Di Hyang Di Atas Awan - [Dieng Plateu]


Dieng atau "Di Hyang" diartikan sebagai Gunung Tempat Para Dewa dan berjarak kurang lebih 3jam dari Purwokerto dengan menggunakan angkutan umum (bus).

Terdapat banyak sekali armada umum yang dapat digunakan untuk mencapai Dieng, di antaranya jika dari Jakarta adalah : Bus Malino dan Sinar Jaya yang terdapat dari Lebak Bulus, Grogol, Rawamangun, Kp.Rambutan dan Pulo Gadung dengan ongkos antara IDR70.000-80.000 dengan trayek Jakarta-Wonosobo.

Dari daerah lain di luar Jakarta, setidaknya gunakan angkutan umum tujuan Wonosobo, dan dari Terminal Wonosobo perjalanan dilanjutkan dengan Metro bus (bus kecil/minibus 3/4)tujuan Dieng dengan jarak tempuh kurang lebih 45-60menit dengan ongkos IDR12.000-15.000.

Terdapat banyak sekali objek wisata yang dapat dikunjungi di Dataran Tinggi Dieng ini yang terbagi dengan dua zona untuk memudahkan berkeliling di antaranya

DIENG ZONA 1 : Telaga Warna dengan Gua Jaran, Gua Semar, Gua Sumur dan Patung Gajah Mada, Telaga Pengilon (bersebalahan dengan Telaga Warna) Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Gatotkaca, Museum Dieng Kailasa dan Dieng Plateau Theatre (DPT).

DIENG ZONA 2 : Telaga Merdada, Kawah Sileri, Sumur Tua Raksasa Jalatunda, Kawah Candradimuka.

Tidak terdapat angkutan umum untuk mengitari kawasan wisata di Dieng, oleh karena itu diperlukan mobil sewaan ataupun ojek untuk mencapai kawasan satu dengan yang lainnya.

Biaya sewa ojek per hari sekitar IDR50.000-70.000 ditambah IDR25.000 jika minta diantar untuk melihat matahari terbit di puncak gunung cikunir, sewa mobil (Hijet, Espass, Panther, dll) per hari IDR200.000-300.000 dan untuk antar jemput Wonosobo-Dieng-Wonosobo IDR80.000-100.000, tinggal tergantung kepintaran bernegosiasi saja.

KAWASAN DIENG 1
Tiket masuk rata-rata untuk Kawasan Dieng 1 adalah IDR2.500-5.000 perkawasan/perorang. Sempatkan untuk menonton film dokumenter seputar asal muasal Dieng di Dieng Plateau Theatre (DPT) dan Museum Kailasa.

Menikmati indahnya panorama alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon serta goa-goa yang berada di dalamnya, menghirup bau belerang di Kawah Sikidang, Membasuh muka di sebuah altar di dalam Candi Arjuna di Kompleks Candi Arjuna, serta Candi Bima dan Gatotkaca.

Kawah Sikidang
Komplek Candi Arjuna
KAWASAN DIENG 2
Tiket masuk rata Kawasan Dieng 2 kurang lebih sama dengan Dieng 1. Nikmati semburan hawa panas dari jarak yang lumayan dekat Kawah Sileri dan Candradimuka, kesejukan air Telaga Merdada, make a wish sambil melempar batu di sumur tua raksasa Jalatunda yang konon menurut penuturan kuncen ya, apabila laki-laki mampu melempar mengenai batu di ujung sumur dan untuk perempuan mampu melempar ke tengan sumur dan terlihat titik jatuhnya batu, maka segala permintaannya akan terkabul.

Tidak usah repot-repot membawa batu karena sang kuncen telah menyediakan batu-batu kecil untuk ritual ini, tinggal memberikan sedikit tips saja sebagai upah beliau mengumpulkan batu-batu tersebut.
Kawah Sileri
Sumur Jalatunda
Terdapat beberapa hal yang menarik di Dataran Tinggi Dieng ini, selain udaranya yang sejuk dan dingin layaknya kawasan dataran tinggi pada umumnya. Kawah-kawah di Dieng ini semua bentuknya bukan jauh di bawah disebuah cekungan ditengah-tengah sebuah gunung, namun hanya berupa sebuah bibir kawah yang di sekitarnya adalah dataran yang landai. Jadi sudah dapat dipastikan pengunjung dapat melihat dengan jelas air yang mendidih di mulut kawah.

Selain itu, banyak sekali terdapat pembangkit listrik tenaga uap yang didirikan yang konon katanya meminimalisasi terjadinya letusan dari setiap kawah.

Panorama Dieng sangat indah dengan ladang-ladang penduduk yang mayoritas adalah tanaman kentang di lereng-lereng bukit yang menciptakan lansekap-lansekap yang cantik serta awan-awan yang berarak rendah. 

Bahkan dibeberapa tempat dan jalan menuju Dieng, awan-awan itu berada jauh di bawah seakan Dieng berada di atas awan.

Hal Penting
- Bus Malino Putra dapat di hubungi di :
Pool Pulogadung : 021 - 708 58 0 58
021 - 700 17 8 98
021 - 985 20 1 61
Rawa Mangun : 021 - 9816 1946  (Ibu Maria)
0812 1825 679

- Bus Malino berangkat dari Jakarta pukul 19:00 sedangkan dari Wonosobo pukul 16:00
- Sewa Mobil Dieng : Mas Sumar Mobile : +62 81391121053
- Jangan lupa untuk melihat yang unik di Dieng, yaitu anak kecil dengan rambut gimbalnya
- Tidak lengkap jika ke Wonosobo tanpa mencicipi rasa Mie Ongklok
- Oleh-oleh khas Dieng yaitu : Jamu Purwaceng, Keripik Jamur, Manisan Carica, dll

0 comments:

Post a Comment