Itinerary Umrah Mandiri-Bagian 2 [Numpang Bus Jeddah-Madinah]


TERMINAL HAJI JEDDAH - MADINAH
Deretan bus jemputan jamaah di luar terminah haji-Jeddah
{photo taken from panoramio.com}
Setelah lega lepas dari buruan muhasasah arab (ceritanya di tulisan ini), tantangan selanjutnya adalah "berburu tumpangan". Yeap, saya akan menumpang dari  Hajj Terminal-Jeddah Airport ke Madinah. 

Terbersit keraguan sebetulnya akan niatan tersebut, namun saya sudah kepalang tanggung dan tak mungkin juga harus bertaksi ria menuju terminal bus saptco di Jeddah untuk kemudian ke Madinah. Satu alasan "MAHAL". (kisaran biaya transport bisa di lihat di sini).

Saya menghampiri seorang mas-mas yang sedang duduk yang saya tebak dia adalah seorang Indonesian.
- Mas, dari Indonesia ya?...Iya, jawabnya...bus ini ke Madinah bukan? tembak saya
- Iya, mas, kenapa nih? pungkas nya
- Gini, mas...masih ada kursi kosong gak ya? jika boleh, saya mau nebeng mas sampai Madinah
- Masih ada sih mas, tapi kayaknya cuma satu, mas nya dari travel mana? gak di jemput?...celoteh mas Indo.
- Kebetulan saya ini berdua temen ceritanya umroh mandiri mas, jadi backpackeran aja, tapi kalo cuma ada satu kursi kosong, sepertinya gak bisa numpang ya
- Sebentar mas ya, saya tanyain dulu, mungkin masih ada kursi kosong

Si mas indo tersebut kemudian bertelpon ria haha hihi sementara saya harap-harap cemas menunggu keputusannya. Sesaat kemudian
- Maaf bangat nih ji (panggilan singkat buat haji), kursinya cuma tinggal satu, tapi tunggu sebentar, saya tanyakan ke temen saya dulu.

Kemudian dia memanggil temennya yang kebetulan datang menghampiri.
- Ini, ada jamaah yang mau numpang, di ente masih ada kursi kosong gak? kasian nih mereka, si mas indo langsung nyerocos.
- Kayaknya masih ada, tapi kursi depan yang samping supir itu, nah mau gak dia kalo duduk di kursi itu jawab temennya mas Indo

Saya yang kebetulan mendengar percakapan mereka kemudian berjabat tangan. Dan setelah basa basi menyampaikan niat untuk menumpang, saya langsung menjawab tidak masalah jika harus duduk di kursi samping pak supir. Si mas indo langsung memotong obrolan karena mungkin dia sadar karena saya berdua teman saya dan sementara kursi di masing-masing bus cuma tinggal satu.

- Ji, mau gak kalau pisah? jadi yang satu ikut saya, yang satu lagi ikut dia? jelas si mas indo
- Wah, kalau begitu adanya, sepertinya gak bisa nih mas. Soalnya kalau terpisah, kami tidak bisa berkomunikasi setelah sampai di Madinah, mengingat HP saya masih no.indo dan lagipula saya tidak tahu ini masing-masing tujuannya ke mana, kalau hotelnya berdekatan sih gak masalah, nah kalau berjauhan? repot nanti kami saling mencari. Jika boleh, tidak apa-apa lah saya duduk di bawah, yang penting sampai ke Madinah, saya berseloroh antara jurus memelas dan mengiba
- Wah, ji, jangan lah..perjalanan jauh, 500 km loh, lagipula saya gak enak lah ji kalau sampai duduk di bawah. Coba tunggu sebentar lagi, mungkin ada jemputan jamaah lainnya yang masih kosong. Tapi ingat ji, cari yang supir nya orang Indonesia aja ya, jangan yang Arab, soalnya mereka kadang suka minta duit, pesan mas indo.

Saya berpamitan dengan mas indo dan temannya, mencari supir bus lainnya. Namun sejauh mata memandang, tidak ada penampakan supir yang mirip Indonesian. Saya mulai kecil hati karena jamaah yang keluar pun sudah mulai sedikit. Mungkin karena masing-masing sudah beranjak menuju Madinah sejak tadi.

