Berburu Free Seats Air Asia

Pertengahan Mei 2010 kemaren, budget plane Air Asia kembali bagi-bagi free seats ke berbagai tujuan baik domestic maupun international di 10 negara di seluruh dunia. Untuk tujuan international free seats Rp. 0,- dari Indonesia diantaranya adalah Kuala Lumpur, Penang, Kinabalu, Singapore, dan Ho Chi Minh sementara untuk Phuket dan Bangkok promonya adalah Rp. 99.000,- dan Rp. 199.000 One Way (kalo tidak salah ingat, maklumlah karena namanya tiket gratisan, konsentrasi penuh hanya mencari yang Rp. 0,- saja). 

Untuk tujuan domestic sendiri saya tidak begitu ingat tujuan mana saja yang Rp. 0,- namun yang pasti untuk tujuan Bali promonya adalah dari Rp. 82.000,- Rp. 365.000 one way (harga tiket one way Rp. 82.000 an hanya 1 kali perjalanan, jadi kalo misalkan dapat JKT-DPS Rp. 82.000, maka DPS-JKT nya antara Rp. 265.000 – Rp 450.000, persisnya juga lupa, otaknya berceceran kemana-mana saking panik takut kehabisan).

Promo tiket gratis Air Asia ini berlaku selama periode booking sekitar 3-4 hari untuk waktu terbang sekitar antara February 2011 – Awal Mei 2011. Untuk mendapatkan promo ini, pihak Air Asia biasanya mengumumkannya via email, sms dan bahkan di posting di halaman website mereka dan account Facebooknya. 

Sayangnya promo tiket gratis kali ini cukup membuat kesal bagi sebagian besar masyarakat yang ingin berpartisipasi berburu mendapatkan tiket gratis.  Loading untuk booking onlinenya super duper lemot, server juga seringkali mengalami hang atau meledak berkeping-keping barangkali sehingga menyebabkan error berkali-kali tidak bisa diakses. Bahkan seringkali kejadian menjengkelkan terjadi, yaitu saat sudah mendapatkan harga tiket Rp. 0,- PP dengan tanggal yang cukup ciamik namun setelah klik untuk proses selanjutnya dan menunggu loading…..akhirnya ERROR lagi.

Malam pertama berburu tiket gratis gagal total gak jelas tujuan hidupnya meski harus bergadang sampai jam 1:30 dini hari. Dengan penuh semangat pagi hari perburuan dilanjutkan kembali dengan harapan kali ini nasib jauh lebih baik, tapi hasilnya NOL besar.  Kesal yang tiada taranya karena server Air Asia benar-benar kembali error tidak bisa diakses, tetapi sangat iri hati membaca postingan orang lain di Facebook Air Asia bersorak kegirangan berhasil mendapatkan tiket Rp. 0,- bahkan untuk 1-2 tujuan sekaligus, sementara saya? Satupun belum dapat. Ini diskrimasi, ini tidak adil!!. Lho?

Dengan jari yang sudah mulai mengeriting dan mata kunang-kunang, perburuan dilanjutkan kembali, namun sepertinya Air Asia tetap tidak mau berbaik budi. Akhirnya diputuskan perburuan dihentikan daripada terkena serangan stroke mendadak.

Penasaran dan pantang menyerah, esok harinya perburuan kembali dilanjutkan. Kali ini tak lagi menggebu penuh nafsu seruduk sana-sini, injek ini itu, teriak apa ini apa itu, sikut kanan kiri, namun penuh kepasrahan berserah kepada yang kuasa (masya allah). Benar-benar kembali tidak berhasil, error-error terus disetiap step untuk memasukkan tanggal booking. Tuhan kirimkan granat dan bom molotov pada Air Asia ini!!!, FRUSTASI!

Menjelang jam makan siang, setelah klik sana sini, celingak celinguk dan cengar cengir. Tak di nyana, akhirnya proses booking online memasuki tahap memasukkan tanggal keberangkatan dan kepulangan, ceklik….berhasiil, dan Rp. 0,- di depan monitor teronggok dengan penuh pasrah. Sambil gemeteran tanpa tunggu lama lagi langsung klik ke proses selanjutnya memasukkan identitas pribadi (terpaksa tidak login menggunakan ID account di Air Asia, karena selalu error tiap mencoba login). 

Kemudian muncullah layar untuk proses pembayaran…komat kamit, bakar kemenyan arab, dan memulai ritual memanggil jelangkung (kebohongan tingkat mahir). Klik bayar....loading….lama amat…..kok lama ya….et dah lama amatan.....terus aja lama...towewew.. errorrrr!!....aarrrghh!!!. 

Dengan penuh murka dan mata memerah, klik tombol back dan proses ulang klik bayar……..loading lagi……lama lagi…..masih loading….deg2an mampus…..kok loading terus….jiaaaah, masih loading……wadoh kalo error lagi gimana ni….kok loading aja ni!!....tiba-tiba….CONFIRMED!. Pffuuuhhhh!! Jakarta – Penang - Jakarta Rp. 219.000. Setelah selesai baru mikir, ngapain ya ke Penang?..lah!

0 comments:

Post a Comment