Akomodasi Di Jepang

Akomodasi baik itu hotel, hostel ataupun guesthouse adalah merupakan elemen yang paling banyak menguras budget dalam setiapkali traveling selain transportasi tentunya, nah loh? bagaimana dengan makan?.

Buat saya, jika membuat list down, makanan ada di list no.3 setelah hostel/guesthouse dan transportasi karena saya bisa makan roti atau street food yang harganya jauh lebih murah dibandingkan restaurant atau bahkan membawa bekal beberapa bungkus mie dari rumah dan saya masak di guesthouse/hostel.

Itulah enaknya menginap di hostel, bisa masak sendiri. Enak atau miskin nih gak sanggup bayar hotel mahal?, beda tipis loh ini!!

Jepang sudah terlanjur berlabel mahal bagi sebagian masyarakat Indonesia, bahkan ketika beberapa teman saya mengetahui saya akan backpacking ke Japan, pertanyaan dengan label serupa pun berhamburan. "Jepang kan mahal, sekali makan aja katanya bisa segini...katanya ini itu...itu ini aja mahal...mahal..katanya...itu katanya ini....glekk, nahan ludah rasa marah".

Mahal atau murah tinggal tergantung kita nya, semua adalah pilihan, mau makan enak ya pergilah ke restaurant, mau tidur dikasur empuk dengan AC dingin dan bathtub ya bookinglah hotel berbintang, capek jalan kaki naik turun tangga ya naiklah taksi atau sewa mobil sekalian.

Yang pasti budgeting sebelum traveling itu lah kunci nya dan saya terbiasa menghitung detail perhari dari mulai budget transport, makan dll. Memang terkadang tak akurat namun budgeting inilah yang akan jadi tolok ukur seberapa banyak uang yang akan dihabiskan dan panduan akan kemana serta bagaimana caranya.

Hotel dan hostel di Jepang memang terbilang mahal buat ukuran saya. Bagaimana tidak, untuk ukuran dorm room saja harga permalam yang harus dibayar antara 2.000-3.500 yen apalagi untuk kelas hotel. Saya tak punya basic selera untuk membuka situs salah satu hotel di Jepang karena selain pasti harganya mahal, saya juga tak suka tinggal di hotel, gak bisa kenalan dengan traveler lainnya layaknya tinggal di dorm.

Memang lah pasti ada juga hotel yang harganya bisa jadi sama saja dengan hostel, tinggal kembali ke selera masing-masing saja. Namun, di manapun dan apapun, ya ada harga ada rupa thats the rule!.

Hostel/guesthouse di Jepang, kebersihannya dan privacy nya sangat terjaga, gak percaya?, berikut saya ulas beberapa hostel/gueshouse yang saya tinggali selama saya backpacking di Japan.

1. Khaosan Tokyo Asakusa Annex - TOKYO
cabin bed dorm room
Khaosan grup adalah merupakan salah satu hostel/guesthouse jaringan Khaosan yang tersebar di beberapa kota di antaranya Tokyo, Kyoto dan Fukuoka. Di Tokyo sendiri terdapat beberapa hostel di antaranya : Original, Annex, Smile, Ninja, Samurai, dan Kabuki.

Hostel yang salah pilih adalah "Annex". Letak hostel ini di daerah Asakusa, daerah yang menurut saya cenderung sepi dan santai namun jangan salah, daerah ini merupakan tempat di mana Tokyo Skytree berdiri. Sebuah icon baru kota Tokyo yang menggantikan Tokyo Tower. Letaknya memang lumayan jauh dari station subway Asakusa, kurang lebih 20 menit berjalan kaki namun jenis dorm cabin bed nya lah yang membuat saya memilih hostel ini.
 
Memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan Khaosan Original yang jaraknya hanya selemparan batu dari Asakusa Station, namun saya ingin merasakan pengalaman lain tidur di cabin bed mumpung sedang di Jepang (Annex 2.500/night dan Original 2.200/night).

Meskipun di website nya tertulis 28 bed dorm, kenyataannya jumlah cabin bed perkamar terdiri dari 8 bed dengan 4 buah bed atas bawah kanan dan kiri, pun dengan koridor jarak antar bed cukup untuk 2 orang berlalu lalang tanpa harus berhimpitan. Kondisi ruangan dan bed nya pun bersih dengan selimut tebal dan 2 buah sheet yang digunakan sebagai alas tidur.

