaka..jika ingin ke Kobe, Nara dan Kyoto..lbih baik beli Kansai Thru Pass karena bs digunakan di tiga kota tersebut yg merupakan wilayah Kansai. Beli salah satu nya saja gak perlu dua dua nya.

Tanpa JR Pass dari Osaka ke Tokyo bs pake bus Willer Express, ambil saja keberangkatan malam biar bs irit biaya hotel.

Selama di tokyo, beli saja pass harian atau kl mau lbih simple beli suica atau pasmo card

Melihat mount fuji biasanya ada dua jalur favorite..bs dari Kawaguchiko ataupun Hakone..saran saya lebih baik Hakone, lbih cantik penampakan Fuji nya. Dan untuk transportnya, ini ada tour package di shinjuku namanya Odakyu Sightseeing, googling aja

December 12, 2016 at 3:24 PM comment-delete

Nice article gan
apa lagi ada JR PASS MURAH
jangan lupa kunjungan balik yo man
ke http://www.jrpassmurah.id

Anonymous
January 17, 2017 at 12:56 PM comment-delete

Hallo kak....mohon petunjuknya.jadi kami rencananya akan mengunjungi jepang dalam waktu 7 hari
1.kami akan di osaka dahulu untuk mengurangi jetlag
2.mengunjungi kyoto
3.masih di kyoto
4.mengunjungi nara lalu sore pulang ke osaka
5.berkunjung ke osaka
6.keliling osaka
7.pulang ke indonesia

Pertanyaan saya...dengan itinary seperti ini lebih flexible menggunakan kansai thru pass atau JR Kansai pass.lalu saat di kyoto lebih flexible menggunakan rukobus atau bus kota biasa? Di kyoto kami mau mengunjungi (kyomizudera,arashiyama,kikanfuji,fushiminary,imperial palace,gion).....terima kasih.

January 29, 2017 at 7:24 AM comment-delete

Haloo..
Mohon info apakah saya butuh beli JR Pass, ini dari kemarin galau hehe .
Saya Landing di Narita tgl 5 Maret dan pulang lewat Narkga tgl 10 Maret (pesawat pagi), itinerary saya kira2 seperti ini :
-. 5 Maret Explore Tokyo
-. 6 Maret masih di tokyo dan sunset di odaiba
-. 7 Maret ke Fuji
-. 8 - 9 Maret di Kyoto
-. 10 kembali ke Tokyo

Dgn itin seperti itu apakah saya butuh JR pass?
Thanks

February 3, 2017 at 10:24 PM comment-delete

Lebih baik pake Kansai Thru Pass, karena tiga kota itu merupakan wilayah Kansai.

di kyoto lbih baik pake rokobus krn akan melewati smua tempat wisata yg ada di Kyoto

February 6, 2017 at 1:48 PM comment-delete

JR pass sangat efektif jika itinerary akan mengunjungi berbagai kota di Jepang. jika mlihat rundown nya hnya Tokyo dan Fuji, lbih baik pake pass harian atau beli pasmo atau suica dan sejenisnya

February 6, 2017 at 1:53 PM comment-delete

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





March 26, 2017 at 11:25 AM comment-delete

Halo selamat sore
Saya berencana akhir tahun ke jepang
Bali-narita-bali

Tujuan wisata saya hanya seputaran tokyo, gunung fuji, shirakawago selama 8 hari 7 malam

hari pertama saya di tokyo pagi hari mungkin langsung menuju yokohama
Hari ke 2 saya berencana ke gn fuji dan gala yuzawa ke niko jadi menginap 2 malam
Hari ke 4
Saya berenca ke shirakawago menginap 1 malam
Hari ke 5-8 saya berencana di tokyo muter2 di tokyo termasuk mengunjungi disneyland
Pertanyaannya
naik apa ke shirakawago?
Hari ke 1-3 rencana pakai kanto pass / jr tokyo wide pass
Jadi sisa hari 4-8 enaknya saya pakai apa? Mengingat kanto pass hanya ada untuk 3 hari saja
Apakah metro pass bisa dari tokyo ke narita?
Apakah di tokyo ada legoland / hello kitty?
Terima kasih sebelumnya

