Mengurus Visa Umrah Sendiri - Umrah Mandiri (Semi Backpacking)


 "Son, bisa gak uang visa berikut DP (down payment) Land Arrangement nya di transfer sekarang?", begitulah bunyi pesan singkat via whatsapp yang dikirimkan oleh teman yang kebetulan membantu mengurus visa umroh.

Antara percaya dan tidak membaca pesan itu, namun sekaligus gusar karena saya berencana full mandiri tidak menggunakan Land Arrangement.

Land Arrangement merupakan paket berupa transportasi dan akomodasi dari si penjamin yang menerbitkan visa yang biasanya memang sudah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Mengurus visa umroh itu gampang-gampang susah. Di bilang gampang, ya gampang bangat. Karena jika pihak penerbit dan penjamin visa (mofa) sudah setuju dan bersedia menjadi agent buat kita, maka proses selanjutnya tinggal tempel visa di paspor. Di bilang susah, ya memang ngeribetin. Karena banyak sekali tetek-bengek analisa yang harus dilakukan oleh pihak mofa. 

Mofa atau travel agent penerbit visa akan sangat bertanggungjawab atas visa yang diterbitkan melalui dia oleh Kedutaan Besar Saudi Arabia. Karena jika terjadi penyelewengan yang dilakukan oleh jamaah yang visa nya diterbitkan via mofa tersebut, maka segala akibatnya akan di tanggung si mofa dan paling buruknya adalah denda sebesar SAR 50.000 serta pencabutan izin usaha travel umroh mofa tersebut. Ini mimpi buruk!

Pihak mofa akan sangat memberikan perhatian lebih pada tiket pulang pergi kita, terutama jika tiket kita adalah connecting flight/transit di satu negara sebelum mendarat di Saudi Arabia. Sebagai jamaah bebas dan tidak terikat dengan program si mofa selama di Saudi Arabia, maka wajar menurut saya jika mereka akan memeriksa lebih dalam segala persyaratan pembuatan visa umroh. Sebagai contoh kekhawatiran sang mofa adalah jamaah menyalahgunakan visa umroh untuk bekerja di Saudi ataupun tinggal lebih lama melebihi batas waktu izin tinggal.

Siyalnya tiket saya adalah connecting flight dari Jakarta di Kuala Lumpur, maka praktislah tadinya si mofa tidak berani menerbitkan visa umroh untuk saya. Mereka tidak berani menjamin apakah saya akan kembali lagi ke Indonesia sesuai tenggang waktu yang tertera di tiket dan bisa saja menjadi TKI di Saudi.

- Kami belum mengenal siapa Anda, dan meskipun saat ini Anda bilang bahwa tidak akan overstayed apalagi menjadi TKI, namun apakah setelah di sana di mana Anda di luar pengawasan kami, semua itu bisa dipertanggungjawabkan?. Apalagi Anda pergi saat Ramdhan, kami khawatir Anda akan tinggal lebih lama sampai musim haji tiba. Risiko yang akan kami tanggung jika Anda menyalahgunakan visa umroh itu jauh lebih besar dibandingkan dengan keuntungan yang kami dapatkan.

Begitulah kira-kira alasan pihak mofa tidak berani membantu mengurus visa umroh untuk saya. Aduh, sungguh rasanya saya sudah kehilangan semangat untuk ber ibadah umroh menerima kenyataan ternyata ribet juga ya berencana umroh mandiri tanpa travel. Ini baru urusan Visa, belum urusan yang lainnya dan selama di Saudi nanti.

Rata-rata orang Indonesia memang terbiasa mengambil paket umroh dari travel agent, di mana semua sudah diurus, tinggal bayar dan berangkat. Tapi buat saya, pergi umroh dengan menggunakan travel agent segala sesuatu nya terbatas hanya mengikuti aturan main yang sudah mereka buat. Jujur, saya paling malas pergi traveling dengan grouping dan segala protokoler hari ini kesini dan jam segini kesitu. Belum lagi hal-hal diluar batas kemampuan sang leader saat di lapangan nanti, seperti nunggu jamaah lainnya kumpul lah, ada yang hilang lah, nunggu yang masih makan lah, mandi lah, duh..those are not me at all!!. I like to do what i want to do, not depends on any other people. I own all of my desires. Egois ya?