Saya mondar mandir melihat-lihat bus, namun kebanyakan bus masih kosong, mungkin sedang menunggu pesawat berikutnya. Dalam kebingungan, saya melihat ada rombongan berbatik yang bergerak menuju bus. Saya langsung menghampiri bapak-bapak yang sedang memasukkan koper-koper ke dalam bagasi bus.
- Assalamalaikum Pak. Ini bus ke Madinah ya pak?
- Oh, Iya jawab si bapak
- Ketua rombongannya mana pak? Tanya saya
- Itu tuh, yang pake peci hitam, tunjuk nya

Kemudian saya menghampiri bapak peci hitam dan langsung mengutarakan niat saya untuk menumpang ke Madinah. Besar harapan saya karena sesama orang Indonesia, bapak itu mau bermurah hati menampung saya dan teman saya. Besar harapan itu memang terwujud karena masih ada kursi kosong dan lebih dari dua, namun kecil harapan karena si bapak itu tidak bersedia menampung saya. dikarenakan tidak berani menjamin saya. Takut terjadi apa-apa, tidak mau bertanggung jawab atas keberadaan saya, tidak enak dengan jamaah lainnya dan segala alasan lain.

Tadinya saya mau tetap berusaha keukeuh meminta tumpangan, namun teman saya langsung mencegah karena tidak baik jika memaksa, sudahlah cari bus yang lain saja pintanya. Gak lama setelah itu, ada lagi rombongan berbatik yang terkesan sedang terburu-buru menuju sebuah mini bus. Nah, mainkan! saya langsung berlari mengikuti mereka.

Setelah bertanya tujuan mereka dan apakah masih ada kursi kosong. Akhirnya dengan satu kata bagai seteguk air di padang pasir si ibu ketua rombongan bilang
- Masih kosong tapi mas nya duduk paling belakang saja ya, biar gak ketauan kalo ada pemeriksaan di ujung bandara

Sang ketua rombongan mengizinkan saya untuk menumpang sampai Madinah. Alhamdulillah, rejeki anak sholeh, meskipun saya harus sedikit ngumpet bersama tumpukan koper-koper meski hanya sekitar 8-10 orang jamaah. Mini bus berjalan perlahan keluar meninggalkan terminal haji dan si ibu ketua rombongan mulai memberikan sambutan ucapan selamat datang di Tanah Suci.

Blah....blah....blah....lala....lili.....lolo.....hoho....dan kemudian membimbing jamaah nya membaca doa-doa. Saya masih tertegun setengah tidak percaya bahwa saya akan mendapatkan tumpangan semudah ini. Tadinya saya berpikir bahwa akan menunggu sampai ada pesawat berikutnya yang mendarat untuk berusaha mendapatkan tumpangan.

Di tengah perjalanan, setelah ternyata tidak ada pemeriksaan, saya di minta pindah duduk ke kursi kosong lainnya dan kemudian terlibat percakapan serius, setengah serius, tampak serius sampai tidak serius. Si ibu ketua bercerita panjang kali lebar kali banyak mengenai travel nya sampai akhirnya saya mulai terkantuk-kantuk dan beliau pun mengantuk juga. Kami tertidur berjamaah terlelap dalam alam bawah sadar masing-masing.

Dalam masa nyawa setengah kumpul, sayup-sayup mata saya mengenali area yang sedang dilewati. Pohon-pohon kurma mulai terlihat dari sudut jendela minibus seolah melambai menyambut dan mengucapkan selamat datang di Tanah Nabi.

Hey, ini kan Madinah? saya ingat deretan pohon kurma itu, pasti sebentar lagi ada Bir Ali di sebelah kanan, iya.....ini Madinah, ah, sudah sampai......bisik hati saya berbunga-bunga.

Minibus terus melaju memasuki kota Madinah, si ibu ketua mulai kembali ber lala lili dan membimbing jamaah membaca doa memasuki kota Madinah. Minaret-minaret Masjid Nabawi mulai terlihat di antara barisan gedung-gedung hotel. Minibus sampai di depan hotel si ibu ketua dan jamaah nya tepat sesaat sebelum azan magrib berkumandang. Kami pun lantas bergabung dengan para pedagang arab di depan hotel yang sedang berbuka puasa bersama. Ah, Kurma nya nikmat sekali..air dingin menyelusup membasahi kerongkongan yang sejak dari jam 3 dini hari waktu Malaysia sudah berpuasa. Ini lah puasa terlama yang saya jalani sepanjang sejarah.