NAMA EMAIL SAYA GIOVANIVEJ@GMAIL.com jika berkenan memberikan jawaban via email juga

April 8, 2017 at 4:49 PM comment-delete

Dunia Yang Akan Mewujudkan Impian Anda,Kami Akan Memberikan solusi mengatasi masalah ekonomi anda.
Hanya Dengan Bermodalkan Kepercayaan Dan Keyakinan/TOGEL YANG TERBAIK. Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

May 11, 2017 at 10:46 AM comment-delete

hi kaa jangan lupa rental travel wifi juga untuk di treepmore ya. thank you for information

May 23, 2017 at 2:48 PM comment-delete

Saya Ibu Sila ucapkan banyak terimah kasih banyak kepada KI WARA atas bantuan dana ghaib ya saya sudah bayar hutang2 saya semuanya awalnya saya ngak percaya tapi saya berpikir lagi ahirnya saya mau di bantu dana ghaib sebesar 200jt dan alhamdulillah itu terbukti dan baru kali ini saya temukan dukun pesugihan yang bisa dipercaya anda butuh bantuan sama AKI WARA silahkan hubungi 085242894584. ATAU KLIK BLOK PESUGIHAN KI WARA DISINI

May 26, 2017 at 1:19 PM comment-delete

Selamat Datang di Blog Nagasaon Datu Bolon Izinkan kami membantu anda semua dengan Angka ritual Kami Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Udah ke mana 2 tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa Anda udah berada Di blog yang sangat Tepat Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya SajaJika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual Dari DATU BOLON 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% Silahkan Hub : Eyang Guru 0852-3162-7257 Adapun Besar Pergantian Biayanya Tergantung Paket Yang Kami Berikan 1. PAKET 2D : Rp.300.000 2. PAKET 3D : Rp.500.000 3. PAKET 4D : Rp.700.000 Semua Biaya Diatas Tidak Sebanding Dengan Angka Yang Kami Berikan Kepada Anda…Tapi Ingat Setelah Anda Succes Dengan Angka Ritual Kami..Sisikan Sedikit Buat Orang Yang Membutuhkan Nya Dan Untuk Bisa Mendapatkan semua Angka Kami Silahkan Anda Selasaikan Paket Yang Ada Diatas Call / Di Nomer : 0852-3162-7257 EYANG GURU – DATU BOLON FORMAT PENDAFTARAN INFO BOCORAN SGP & HK; Kpd Yth!! Bpk/ibu Yang Sedang Dililit Utang Kami Atas Nama Team Togel Yang Terbaik Bersedia Ingin Membantu Anda Dgn Angka GOIB, Hasil RITUAL Sendiri, Cara Bergabung Jadi Member ? KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG# LALU Kirim Ke No Hp Kami : ( 0852-3162-7257

June 2, 2017 at 9:50 PM comment-delete

Emang yah..masalah itu gak perna selesai kalau gak berani mencoba,saya hampir bunuh diri gara-gara dililit hutang,saya sudah cari kemana-mana paranormal siapa tau ada yang bisa bantu saya melunasi hutang,dan secara kebetulan saya buka-buka internet,saya melihat postingan seseoran tentan Pak Agustan,katanya paranormal bisa memberikan bantuan melalui pesugihan dana ghaib,jadi saya memberanikan diri untuk tlpn saya menceritakan semua kekurangan saya,dan beliau membantu saya melalui dana ghaib dengan jumlah 1.milyar,syukur alhamdulillah saya sudah bisa bayar hutang,rencana mau bangun rumah sendiri dan mau buka usaha,karna cuma tinggal di kontrakan,anda terlilit hutang sudah lama belum terlunasi,jangan pusing lansung hubungi no: 0853-4290-1718 atas nama Pak Agustan dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda inginkan pasti tercapai..

