Lawang Sewu yang Mistis

Maskot kota Semarang ya Lawang Sewu, entahlah kenapa dikatakan lawang sewu yang artinya pintu seribu padahal menurut pemandu wisatanya jumlah keseluruhan pintunya hanya mencapai ratusan. Lawang Sewu adalah sebuah bangunan tua peninggalan bangsa Belanda yang dulunya difungsikan sebagai kantor pemerintahan, namun sekarang bangunan ini hanya difungsikan sebagai benda cagar budaya pariwisata kota Semarang.


Gedung berlantai 3 ini memang banyak memiliki pintu dan jendela dan konon katanya banyak di huni makhluk halus, sehingga terkadang ada pengunjung yang tersesat dan atau bahkan tertangkap di lensa kamera. Antara percaya dan tidak, memang begitulah adanya. Di lantai dasar terdapat sebuah lorong sempit yang bisa tembus di sisi lain bangunan ini, untuk memasuki lorong ini disewakan senter dan sepatu boot karena didalam lorong tersebut gelap dan berair.

Semua ruangan terlihat mirip satu sama lain baik di lantai 1, 2 maupun 3 dengan lorong2 yang tidak terlalu lebar. Jika tidak salah menghitung, lawang sewu terdiri dari 2 bangunan utama yang mana keduanya tidak dilengkapi penerangan dengan alasan untuk penghematan karena bangunan tersebut tidak difungsikan lagi.

Selain berbau mistis, Lawang Sewu kerap kali menjadi lokasi shooting pengambilan gambar tayangan televisi dan film, di antaranya Uji Nyali dan film fenomenal Ayat-Ayat Cinta. 

Persis didepan Lawang Sewu terdapat sebuah bundaran yang di tengahnya terdapat tugu yang dinamakan Tugu Muda. Tugu ini dilengkapi air mancur dan taman yang cukup luas jadi bisa dinikmati kala sore hari dengan duduk-duduk santai sambil melihat lalu lalangnya arus kendaraan. Hampir semua angkutan umum melewati kawasan ini.

Di seberang Lawang Sewu dan Tugu Muda ini terdapat pula Gereja Kathedral, silahkan sempatkan berkunjung jika masih punya sisa waktu luang atau bahkan berdoa untuk kaum kristiani.



Hal Penting
- Jangan berkunjung ke Lawang Sewu terlalu sore, karena keadaan akan gelap gulita tidak ada penerangan
- Jangan tergoda oleh papan pengumuman yang mengharuskan menyewa seorang guide, karena menurut saya tidaklah cukup efektif 
- Guide di Lawang Sewu bertarif suka rela tergantung kebijakan masing-masing
- Karena tempat ini sudah melegenda dengan kemistisannya, tidak ada salahnya saat berkunjung tetap menjaga diri dari hal-hal yang tidak di inginkan

0 comments:

Post a Comment