Setelah bernegosiasi kesana kemari, kanan kiri senggol-senggolan, akhirnya sang mofa bersedia membantu mengurus visa umroh saya dengan catatan ada surat refferensi kerja dari kantor dan juga menjaminkan ijazah asli. Namun di tengah asa yang sedikit bersinar, saya harus kembali mengelus dada. Pihak mofa memberikan angka yang cukup fantastis karena Land Arrangement included. La ilaha illallah, saya tidak memerlukan Land Arrangement karena saya mengatur sendiri perjalanan saya, yang saya butuhkan hanya visa, titik!.

Awalnya segala bentuk negosiasi saya ditolak, dan kemudian muncul lagi angka yang semakin membuat saya merinding disco. Jaminan USD 1.000 sebagai persetujuan tidak mengambil Land Arrangement. Busyet, ampun bener ini, darimana uang sebanyak itu. sementara budget in total selama di Saudi saja tidak sebanyak itu dan tanggal keberangkatan tinggal satu minggu lagi. Demi tuhan saya lebih baik mundur dan tidak jadi minta bantuan pengurusan visa dan batal pergi umrah jika harus seperti ini, kesal saya kepada teman yang menjadi jembatan dengan pihak mofa.

Visa sudah siap dan tinggal tempel di paspor kabar teman saya, namun kesepakatan tentang Land Arrangement belum juga selesai. Sudahlah, visa dan tiket yang sudah di tangan sejak setahun itu akan saya laminating dan dijadikan hiasan tempelan kulkas saja. Impian menunaikan ibadah puasa di tanah suci yang sudah saya pendam sejak dulu sepertinya akan tetap jadi sebuah pengharapan belaka. Tuhan belum kembali memanggil saya untuk bersimpuh di depan rumah Nya yang agung.

Ditengah kepasrahan, kok rasanya saya seperti menyerah begitu saja melepaskan sebuah kesempatan yang sudah saya pendam sejak dulu. Mungkin ini adalah ujian dari Tuhan. Saya kembali memutar-mutar uang recehan ditabungan, tetap tidak cukup untuk membayar USD 1.000. Apa perlu saya menyalakan lilin dan meminta seorang kenalan untuk meniupnya apabila nyala api bergerak-gerak? buntu..gelap mata gelap hati.

Sebuah kalimat dari Ibu Kartini yang begitu melegenda "habis gelap terbitlah terang" mungkin cukup menggambarkan sebuah keadaan saya kala itu. Pihak mofa akhirnya menyetujui permohonan saya untuk memakai fasilitas hotel dari mereka sesuai budget yang saya inginkan selama di Mekah saja dan tidak membayar jaminan USD 1.000. Antara senang dan tidak senang, karena sejujurnya hasrat saya untuk tetap berangkat sudah pudar.

Malam hari sebelum esok sore harinya saya berangkat, paspor yang sudah ditempeli visa umroh baru bisa saya ambil. Bener gak ya ini panggilan, kok saya tidak merasa mantap apalagi bergembira hati sambil senyam senyum setelah semua nya siap. Saya biasanya sangat gelisah apabila akan pergi ke suatu tempat yang baru pertama kali didatangi, tapi Saudi Arabia? ini untuk kedua kalinya, namun kenapa saya begitu tidak yakin akan survive. Saya ragu, saya takut!

Bepergian tanpa pembimbing (tour travel) di tanah para Nabi tidak akan pernah sama dengan traveling pada umumnya. Saya boleh saja tersasar di negeri orang namun di Saudi Arabia? tentu saya tidak mau.Tanah itu punya berkah tersendiri bagi setiap orang yang menginjaknya. Ah, apapun yang akan terjadi di sana, saya ikhlas dan kalaupun harus mati, tentu saya belum siap keluh hati kecil saya.

