Itinerary Umroh Mandiri-Bagian 3 [Heading to Mecca by Saptco "Labbaik Allahumma Umrotan"]

Malam terakhir sholat taraweh di Madinah terasa begitu kalut. Di satu sisi, saya begitu senang akhirnya saya akan kembali melihat Ka'bah, namun di sisi lain saya rasanya masih ingin berlama-lama menikmati kesyahduan Madinah dan Masjid Nabawi. 

Jika ditanya lebih suka Madinah atau Mekah?, saya akan menjawab Mekah seketika. Kota Madinah memang begitu memberikan ketenangan dan kedamaian tidak seperti Mekah yang semrawut. Segala bentuk ibadah bisa dilakukan baik di Madinah maupun di Mekah, namun ibadah thawaf dan sa'i? hanya bisa dilakukan di Mekah. Mekah menorehkan bekas yang begitu dalam di hati saya. Saya begitu rindu memeluk kiswah dan mengadukan segala kegundahan hati. Saya hanya bisa menangis sesenggukan di depan Ka'bah namun tidak di Nabawi. Mengapa demikian? tidakkah Nabiyullah menyentuh hati saya di Raudhah?. Entahlah, saya hanya bisa meneteskan air mata di Raudhah sambil berdoa namun tidak mampu meratap seperti disayat-sayat layaknya di depan Ka'bah.

Saat ibadah taraweh selesai, seperti biasa saya duduk-duduk dahulu sambil meluruskan kaki dan punggung. Seorang Arabian berasal dari Iraq yang bersebelahan dengan saya mengajak ngobrol. Sayang sekali dia sudah lebih dahulu ke Mekah, jika tidak, mungkin kami akan berjanji ke Mekah bersama-sama dengan teman nya yang lain. Kami berpisah sesaat setelah sesi photo-photo dan minum air zam-zam bersama selesai.

Pagi itu saya bergegas check out dari hotel untuk kemudian menuju Andalus Hotel tempat ketua travel agent yang membantu saya melakukan proses booking hotel di kawasan Ajyad Makkah Almukarramah. Tujuannya adalah menitipkan koper untuk kemudian dibawa serta dengan bus rombongan keesokan harinya. Adalah Ibu Fatma yang berbaik hati menawarkannya. Kasihan katanya jika harus naik bus saptco dengan menenteng-nenteng koper serta dalam keadaaan berihram. Yallah, Engkau kirimkan orang-orang yang begitu baik membantu dalam perjalanan ku kali ini, Amien.

Saya memilih naik bus umum Saptco menuju Makkah dibandingkan menerima tawaran menumpang bus jamaah Ibu Fatma, karena selain ingin benar-benar backpackingan, rasanya ada effort yang lebih dibandingkan hanya duduk manis di dalam bus travel. Meski harus mondar mandir kesana kemari, tanya sana sini, bingung tuing-tuing dan ujung-ujungnya berakhir dengan saling geleng kepala karena sama-sama tidak mengerti bahasa yang diucapkan, namun inilah memori yang tak akan terbayar dengan bepergian bersama travel agent.

Terminal Bus Saptco Madinah
Untuk menuju terminal bus saptco, dari kawasan hotel di sekitar Madjid Nabiyullah Al Nabawi, diperlukan taksi seharga 10-15 riyal (pandai-pandailah menawar). Sebetulnya jarak terminal bus saptco ini tidaklah terlalu jauh jika ingin berjalan kaki, namun kala itu saya takut kesorean tiba di Makkah, makanya untuk mempercepat langkah, saya memilih taksi. Selain itu saya sudah berihram dari hotel, jadi untuk alasan kepraktisan, saya bertaksi ria (ini rahasia ya *padahal malas jalan kaki karena puanasss, takut haus, kan lagi shaum*).

Jarak tempuh Madinah-Makkah sekitar 4-5jam perjalanan dengan harga tiket 60 riyal sekali jalan (one way). Namun jika bolak-balik (return trip) 110 riyal (dapat potongan 10 riyal). Bus akan berhenti di Bir Ali untuk mempersilahkan para penumpang mengambil miqot, mandi, sholat sunnah dan niat umroh. Namun pergunakan waktu sebaik-baiknya, jangan sampe kena semprot kondektur dan sopir bus karena waktu yang diberikan hanya selama 20 menit untuk kemudian melanjutkan perjalanan.

Rute Perjalanan Madinah-Makkah
 Sebetulnya bus tidak akan berangkat jika salah satu atau dua penumpang belum kembali, namun untuk alasan ketertiban dan penghormatan kepada yang ontime dan juga demi kelancaran perjalanan, JANGAN TELAT! (apalagi terlambatnya karena sibuk foto selfi pake tongsis). Kondektur akan menghitung jumlah penumpang bus dengan paripurna demi menjaga citra keteladanannya. Heh?..tapi memang benar, dihitung dan dipastikan semua penumpang sudah naik, baru kemudian bus melanjutkan perjalanan. Jangan lupa ya bertalbiyah selama di bus, jangan tidur!!.