Si ibu ketua keukeuh meminta saya makan dulu di hotelnya, namun saya tolak karena harus segera menuju hotel dan bersiap untuk ikut taraweh berjamaah di Masjid Nabiyullah Alaihissalam Al Nabawi. Saya berpamitan sesat setelah bertukar nomor telp dan mengiyakan pesan dari si ibu ketua, jika ingin ikut berjiarah di Medinah, datang saja ke Hotel nya (meskipun esok dan beberapa hari kemudian saat kami berusaha untuk menumpang ke Mekkah, telp dan sms itu tidak di jawab.#haish)...oiya, akhirnya saya bertemu lagi dengan rombongan ini di sebuah hotel di Mekkah, bahkan pernah sama-sama menuju Alharam untuk taraweh bersama, namun di tengah jalan kami terpencar.

Malam pertama itu, saya akhirnya terpaksa melepaskan sholat taraweh berjamaah di Masjid Nabawi karena tersesat selama hampir 2-3 jam berputar-putar mencari hotel. Agoda memberikan map direction yang totally useless!!. Map yang saya donlot dari Agoda pada kenyataanya adalah sebuah Tanah kosong di samping al Baqi (pemakaman umum di samping Masjid Nabawi). Meskipun banyak di bantu oleh para Arab Madinah, namun tetap saja hotel yang saya tuju tidak dapat ditemukan. Dan malah tersesat tambah jauh, tanpa peta yang benar, tanpa alamat jalan, tanpa koneksi internet, tanpa pulsa. I am totally lost in the middle of nowhere.

Saking sudah buntu nya otak, saya cegat seorang anak muda Arab yang sepertinya akan taraweh ke Nabawi dan meminta bantuan seorang arab yang lewat meski dia tidak bisa sama sekali berbicara bahasa inggris. Saya memintanya untuk membuka google maps dan mencari di mana letak Elaf Al Bustan Hotel. Hasilnya? NIHIL!. Kami sama-sama kesulitan mencerna bahasa masing-masing.

Sudah lebih dari 5 orang saya tanya dan tidak ada satupun yang memberikan arah yang benar, semakin bertanya, semakin gak karuan. Ada yang nunjuk ke kanan, ke kiri,  ke samping, ke belakang. Untung saja tidak ada yang menunjuk ke atas atau ke bawah, jika iya, saya mungkin pingsan di tempat.

Saya berkomunikasi dengan sang mofa dan arah yang dia berikan benar-benar seratus delapan puluh derajat dari informasi para Arabians. Arrggh...saya benar-benar mengutuk kebodohan ini, bagaimana saya bisa lalai dengan peta, tapi dalam peta dari Agoda dan google map, saya tahu persis di mana letak hotel itu berada namun pada kenyataannya? kok tanah dan sekumpulan gedung-gedung kosong.

Roda koper mungkin sudah seperti film kartun banyak bintang-bintang berkeliling saking pusingnya di gerek ke sana ke mari. Hingga pada akhirnya, dalam kondisi antara putus asa dan hampir menyerah, saya bertemu dengan seorang arab namun bermuka mixed agak-agak asia timur dan berbahasa inggris sangat baik. Dengan satu arahan saja, Elaf Al Bustan Hotel berdiri tegak di depan mata dan seolah berkata :

- "Nyasar nih?" (lihat peta di bawah, di mana letak hotel yang saya yakini itu Elaf Al Bustan/skr ditulis Closed, dengan yang ada tulisan Elaf Al Bustan di kotak kuning hasil arahan sang arab asia timur).
Elaf Al Bustan Hotel, dimanakah kau berada!!!!!!!
Waktu menunjukkan hampir pukul 10 malam lebih dan energi saya benar-benar lowbat. Braak, langsung charging dan nyalain HP kemudian konek ke wifi.