Jangan takabur di tanah suci, jangan takabur!. Istigfar jika sesuatu terjadi diluar keinginan mu, ingat selalu akan Tuhan. Kalimat dari ibu saya itu mengiringi keberangkatan saya di puasa hari ketiga. Labbaik Allahumma Labbaik, aku datang memenuhi undangan Mu ya Allah. Bismillah

Hal-hal yang bisa saya sharing dalam hal mengurus visa umroh mandiri :
- Segala persyaratan umum, seperti paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sebelum keberangkatan dengan nama tiga suku kata, kartu kuning, pas foto (khusus buat visa umroh) dan print out tiket pulang-pergi.
- Pas Foto khusus umroh biasanya ukuran 4x6 dengan porsi tampak muka kurang lebih 70% atau jika bingung, tinggal bilang saja pada saat cetak foto, untuk keperluan visa umroh.
- Memilih agent visa (mofa). Nah ini yang perlu perjuangan, karena tidak semua mofa berani mengambil resiko menerbitkan visa umroh untuk kalangan yang ingin melakukan umroh mandiri. Untuk info mofa yang saya gunakan, bisa menghubungi saya via blog ini.
- Bernegosiasi di awal dengan pihak mofa sebelum mengajukan visa umroh, apakah berikut Land Arrangement atau Visa Only. Hal ini penting, karena jika tidak jelas di awal, mofa biasa nya akan berasumsi bahwa kita akan menggunakan full service berikut Land Arrangement. Dengan demikian, ini bukan lagi umroh mandiri, tapi sama hal nya umroh dengan menggunakan travel agent 
- Jika pihak mofa tidak bersedia bertanggungjawab apabila kita hanya menginginkan Visa Only,  lakukan pendekatan personal dan cari jalan tengah, misalkan mengambil paket hotel yang mereka tawarkan di Madinah saja atau di Mekah saja. Atau minta bantuan pihak mofa untuk mencarikan hotel sesuai dengan anggaran kita. Dengan begitu, pihak mofa dapat mengontrol selama kita di Saudi serta yakin bahwa mereka tidak kehilangan jejak kita serta apa yang mereka jamin dengan menerbitkan visa umroh, dapat mereka pertanggungjawabkan secara legal.

Hal-hal yang bisa saya sharing dalam hal selama menjalan umroh mandiri
 

- Agent Visa Umroh/Mofa
   - Mbak Elly : 08159680084/081297800333

- Transportasi selama di Saudi Arabia :
   - Jeddah Airport - Terminal Bus Saptco Jeddah hanya bisa dengan taksi, ongkos sekitar SAR 100
   - Terminal Bus Saptco Jeddah - Terminal Bus Saptco Mekkah dengan bus, ongkos sekitar SAR 60
   - Terminal Bus Saptco Mekkah - Terminal Bus Saptco Jeddah dengan bus, ongkos sekitar SAR 60
   - Terminal Bus Saptco Jeddah - Terminal Bus Saptco Madinah dengan bus, ongkos sekitar SAR 60
   - Terminal Bus Saptco Madinah - Terminal Bus Saptco Mekkah dengan bus Saptco, ongkos sekitar SAR 60
   - Taxi dari Mekkah ke Jeddah Airport, ongkos sekitar SAR 150-180
   - Bus Saptco dari depan Alharam menuju Tani'em (Miqat untuk umroh), ongkos sekitar SAR 2 sekali jalan
   - Sewa taksi untuk city tour sekitar SAR 200, namun saya tidak mencoba ini, karena di Madinah, saya dapat omprengan taksi gabung dengan yang lain untuk ziarah ke Jabal Ohod-Mesjid Khandak-Mesjid Kiblatain-Mesjid Quba, ongkos nya SAR 10