Sedikit kekuranganny adalah, kasurnya yang agak tipis, tangga menuju kamar agak curam dan sempit, kamar mandi di setiap lantai hanya ada 1 toilet dan 1 shower (kamar mandi terbanyak ada di lantai dasar di samping resepsionis dan living room). Nilai plus lainnya selain pasti nya kebersihannya, cabin bednya terbuat dari kayu dan otomatis memberikan kehangatan saat terlelap tidur, terdapat lampu baca disetiap bed, colokan listrik dan sliding door. Jadi saat tidur dan ditinggalkan, bed bisa di tutup dan di kunci layaknya punya private room sendiri. 

Cara menuju hostel :
- Naik subway Asakusa line dan turun di station Asakusa, kemudian cari pintu keluar A2B 
Harga kamar :
- Twin Private Room : 5.200 yen
- 10 Bed Mixed Dorm : 2.000 yen
- 8 Bed Female Dorm : 2.000 yen
- Deluxe 28 Cabin Bed Dorm : 2.500 yen
Website :

2. Ace Inn Shinjuku - TOKYO
Saya terpaksa terburu-buru membuat reservasi di hostel ini dikarenakan saya kehabisan tiket bus malam Willer Express menuju Kyoto dan kamar di Annex sudah penuh. Hostel ini saya pilih karena lokasinya tidak terlalu jauh dari Shinjuku dan berada di line Shinjuku yang memudahkan saya menuju station esok harinya.

Harga permalam untuk mixed dorm capsule bed adalah 3.150 yen. Tidak ada yang salah dengan hostel ini, bahkan capsule bed dorm nya menurut saya cukup besar dan nyaman bahkan bisa merasakan pengalaman tidur di capsule bed. 

Untuk kebersihan dan privacy tidak berbeda dengan Annex, hanya saja bukan sliding door namun gorden. Hanya saja saya kecewa dengan fasilitas yang diberikan. Yeap, kecewa sebadan-badan!! karena untuk mandi yang kamar mandi nya ada di lantai bawah harus mengeluarkan extra money 100 yen/10 menit!.

Saya hanya bisa melongo saat staff hotel menjelaskan hal tersebut. Ini saya yang bodoh tak membaca dulu atau peraturannya yang terlalu mengada-ada ya!. Tapi seingat saya di bagian fasilitas di website nya tidak terdapat penjelasan bahwa mandi harus bayar 100 yen!. Saya merasa tertipu tanpa ba bi bu.
capsule mixed dorm room

Cara menuju hostel :
- Naik subway Shinjuku line dan turun di station Akebonobashi, kemudian cari pintu keluar A3 dan belok kiri (hostel sudah terlihat)
Harga kamar :
- Original Wooden Capsule Bed (Mixed)/Economic Floor : 3.150 yen
- Original Wooden Capsule Bed (Mixed)/Luxury Floor : 4.200 yen
- Original Dorm Bed (Mixed) : 2.000 yen
Website :



3. Khaosan Kyoto Guesthouse - KYOTO
mixed dorm room
Ini dia satu lagi hostel di jaringan Khaosan grup. Saya suka sekali dengan hostel ini, letaknya sangat strategis di apit dengan mini mart dan toko elektronik di salah satu sudut jalan menuju hostel ini dan yang paling penting adalah walking distance dengan kawasan Gion (Geisha Village) dan shopping center Takashimaya yang super bright di malam hari. Buat yang suka belanja, nikmatilah!! namun hitung jumlah yen anda, jangan sampai kebobolan!. 

Staff hotel nya sangat ramah dan helpful menjelaskan area-area di sekitar hotel dan juga tempat-tempat yang bisa di kunjungi selama di Kyoto. Hostel ini tidaklah besar, namun bersih.

Kamar dorm mixed yang saya booking adalah dengan bunk bed 6 orang, cukup lapang dan yang paling penting lagi-lagi privacy nya. Setiap bed dilengkapi gorden, jadi kita tidak bisa saling melihat satu sama lain dan terdapat juga balcon bagi yang ingin bersantai dan menjemur pakaian. Public area selain di lantai dasar juga terdapat di lantai 2, jadi buat yang ingin bersosialisasi dengan sesama traveler, menonton tivi ataupun makan datanglah ke lantai 2.