Terminal bus Saptco di Madinah ini hanyalah sebuah bangunan kecil tak ada mirip-miripnya dengan terminal seperti di Jakarta (jangan bayangkan terminal bus kampung rambutan atau pulo gadung). Namun meskipun kecil, penjualan tiket di terminal ini hanya melalui loket resmi dan bebas calo. Begitu turun dari taksi (mobil elf tepat nya, agak butut pula..eh, maaf bukan ngatain, tapi saya menjunjung nilai kejujuran), sebetulnya saya sudah bersiap dengan kuda-kuda menghadapi kemungkinan akan serbuan para supir taksi berwajah belo, berhidung mancung namun penuh bulu (seperti yang pernah saya baca tentang kebrutalan para supir taksi di terminal bus saptco di Jeddah yang main tarik dan main bunuh, *loh kok sadis bohongnya?*). "Tentu saja yang main bunuh itu tidak benar", tapi kok sepi sekali rupanya terminal ini.

Mungkin dikarenakan jarum jam baru menunjukkan pukul 8:30an pagi hari (harap maklum, kebiasaan orang saudi selama puasa, mereka tidur seharian, bahkan hotel-hotel baru beroperasi pukul 10 pagi). Ah, ya sudah, saya nyelenong masuk ke dalam bangunan terminal menuju loket penjualan tiket.

Petugas penjual tiket akan meminta paspor untuk cetak tiket.
- Where are you come from?" tanya si tukang tiket
"Lah, itu kan di paspor ada tulisan negara nya ya, kenapa masih nanya!. Indenisiya, jawab saya dengan gaya english fasih.
- Owh, indunisi, jakarta? 
"Yeap, singkat ku.
- Masha Allah  lanjutnya
"Heh, kenapa?? heran ku.
- Saya dengar Jakarta bad traffic, sambil geleng-geleng kepala.
Dih, biasa aja kali gak usah drama, berlebihan dah ni orang!!. Kemudian dia memanggil nama teman saya dan langsung menghentikan kegiatan mengetik dan malah membaca doa. 

- Dia kenapa ya, tanya teman saya. "nama lu ada kata asmaul husna di dalamnya, makanya dia berdoa" singkat saya.
- Kamu dari Jakarta juga? tanya nya. 
' Oh bukan, saya dari Bogor, jawab teman saya. 
- Ah, buncak" seru nya lagi. 
Seketika kekaguman saya sirna akan kesolehan dia berdoa saat menyebut kata asmaul husna.
- Buncak apaan, heran teman saya. 
"Itu maksud nya "Puncak" jelas saya. 
Tenar ya Puncak di Arab? Tapi tidak usah diteruskan, pasti sudah tahu kelanjutan dari "puncak" ini. Sekian.

Setelah tiket di cetak, proses selanjutnya adalah boarding ke ruang tunggu menunggu panggilan menaiki bus. Saya mulai curiga, kok tidak ada boarding call, padahal jam keberangkatan di tiket sudah tiba. Saya nyelonong masuk menuju pintu keluar ke arah bus-bus di parkir, tapi di cegat petugas.
"Where is the bus to Makkah" saya berseru, si petugas malah meminta tiket. 
- Oh, Makkah jawabnya. 
Yassalam, kan gw tadi nanya nya Makkah, gak denger ya om??". Si petugas cm nunjuk keluar. "Which one the bus is?" The left or right one?. Lagi-lagi cuma nunjuk keluar. 
"Ya sudah lah ya, sak karep mu wae. Pas sampai di depan deretan bus, Eh, ternyata di depan salah satu bus ada tulisan " Makkah Almukarramah". Bah, banyak tanya kali aku ini.

Saya langsung berjalan menuju pintu masuk, dan ternyata pintunya tidak bisa di buka. Saya tarik-tarik handle nya, lah kok di dalam sepertinya ada orang. Tapi tunggu, kok ada yang ganjil! sepertinya ada orang di dalam duduk di belakang setir. Owalah..ternyata itu supir (terbiasa dengan posisi sopir di sebelah kanan soalnya). Om supir hanya mesem-mesem durjana. Ah, siyalan kau.

Hal penting : Jangan menunggu boarding call, jika sudah jam keberangkatan, langsung tanya kepada petugas, mana bus nya.

Bus akan berhenti di terminal bus saptco Makkah yang letaknya persis di depan Masjidil Haram bersebrangan dengan Dar Al Tauhid Hotel (di bawah jembatan layang). Tidak usah khawatir tersesat apalagi membuka peta, tidak diperlukan!, karena minaret-minaret Masjidil Haram sudah menyambut dengan gagah dan landmark kota Makkah "Zam-zam tower/Clock Tower" berdiri kokoh di depan mata begitu turun dari bus. Dari sini tinggal dilanjutkan ke hotel di mana menginap selama di Makkah atau langsung berumrah.