- Biaya makan selama di Saudi Arabia (catatan : bukan makan di Mall)
  - Shawarma (sejenis kebab gulung), sekitar SAR 5-8
  - 1 botol besar juice, sekitar SAR 12
  - 1 botol kecil juice, sekitar SAR 5
  - Nasi Briyani berikut sepotong ayam (jangan khawatir, ini porsi nya besar), sekitar SAR 12
  - Broast (Ayam Goreng isi 2-3 potong berikut roti, porsi besar), sekitar SAR 12
  - Air Mineral, sekitar SAR 3-5, namun isi ulang saja dengan air zam-zam, agar lebih berkah
  - Buah-buahan (sekeranjang), sekitar SAR 5-10
  - Kurma (kurma yang setengah matang banyak dijual di jalanan), sekitar SAR 10-15 sekitar 1kg
  - Aneka makanan lainnya, sekitar SAR 10-15
kantin-kantin makan di sekitaran Al haram-Mekkah
kantin makan di sekitaran Masjid Nabawi-Madinah
 - Biaya penginapan selama di Saudi Arabia
  - Hotel di Madinah setara bintang 3, rate sekitar SAR 150-200/malam,  bisa untuk 2 orang.
   Letak Hotel-hotel di Madinah lebih enak dibandingkan di Mekah, karena tersebar mengelilingi Masjid Nabawi dan jaraknya tidak terlalu jauh. 
  - Hotel di Mekah setara bintang 3, rate sekitar SAR 200-300/malam, bisa untuk 2-3 orang. Saya lebih prefer di Area Ajyad karena jaraknya tidak terlalu jauh dari Alharam dan tidak terlalu kumuh
Kawasan Ajyad, Alharam dan sekitarnya
WASSALAM
 
TAMBAHAN :
berhubung ada banyak pertanyaan mengenai itinerary dan rincian biaya, berikut saya lampirkan perincian nya
 
CATATAN : rincian biaya yang tertera di buat lagi per 23 September 2015 (asumsi), mengingat sudah setahun yang lalu pergi nya, jadi lupa berapa persis biaya-biaya yang dikeluarkan, terutama untuk hotel di Mekkah, biaya Visa Umroh, makan dan juga exchange rate nya.
 
- Visa Umrah Ramadhan begitu mahal karena harganya 3-4x lipat daripada visa umroh reguler
- Hotel di Mekkah menggunakan hotel dari pihak Mofa dan rate nya mahal sekali dikarenakan pada musim ramadhan tarif hotel bisa naik 2x lipat
 