Setiap lantai terdapat 1 shower dan 1 toilet dan kamar mandi terbanyak ada di lantai 2. Terdapat elevator untuk turun dan naik ke setiap lantai nya, dan jam buka hotel adalah antara jam 08:00-23:00. Bagi yang kembali ke hostel setelah pukul 23:00, tersedia pintu masuk khusus di samping dengan cara memasukkan kode tertentu yang terdapat di gantungan kunci kamar.

Bagi yang bisa berbahasa Jepang dan atau ingin belajar, terdapat kelas conversation berkelompok di function area lantai dasar, tinggal bergabung dan ikaga desu ka...haikk...arigatto...ganbatte!!

Cara menuju hostel :
- Naik Raku Bus dari Kyoto Station (Kyoto Eki-Mae) No.5 turun di Shijo Kawarimachi. Setelah turun dari bus, menghadaplah tetap ke arah bus dan berjalanlah ke arah kanan bahu Anda..kemudian belok kanan kembali di Jalan Shijo Dori dan hitunglah dua buang gang di kanan sebelah kanan (temukan Teramachi Dori) kemudian menyebrang jalan menuju sebuah jalan persis di seberang Teramachi Dori, berjalan sekitar 50 meteran Anda akan menemukan banner Khaosan Kyoto Guesthouse 
Harga kamar :
- Single Private Room : 3.800 yen
- Double Private Room : 3.200 yen
- Twin Private Room : 3.000 yen
- 3 Beds Mixed Dorm Room : 2.500 yen
- 3 Beds Private Room : 3.000 yen
- 4 Beds Mixed Dorm Room : 2.500 yen
- 4 Bed Private Room : 3.000 yen
- 6 Beds Mixed Dorm Room : 2.300 yen
- 6 Beds Private Room : 2.500 yen
- Female Dorm Room : 2.500 yen
- 10 Beds Dorm Room : 2.000 yen
Website :

4. Ten Hostel and Cafe - OSAKA
tatami room-male dorm
Satu hal yang membuat saya membuat reservasi di hostel ini, adalah booking tanda jadi dan tatami room. Tanpa tanda jadi? gak pake bayar?. Yeap, tanpa ada uang muka 10% layaknya hostelworld jika melakukan reservasi langsung via website nya, dan akan ada konfirmasi balasan melalui email.

Selama di Jepang, saya sengaja mencoba berbagai jenis kamar yang berbeda, dari mulai cabin bed, capsule bed, common bed dan tatami. Sebetulnya saya ingin sekali menginap di ryokan guesthouse untuk bertatami ria, tapi apa daya harga tak terjangkau. Alhasil saya putuskan untuk mencoba tatami di ten hostel dengan harga untuk 4 male dorm room 2.400 yen.

Keadaan hostel memang agak sedikit gelap, namun buat saya malah terkesan syahdu ya bukan spooky dan saya suka sekali dengan tatami room nya. Dengan sebuah tirai yang terbuat dari bambu yang menjadi pembatas tiap bed dan space yang cukup lapang, alas/karpet kamar yang juga terbuat dari bambu membuatnya berkesan kuno, hangat dan traditional.

Kamar mandi/shower hanya terdapat di lantai 2 dan toilet di setiap lantai dan di roop top terdapat balcon, jadi bisa untuk bersantai-santai.

Saya sebelumnya banyak mengobrol dengan salah satu staff hostel by email setelah melakukan reservasi dan ketika saya datang melakukan check in, saya bagaikan bertemu dengan teman lama, ngobrol sana sini seputaran Osaka dan kota-kota sebelumnya yang saya sudah singgahi sebelum kemudian mengantarkan saya menuju kamar.

Seorang staf lainnya bahkan mengajak ngobrol banyak hal bahkan mengajak main badminton tengah malam di udara yang dingin (sebagian ceritanya bisa di baca di sini). Itulah keuntungannya tinggal di hostel/guesthouse, kita bisa dapat teman ngobrol atau bahkan travel partner mendadak.