- Loh? kok?. Ya kan eksis dikit ngabarin orang rumah dan update sosmed.

BERSAMBUNG LAGI......

7 comments:

Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus (4D) <<< 0495 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.




KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI












Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan AKI SOLEH 100% tembus(4D) <<< 0495 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW
trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.




KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI





















October 3, 2016 at 6:28 PM comment-delete

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





March 26, 2017 at 11:24 AM comment-delete

Emang yah..masalah itu gak perna selesai kalau gak berani mencoba,saya hampir bunuh diri gara-gara dililit hutang,saya sudah cari kemana-mana paranormal siapa tau ada yang bisa bantu saya melunasi hutang,dan secara kebetulan saya buka-buka internet,saya melihat postingan seseoran tentan Pak Agustan,katanya paranormal bisa memberikan bantuan melalui pesugihan dana ghaib,jadi saya memberanikan diri untuk tlpn saya menceritakan semua kekurangan saya,dan beliau membantu saya melalui dana ghaib dengan jumlah 1.milyar,syukur alhamdulillah saya sudah bisa bayar hutang,rencana mau bangun rumah sendiri dan mau buka usaha,karna cuma tinggal di kontrakan,anda terlilit hutang sudah lama belum terlunasi,jangan pusing lansung hubungi no: 0853-4290-1718 atas nama Pak Agustan dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda inginkan pasti tercapai..

Inilah Jenis Pesugihan Tampa Tumbal Dari Pak Agustan
1.Pesugihan Dana Ghaib
2.Pesugihan Tuyul
3.Pesugihan Uang Balik
4.Pesugihan Penarik Uang
5 Pesugihan Pelaris Usaha
6.Pesugihan Putih
7.Pesugihan Nomor Togel

June 6, 2017 at 1:37 AM comment-delete

Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya mbah , nomor yang mbah berikan/ 4d sgp& hk saya dapat (350) juta alhamdulillah tembus, seluruh hutang2 saya sudah saya lunas dan kami bisah usaha lagi. jika anda ingin seperti saya hub mbah_puro _085_342_734_904,atau KLIK DI SINI terima kasih.

August 2, 2017 at 9:42 PM comment-delete

Sedikit riwayat saya sekian lama telah berbisnis dan akhir akhir hampir bangkrut dan mungkin saya sudah bangkruk seandainya saya tidak menemukan dukun sakti yang benar benar membantu saya meningkatkan bisnis kembali dan alhamdulillah berkat bantuan beliaulah yang memberikan angka gaib 4d sgp saya dapat sukses kembali dan tidak jadi bangkruk makasi MBAH BUDI HARTONO sedikit info apabila anda ingin mendapatkan solusi hidup beliau punya ke ahlian melihat apa yang akan terjadi di kemudian hari termasuk angka togel yang akan keluar setiap harinya inilah penemuan terhebat bagi anda para pecinta togel dan temukan angka angka yang akan tembus mulai 2d 3d 4d 5d 6d silahkan anda kunjungi website beliau KLIK DISINI RAMALAN DUKUN TOGEL GAIB anda bisa hubungi lansung MBAH BUDI HARTONO di no O85-256-077-899

September 16, 2017 at 11:49 PM comment-delete

Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Pelet. Penglaris Usaha. Dll





















































































Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Pelet. Penglaris Usaha. Dll



































Terima kasih banyak kepada teman aku yang ada di Taiwan ..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nama nya Mbah Suro. waktu itu setelah pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jadi Tkw di SINGAPURA hanya jeritan batin dan tetes air mata selalu menharap tapi itu tidak ada hasil sama sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh nya saja . . itu pun tidak cukup biaya mamaku di kampung. Tapi saya beranikan diri telpon langsung nomor Whatsapp beliau +6282354640471 untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah berada di kampung halamanku buka usaha sekarang. jika teman minat ingin kenal sama beliau . ini nomor Whatsapp nya +6282354640471 Karna beliau juga bisa bantu seperti Anka Ritual Togel 3D/4D/5D/6D. Pelet. Penglaris Usaha. Dll

January 7, 2018 at 11:02 AM comment-delete

Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sud ah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

February 12, 2018 at 11:05 AM comment-delete

Post a Comment