 
ITINERARY UMRAH RAMADHAN 1436H
DATEDESCRIPTION BUDGET 
 IDR  SAR 
DAY 102 JULY 2014JAKARTA -KUALA LUMPUR BY AIR ASIA (PP)
      5.634.110
                       -
STAY OVERNIGHT IN KLIA                      -                        -
DAY 203 JULY 2014KUALA LUMPUR - JEDDAH                      -                        -
JEDDAH - MADINAH (NUMPANG BUS JEMAAH INDO LAIN)                      -                     20
CHECK IN HOTEL DI MADINAH (4 NIGHTS)      1.256.746                        -
TARAWEH MALAM PERTAMA DI NABAWI                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     10
DAY 304 JULY 2014MADINAH                      -                        -
ZIARAH KE MAKAM BAQI                      -                        -
TARAWEH MALAM KEDUA DI NABAWI                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                       8
DAY 405 JULY 2014MADINAH                      -                        -
NGETENG TOUR                       -                     10
(JABAL UHUD, MASJID KHANDAK, MASJID KIBLATAIN, MASJID QUBA)                      -                        -
TARAWEH MALAM KETIGA DI NABAWI                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     10
DAY 506 JULY 2014MADINAH                      -                        -
TARAWEH MALAM KE EMPAT DI NABAWI                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     12
DAY 607 JULY 2014MADINAH - MEKKAH                      -                        -
TAKSI KE TERMINAL BUS SAPTCO MADINAH                      -                       6
BUS SAPTCO KE MEKKAH                      -                     60
CHECK IN HOTEL DI MADINAH (AJYAD AREA) - 8 NIGHTS      5.500.000                        -
BUS SAPTCO KE TAN'IEM (PP)                      -                       4
UMRAH PERTAMA                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     10
DAY 708 JULY 2014MEKKAH                      -                        -
BUS SAPTCO KE TAN'IEM (PP)                      -                       4
UMRAH KE DUA                      -                        -
TARAWEH DI MASJIDIL HARAM                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     12
DAY 809 JULY 2014MEKKAH                      -                        -
BUS SAPTCO KE TAN'IEM (PP)                      -                       4
UMRAH KE TIGA                      -                        -
TARAWEH DI MASJIDIL HARAM                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     20
DAY 910 JULY 2014MEKKAH                      -                        -
BUS SAPTCO KE TAN'IEM (PP)                      -                       4
UMRAH KE EMPAT                      -                        -
TARAWEH DI MASJIDIL HARAM                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     15
DAY 1011 JULY 2014MEKKAH                      -                        -
BUS SAPTCO KE TAN'IEM (PP)                      -                       4
UMRAH KE LIMA                      -                        -
TARAWEH DI MASJIDIL HARAM                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     10
DAY 1112 JULY 2014MEKKAH                      -                        -
BUS SAPTCO KE TAN'IEM (PP)                      -                       4
UMRAH KE ENAM                      -                        -
TARAWEH DI MASJIDIL HARAM                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     18
DAY 1213 JULY 2014MEKKAH                      -                        -
BUS SAPTCO KE TAN'IEM (PP)                      -                       4
UMRAH KE TUJUH                      -                        -
TARAWEH DI MASJIDIL HARAM                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     12
DAY 1314 JULY 2014MEKKAH                      -                        -
BUS SAPTCO KE TAN'IEM (PP)                      -                       4
UMRAH KE DELAPAN                      -                        -
TARAWEH DI MASJIDIL HARAM                      -                        -
MAKAN MALAM (SNACK)                      -                     10
DAY 1415 JULY 2014JEDDAH - KUALA LUMPUR                      -                        -
THAWAF WADA                      -                        -
TAKSI KE JEDDAH                      -                   105
JEDDAH - KUALA LUMPUR BY AIR ASIA                      -                        -
DAY 1516 JULY 2014KUALA LUMPUR - JAKARTA
DONE
   12.390.856                   380
RATE                      1               4.000
VISA UMRAH RAMADHAN      3.500.000
   15.890.856       1.520.000

622 comments:

«Oldest   ‹Older   601 – 622 of 622   Newer›   Newest»

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

August 30, 2020 at 2:22 PM comment-delete

Nama saya Ibu Lestari Abyasa dari Balikpapan di Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengedukasi setiap orang yang mencari pinjaman agar berhati-hati karena ada kreditor palsu. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Manusia di Singapura dan saya ditipu.

Saya hampir putus asa sampai menemukan seseorang Ayu Amangku email ayuamangku@gmail.com yang membagikan testimoni seorang pemberi pinjaman online bernama Ibu Rika Anderson, dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan 100 juta pinjaman tanpa jaminan dan suku bunga yang terjangkau beberapa hari yang lalu. Saya juga melihat posting di blog Margaretha Asmaran email margarethaasmaran@gmail.com.

Saya juga bertanya kepada Merpati Darma melalui email merpatidarma@gmail.com dan saya yakin dan setelah pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya, saya terkejut melihat saldo rekening saya dan menemukan jumlah yang saya serahkan ditransfer langsung ke bank saya akun oleh ibu Rika Anderson tanpa penundaan. Dan saya berjanji akan membagikan kabar baik agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: lestariabyasan@gmail.com Tolong saya ingin Anda menggunakan informasi ini dan terbebas dari kesulitan keuangan Anda.

KESAKSIAN: Lestari Abyasa
BCA: 7683724750
dari Balikpapan di Indonesia.
Saya adalah saksi sebenarnya dari perusahaan peminjaman Ms. Rika.
PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Hanya Whatsapp: +1(323)689-3663

Nama saya Ibu Lestari Abyasa dari Balikpapan di Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengedukasi setiap orang yang mencari pinjaman agar berhati-hati karena ada kreditor palsu. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Manusia di Singapura dan saya ditipu.

Saya hampir putus asa sampai menemukan seseorang Ayu Amangku email ayuamangku@gmail.com yang membagikan testimoni seorang pemberi pinjaman online bernama Ibu Rika Anderson, dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan 100 juta pinjaman tanpa jaminan dan suku bunga yang terjangkau beberapa hari yang lalu. Saya juga melihat posting di blog Margaretha Asmaran email margarethaasmaran@gmail.com.