Terminal Bus Saptco, Makkah

Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaikala Syarikala Kalabbaik, Innal hamda, Wannikmata, Laka wal Mulk, Laa Syarikalak. Bismillahirrahmanirrahim, Labbaikallahumma Umrotan.

-Makkah Almukarramah, 7 July 2014 (9 Ramadhan 1435)-

9 comments:

Nice trip nice story...
Anyway klo menyebut kata puncak? Gs diteruskan? Emang kenapa ya? Saya ga paham...

December 12, 2014 at 5:54 AM comment-delete

Kenapa tidak usah diteruskan? Bukan rahasia umum lagi Puncak terkenal di Saudi. Sebagian orang Indonesia mungkin akan langsung tau jika orang Saudi bilang Puncak. Jadi saya pikir tidak usah lah dijabarkan panjang lebar tentang hal yang berbau mesum tersebut.

Jika orang Saudi menyebutkan "Puncak" yang ada di benak mereka adalah safari kawin kontrak dengan perempuan-perempuan di Puncak. Biasa nya liburan/safari kontrak ini mereka lakukan setelah musim haji selesai. Setelah kontrak selesai, mereka akan kembali ke negara nya begitu saja. Coba perhatikan jika ke Puncak, terdapat beberapa plang bertuliskan hurup arab.

Buat saya itu konotasi yang negative yang mencoreng citra Indonesia dan juga perempuan Indo. Mungkin itu juga lah salah satu faktor yang menjadi alasan mengapa bnyak para TKW yang di perkosa di sana. Kenapa? Ya kalo di negara nya saja rela di kawin kontrak demi uang, apa beda nya dengan TKW di sini.

December 12, 2014 at 7:44 AM comment-delete

Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus (4D) <<< 0495 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.




KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI












Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan AKI SOLEH 100% tembus(4D) <<< 0495 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW
trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.




KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI





















October 3, 2016 at 6:28 PM comment-delete

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





March 26, 2017 at 11:24 AM comment-delete

Emang yah..masalah itu gak perna selesai kalau gak berani mencoba,saya hampir bunuh diri gara-gara dililit hutang,saya sudah cari kemana-mana paranormal siapa tau ada yang bisa bantu saya melunasi hutang,dan secara kebetulan saya buka-buka internet,saya melihat postingan seseoran tentan Pak Agustan,katanya paranormal bisa memberikan bantuan melalui pesugihan dana ghaib,jadi saya memberanikan diri untuk tlpn saya menceritakan semua kekurangan saya,dan beliau membantu saya melalui dana ghaib dengan jumlah 1.milyar,syukur alhamdulillah saya sudah bisa bayar hutang,rencana mau bangun rumah sendiri dan mau buka usaha,karna cuma tinggal di kontrakan,anda terlilit hutang sudah lama belum terlunasi,jangan pusing lansung hubungi no: 0853-4290-1718 atas nama Pak Agustan dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda inginkan pasti tercapai..

Inilah Jenis Pesugihan Tampa Tumbal Dari Pak Agustan
1.Pesugihan Dana Ghaib
2.Pesugihan Tuyul
3.Pesugihan Uang Balik
4.Pesugihan Penarik Uang
5 Pesugihan Pelaris Usaha
6.Pesugihan Putih
7.Pesugihan Nomor Togel

June 6, 2017 at 1:36 AM comment-delete

Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

July 13, 2017 at 12:03 PM comment-delete

Sedikit riwayat saya sekian lama telah berbisnis dan akhir akhir hampir bangkrut dan mungkin saya sudah bangkruk seandainya saya tidak menemukan dukun sakti yang benar benar membantu saya meningkatkan bisnis kembali dan alhamdulillah berkat bantuan beliaulah yang memberikan angka gaib 4d sgp saya dapat sukses kembali dan tidak jadi bangkruk makasi MBAH BUDI HARTONO sedikit info apabila anda ingin mendapatkan solusi hidup beliau punya ke ahlian melihat apa yang akan terjadi di kemudian hari termasuk angka togel yang akan keluar setiap harinya inilah penemuan terhebat bagi anda para pecinta togel dan temukan angka angka yang akan tembus mulai 2d 3d 4d 5d 6d silahkan anda kunjungi website beliau KLIK DISINI RAMALAN DUKUN TOGEL GAIB anda bisa hubungi lansung MBAH BUDI HARTONO di no O85-256-077-899

September 16, 2017 at 11:49 PM comment-delete

Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Pelet. Penglaris Usaha. Dll





















































































Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Pelet. Penglaris Usaha. Dll



































Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Pelet. Penglaris Usaha. Dll

January 7, 2018 at 11:03 AM comment-delete

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sud ah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

February 12, 2018 at 11:06 AM comment-delete

Post a Comment