Inilah Jenis Pesugihan Tampa Tumbal Dari Pak Agustan
1.Pesugihan Dana Ghaib
2.Pesugihan Tuyul
3.Pesugihan Uang Balik
4.Pesugihan Penarik Uang
5 Pesugihan Pelaris Usaha
6.Pesugihan Putih
7.Pesugihan Nomor Togel

June 6, 2017 at 1:32 AM comment-delete

Assalamu alaikum wr wb...saya agustina member MBAH SANGKIL yang berhasil,angka yang di berikan MBAH SANGKIL kemarin 4d SGP tembus 100%,syukur alhamdulillah dapat kemenangan (400.juta) terima kasih banyak MBAH SANGKIL,berkat bantuanny saya sudah bisa melunasi hutang bapak saya sama rentenir,dan bukan hanya itu MBAH saya juga sudah bangunkan rumah untuk kedua orang tua,bagi teman-teman pecinta nomor togel kalau mau menang seperti saya lansung hubungi MBAH SANGKIL di nomor hp: 0852-1049-3757 tidak usah di ragukan lagi karna saya sudah membuktikannya adapun bantuan lainnya selain pesugihan nomor togel (1.) Pesugihan Uang Ghaib (2) Pesugihan Minyak Penarik Uang (3) Pesugihan Uang Balik (4) Pesugihan Bank Ghaib (5) Pesugihan Tuyul (6) Pelet Ampuh (7) Transfer Janin

September 7, 2017 at 10:19 PM comment-delete

bukannya suica untuk jalur metro dan pasmo untuk jalur jr?

October 11, 2017 at 3:36 AM comment-delete

ASS.WR.WT.saya IBU WINDA TKW SINGAPURA sangat berterima kasih kepada AKI SOLEH, berkat bantuan angka jitu yang di berikan AKI SOLEH, saya bisah menang togel 4D yaitu ((( 5100))) dan alhamdulillah saya menang 150 lembar.sekarang saya sudah bisah melunasi hutang-hutang saya dan menyekolahkan anak-anak saya. sekarang saya sudah bisah hidup tenang berkat bantuan AKI SOLEH. bagi anda yang termasuk dalam kategori di bawah ini;
1.di lilit hutang
2.selalu kalah dalam bermain togel
3.barang-barang berharga sudah habis buat judi togel
4.hidup sehari-hari anda serba kekurangan
5.anda sudah kemana-mana tapi belum dapat solusi yang tepat
6.pesugihan tuyul
7.pesugihan bank gaib
8.pesugihan uang balik
9.pesugihan dana gaib, dan dll
dan anda ingin mengubah nasib melalui jalan togel seperti saya hub AKI SOLEH di no; 082-313-336-747.
atau anda bisah kunjungi blog AKI   KLIK DISINI

Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
No WA Aki : 082313336747

  KLIK DISINI INfO PESUGIHAN PUTIH

UNTUK JENIS PUTARAN; SGP, HK, MACAU, MALAYSIA, SYDNEY, TOTO MAGNUM, TAIPE, THAILAND, LAOS, CHINA, KOREA, KAMBODIA, KUDA LARI, ARAB SAUDI,

AKI SOLEH dengan senang hati membantu anda memperbaiki nasib anda melalui jalan togel karna angka gaib/jitu yang di berikan AKI SOLEH tidak perlu di ragukan lagi.sudah terbukti 100% akan tembus. karna saya sudah membuktikan sendiri.buat anda yang masih ragu, silahkan anda membuktikan nya sendiri.
SALAM KOMPAK SELALU.DAN SELAMAT BUAT YANG JUPE HARI INI

January 25, 2018 at 10:18 PM comment-delete



Halo.
Saya adalah Bapak Rahel Cohran seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak lebih jauh. seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media yang bagus ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.

March 9, 2018 at 3:45 AM comment-delete


Halo.
Saya adalah Bapak Rahel Cohran seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak lebih jauh. seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media yang bagus ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.

March 20, 2018 at 7:26 PM comment-delete

saya atas nama IBU. NOVI dari MADURA ingin mengucapkan banyak kasih kepada MBAH SURYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH SURYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH SURYO no ini 082342997888 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH SURYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama IBU. NOVI dan bukan nama MBAH SURYO krna itu cuma palsu.m

May 31, 2018 at 10:47 PM comment-delete


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

November 8, 2018 at 1:50 AM comment-delete

Post a Comment