Saya juga bertanya kepada Merpati Darma melalui email merpatidarma@gmail.com dan saya yakin dan setelah pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya, saya terkejut melihat saldo rekening saya dan menemukan jumlah yang saya serahkan ditransfer langsung ke bank saya akun oleh ibu Rika Anderson tanpa penundaan. Dan saya berjanji akan membagikan kabar baik agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: lestariabyasan@gmail.com Tolong saya ingin Anda menggunakan informasi ini dan terbebas dari kesulitan keuangan Anda.

KESAKSIAN: Lestari Abyasa
BCA: 7683724750
dari Balikpapan di Indonesia.
Saya adalah saksi sebenarnya dari perusahaan peminjaman Ms. Rika.
PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Hanya Whatsapp: +1(323)689-3663

Nama saya Ibu Lestari Abyasa dari Balikpapan di Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengedukasi setiap orang yang mencari pinjaman agar berhati-hati karena ada kreditor palsu. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Manusia di Singapura dan saya ditipu.

Saya hampir putus asa sampai menemukan seseorang Ayu Amangku email ayuamangku@gmail.com yang membagikan testimoni seorang pemberi pinjaman online bernama Ibu Rika Anderson, dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan 100 juta pinjaman tanpa jaminan dan suku bunga yang terjangkau beberapa hari yang lalu. Saya juga melihat posting di blog Margaretha Asmaran email margarethaasmaran@gmail.com.

Saya juga bertanya kepada Merpati Darma melalui email merpatidarma@gmail.com dan saya yakin dan setelah pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya, saya terkejut melihat saldo rekening saya dan menemukan jumlah yang saya serahkan ditransfer langsung ke bank saya akun oleh ibu Rika Anderson tanpa penundaan. Dan saya berjanji akan membagikan kabar baik agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: lestariabyasan@gmail.com Tolong saya ingin Anda menggunakan informasi ini dan terbebas dari kesulitan keuangan Anda.

KESAKSIAN: Lestari Abyasa
BCA: 7683724750
dari Balikpapan di Indonesia.
Saya adalah saksi sebenarnya dari perusahaan peminjaman Ms. Rika.
PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Hanya Whatsapp: +1(323)689-3663

HARI YANG BAIK UNTUK ANDA SEMUA
Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan pinjaman terjamin 100% juga diberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp.) Dan juga berikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami yang berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami. melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
Perbaikan rumah
Penemu Pinjaman
Pinjaman Konsolidasi Utang
Pinjaman Bisnis
Pinjaman pribadi.
pinjaman gaji
pinjaman medis liburan pinjaman pinjaman properti
yang tertarik harus menghubungi melalui belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

September 3, 2020 at 11:22 AM comment-delete

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

September 3, 2020 at 2:53 PM comment-delete

Halo semuanya
Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu karina roland yang baik karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion, tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang pada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya sudah menghubungi susan ramirez dan dia katakan saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang masuk dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) a tau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk mengubah kehidupan finansial saya.

September 7, 2020 at 1:00 AM comment-delete

Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya telah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Bu KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan hidup saya. Saya sangat berhutang budi sampai orang-orang yang saya pinjam dari geng itu melawan saya dan kemudian menangkap saya karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan periode lomba diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya ditipu sebelumnya tetapi ketika saya menemukan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada iklan itu benar-benar sebuah keajaiban mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan, itulah mengapa dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya mengajukan dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah yang tepat yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa melunasi semua hutang Saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak membutuhkan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apapun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita mandiri. Anda ingin merasakan kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang sulit ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di hidup dalam satu atau lain cara, maka saya memberikan amanat untuk mencoba dan menghubungi Ibu KARINA ROLAND di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi kemerosotan finansial dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu KARINA ROLAND dia akan membantu Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