Obrolan ringan sebelum tidur dengan teman sebelah bed yang kebetulan adalah seorang japanese mengenai Jepang dan budaya nya, membuat saya ingin ikut dengan nya ke Nara esok pagi nya. Kami check out berbarengan tapi sayangnya tujuan kami berbeda

Cara menuju hostel :
- Terdapat dua alternatif menuju hostel ini, jika naik subway turunlah di station Minami-Morimachi dan jika naik Osaka Loop Line turunlah di Osaka Temangu
Harga kamar :
1. Dormitory Type
  - Mixed Dorm : 2.400 yen
  - Male Dorm :  2.400 yen
  - Female Dorm : 2.600 yen
2. Private Type
   - Single (1 Person) : 4.500 yen
   - Double (2 Person) : 2.800 yen
   - Twin (2 Person) : 3.100 yen
   - Triple (3 Person) : 2.800 yen
   - Quad (4 Person) : 2.600 yen
Website :

Masih berpikir Jepang mahal? pikirkan lah lagi?. Setelah ini saya akan coba mengulas tentang transportasi di Jepang dan juga harga makanan dan in the end, masihkah berpikir bahwa Jepang mahal dan tidak cocok untuk backpacking kesana?..well, lets see.

HAPPY TRAVELING

Hal Penting :
1. Pertimbangkan area dan transportasi dalam memilih hostel, pilihlah hostel yang paling terdekat dengan tempat-tempat yang akan dikunjungi, dengan demikian budget untuk transportasi dari dan menuju ke hostel dapat dialihkan ke pos yang lain, makan misalnya
2. Hostel-hostel di Jepang meskipun kecil namun kebersihan, privacy dan security nya tetap no.satu
3. Dalam musim-musim tertentu seperti winter, hostel-hostel banyak memberikan potongan harga 500-1.000 yen, jadi banyak-banyaklah googling untuk mendapatkan harga terbaik


10 comments:

wow... mahal2 ya hotelnya @.@

Anonymous
March 20, 2013 at 11:33 AM comment-delete

untuk ukuran Negara maju mah 200-300rb semalam worthed lah...mahalnya di compare dengan mana?
di Indonesia aja hotel kelas melati udah IDR 100-200rb, kondisi hotelnya juga memprihatinkan...

March 20, 2013 at 4:44 PM comment-delete

Alamak... semoga bukan cuma mimpi ane bisa menginjakan kaki disana :)

March 22, 2013 at 4:50 PM comment-delete

kalo yg sistem dorm itu bayarnya 2400 perkamar dean fasilitas 10 bed ato 2400 per bednya?

December 4, 2013 at 12:17 PM comment-delete

Kalo Dorm itungannya per kepala, bukan per room...jadi 2.400 yen itu per bed

January 17, 2014 at 1:07 PM comment-delete

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





March 26, 2017 at 11:27 AM comment-delete

Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

April 10, 2017 at 1:43 AM comment-delete

Saya Ibu Sila ucapkan banyak terimah kasih banyak kepada KI WARA atas bantuan dana ghaib ya saya sudah bayar hutang2 saya semuanya awalnya saya ngak percaya tapi saya berpikir lagi ahirnya saya mau di bantu dana ghaib sebesar 200jt dan alhamdulillah itu terbukti dan baru kali ini saya temukan dukun pesugihan yang bisa dipercaya anda butuh bantuan sama AKI WARA silahkan hubungi 085242894584. ATAU KLIK BLOK PESUGIHAN KI WARA DISINI

May 28, 2017 at 12:23 PM comment-delete



Halo.
Saya adalah Bapak Rahel Cohran seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak lebih jauh. seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media yang bagus ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.

March 9, 2018 at 3:46 AM comment-delete


Halo.
Saya adalah Bapak Rahel Cohran seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dan lain-lain. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk diinvestasikan atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak lebih jauh. seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang mata uang dengan tingkat 2% tanpa biaya dimuka. Saya ingin menggunakan media yang bagus ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan jenis pinjaman apa pun untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda. ya kemudian kembali sekarang melalui email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, anda sangat istimewa.

March 20, 2018 at 7:27 PM comment-delete

Post a Comment