September 12, 2020 at 6:37 AM comment-delete

Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang sedang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman tanpa ditipu, ajukan permohonan dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari saya seorang guru saya telah ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang berkeinginan menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya ditipu, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun, perusahaan ini akan membuat Anda tersenyum. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang memberi tahu saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah satu teman saya menerima pinjaman $ 39,000.00 dolar dan teman saya lainnya menerima sejumlah $ 65,000.00 dolar jadi siapa saja yang membutuhkan pinjaman online ajukan dari perusahaan ini dan Anda akan yakin, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakan mereka untuk membantu orang yang membutuhkan pinjaman . Jika Anda membutuhkan pinjaman online, ajukan dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 dan juga Anda dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut , Terima kasih semua.

September 25, 2020 at 8:28 AM comment-delete

Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang sedang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman tanpa ditipu, ajukan permohonan dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari saya seorang guru saya telah ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang berkeinginan menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya ditipu, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun, perusahaan ini akan membuat Anda tersenyum. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang memberi tahu saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah satu teman saya menerima pinjaman $ 39,000.00 dolar dan teman saya lainnya menerima sejumlah $ 65,000.00 dolar jadi siapa saja yang membutuhkan pinjaman online ajukan dari perusahaan ini dan Anda akan yakin, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakan mereka untuk membantu orang yang membutuhkan pinjaman . Jika Anda membutuhkan pinjaman online, ajukan dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 dan juga Anda dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut , Terima kasih semua.

September 25, 2020 at 8:30 AM comment-delete

Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Bu KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan hidup saya. Saya sangat berhutang budi sampai orang-orang yang saya pinjam dari geng itu melawan saya dan kemudian menangkap saya karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa lomba diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya ditipu sebelumnya tetapi ketika saya menemukan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada iklan itu benar-benar sebuah keajaiban mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan, itulah mengapa dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya mengajukan permohonan dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa melunasi semua hutang Saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak membutuhkan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apapun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita mandiri. Anda ingin merasakan kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang sulit ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di hidup dalam satu atau lain cara, maka saya memberikan amanat untuk mencoba dan menghubungi Ibu KARINA ROLAND di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi kemerosotan finansial dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu KARINA ROLAND dia akan membantu Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

October 1, 2020 at 9:17 PM comment-delete

Halo semuanya
Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang baik kepada ibu karina roland karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan setiap orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk merubah kehidupan finansial saya.

November 2, 2020 at 6:18 AM comment-delete

Penguji ..... jayachandra fadhlan
Negara ...... Bahasa Indonesia
W / S ......... + 62821-3272-6591
Facebook ..... jayachandra fadhlan
email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

Nama saya jayachandra fadhlan,
dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak dapat pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan peminjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSPLISIT. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan diizinkan ini membuat saya kehilangan uang, tapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lainnya untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kemakmuran.

Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
W / S .......... + 1 (585) -708-3478
Facebook .... Elena karina Roland
email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

November 11, 2020 at 8:33 AM comment-delete

Penguji ..... jayachandra fadhlan
Negara ...... Bahasa Indonesia
W / S ......... + 62821-3272-6591
Facebook ..... jayachandra fadhlan
email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

Nama saya jayachandra fadhlan,
dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak dapat pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan peminjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSPLISIT. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan diizinkan ini membuat saya kehilangan uang, tapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lainnya untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kemakmuran.

Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
W / S .......... + 1 (585) -708-3478
Facebook .... Elena karina Roland
email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

November 11, 2020 at 10:14 AM comment-delete

semua berkat nyonya karina roland
Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu seluruh WNI yang sedang mencari pinjaman di internet agar berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki salon rias rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir membebani hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik karina roland perusahaan pinjaman, yang saya hubungi dan dia memberi tahu saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka, pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu Saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik ibu. karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, agar orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau hanya whatsapp +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

November 16, 2020 at 8:54 AM comment-delete

Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda sehubungan dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

Kategori Bisnis

Bisnis Merchandising.
Bisnis manufaktur
Bisnis Hibrida.
Kepemilikan tunggal
Kemitraan.
Perusahaan.
Perseroan terbatas.
pinjaman pribadi.
pinjaman investasi.
Pinjaman Hutang.
Pinjaman Rumah.
Pinjaman hipotek
Auto laons.
Pinjaman mahasiswa.
Pinjaman gaji.
Pinjaman Islam.
Pinjaman pertanian.
Pinjaman gereja.

PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
Email: karinarolandloancompany @ gmail com
WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
Nama Facebook: Elena karina Roland
instagram: karina roland

November 20, 2020 at 8:36 AM comment-delete

NAMA: Titin yuni Arlini
Nomor rekening: 6170235108
NAMA BANK: bank central asia (BCA)
HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

Selamat siang!!!
Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Kuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari MOTHER KARINA.
Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

November 29, 2020 at 11:32 PM comment-delete

NAMA: Titin yuni Arlini
Nomor rekening: 6170235108
NAMA BANK: bank central asia (BCA)
HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

Selamat siang!!!
Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Kuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari MOTHER KARINA.
Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

November 30, 2020 at 7:51 AM comment-delete
December 12, 2020 at 11:12 PM comment-delete

Nama:Teddy Liza
status perkawinan: janda
jumlah pinjaman:3.6 miliar rupiah
tempat tinggal saya:. Palangkaraya
email ku:::teddyliza2020@gmail.com
tujuan pinjaman saya :Investasi / hutang

Halo semuanya, sekarang dari (bahasa Indonesia [ba'ha.sa in.do'ne.sja])/Malay, . Saya seorang janda dengan dua anak dan sejak Februari 2019 karena kebakaran dalam bisnis yang membanjiri bisnis saya dan saya mencoba mencari pinjaman dari bank saya, bank mengatakan dengan saya memiliki kredit buruk sehingga saya mencobanya dengan pemberi pinjaman lain di mana saya bodoh. Tetapi seperti yang Tuhan kehendaki, saya membaca kesaksian AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM di majalah bisnis, yang membantu bisnis dan individu dengan pinjaman besar. Saya mengajukan permohonan dan saya telah menerima pinjaman 3,6 miliar rupee dengan tingkat bunga sangat rendah 1% dan rencana pembayaran yang lebih baik. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa ada banyak scammer di sini. Ambil permintaan peminjam untuk biaya asuransi, Peminjam tidak memiliki sertifikat bisnis, Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman, peminjam Palsu tidak memiliki alamat kantor fisik. Peminjam palsu meminta biaya pendaftaran dan biaya pajak, peminjam Palsu tidak memiliki situs web. Jika Anda mencari pinjaman, selalu minta pemberi pinjaman untuk situs webnya, karena banyak pemberi pinjaman palsu tidak memiliki alamat dan situs web. Jika Anda menginginkan pinjaman yang sah,Sukses hanya datang bagi mereka yang percaya pada diri mereka sendiri dan siap untuk menang. Saya tidak mengharapkan apa pun selain yang terbaik untuk Anda. Beralih ke tahap baru dalam hidup bisa menjadi proses yang menantang. Semoga Anda beruntung dalam semua upaya masa depan Anda, Anda akan menjadi hebat. ajukan sekarang.

Aasimaha adila ahmed kontak pusat aplikasi pinjaman
E-mail**aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
Whatsapp *********^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^+971569461974

June 13, 2021 at 2:38 PM comment-delete

Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar pada umumnya untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
Atas perkenan: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

June 13, 2021 at 2:50 PM comment-delete

Jika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman lembaga yang saya temukan online untuk semua saudara Muslim yang mencari pinjaman cepat untuk menyelesaikan masalah yang diinginkan dengan cepat. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND  PERUSAHAAN PINJAMAN yang  saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan saudara saya yang juga mendapat pinjaman sebesar Rp. 500.000.000 KARINA ROLAND  PERUSAHAAN PINJAMAN. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Diperlukan Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka meminjamkan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan Muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 atau +1323 230-9820  (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk saran juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com )

September 7, 2021 at 10:58 PM comment-delete
«Oldest ‹Older   601 – 622 of 622   Newer› Newest»

Post a Comment