ABC Backpacker Singapore

Terletak di Jl. Kubor Bugis area, ABC backpacker cukup strategis karena berdekatan dengan Kampong Glam, Sultan Mosque, Rapless Hospital, Station MRT Bugis, Bugis Junction dan Bugis Street. Untuk mencapai hostel ini naiklah MRT dengan tujuan Bugis kemudian EXIT B dan temukan Rafless Hospital, karena dari sini bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit. Dari Rafless Hospital berjalanlah kearah kiri terus lurus sampe ketemu jalan Kubor kemudian belok kanan, dan dari sini Banner ABC Backpacker sudah terlihat.

Booking ABC Backpacker dilakukan dengan cara konfirmasi melalui email (tidak menerima booking online) dan biaya kamar serta deposit di bayar pada saat check in. Setelah menerima balasan email dari pihak hostelnya, cetaklah email tersebut untuk proses check in nanti dan jangan lupa untuk konfirmasi ulang minimal seminggu sebelum keberangkatan untuk memastikan ketersediaan kamar. Harga sewa kamar/malam bervariasi tergantung type kamar yang dipilih, namun tidak melebihi SGD 100/malam jadi sangat terjangkau buat kalangan pecinta travelling murah. Adapun type kamar yang tersedia adalah sebagai berikut :


  - Private Room
  - Dormitory Room 4 Bed (Mixed)
  - Dormitory Room 4 Bed (Female Only)
  - Dormitory Room 6 Bed (Mixed)
  - Dormitory Room 8 Bed (Mixed)

Mengenai biaya dan type kamar secara lengkap bisa di lihat di websitenya. Selain biaya sewa kamar, terdapat deposit sebesar SGD 10/orang untuk Dormitory Room dan SGD 20/orang untuk Private Room dan akan dikembalikan pada saat check out. Adapun fasilitas lainnya adalah sarapan pagi (self service), internet, sharing kamar mandi dan lain-lain.

Jumlah kamar di ABC sepertinya lumayan banyak (gak ngitung, puyeng...LOL) karena saat mau ke kamar mandi terdapat no.kamar bernomor 20an.  Kondisinya hostel cukup memadai dengan lorong-lorong atau koridor yang bersih dan lebar mungkin sekitar 1 meteran. Keadaan kamar bersih dan AC nya pun dingin, namun sedikit sempit di mana jarak bed yang satu dengan yang lainnya mungkin hanya 1 meter dan space bed bawah dengan yang di atas mungkin hanya setengah meter, jadi ya agak sedikit serba pas-pasan dan terkesan agak sumpek. Namun secara keseluruhan ABC layak untuk di huni mengingat harga sewa permalamnya yang murah dengan letaknya yang strategis di Singapura. 

Internet di hostel ini gratis dan terletak di sebelah kanan pintu masuk di mana ruang reception nya ada di sebelah kiri. Pada saat check in, receptionistnya akan meminta paspor kita untuk di fotocopy, kemudian memberikan kunci, handuk dan selimut serta kuitansi pembayaran yang bisa digunakan untuk pengambilan deposit. Staffnya ramah dan sangat helpful bahkan ada yang berbicara Melayu jadi tidak usah takut lost in translation mengingat English orang Singapore agak sedikit susah untuk dipahami, oleh karena itu jangan ragu-ragu untuk bertanya jika tidak yakin arah dah tujuan ke suatu tempat. 

Buat saya, ABC Backpacker Hostel cukup bagus buat para budget traveller atau backpacker mengingat harga sewa nya yang murah dan jaraknya dekat kemana-mana (dibelakang hotel terdapat tempat makanan bahkan ada restoran padang, bahkan jika mau berjalan sedikit di Rafless Hospital terdapat food court halal murah meriah THE BANQUET).



Hal Penting :
  - Terletak di kawasan strategis dan mudah diakses oleh MRT
  - Kondisi hostel bersih namun agak sedikit sempit dan terletak di jalan yang kurang familiar
  - Terdapat restoran padang beberapa meter dari hostel (persis di depan Sultan Mosque)
  - Karena terletak berdekatan dengan Kampong Glam (Peranakan Melayu), banyak warga yang fasih
     berbahasa melayu dan beragama islam

19 comments:

halo... saya mau nanya dong,

kebetulan saya juga mau ke singapore dan mau nginepnya di ABC hostel. saya udah kirim email ke ABC dan dapat balasan yang mengatakan "please confirm your booking belom. note: if you dont confirm your booking with in three days, i will cancel your booking."

saya telah me reply email tersebut dengan mengatakan "the booking detail is confirmed by me."

namun, saya belum mendapat balasan yang memastikan bahwa saya resevasi saya diterima dan dicatat.

pertanyaan saya, apakah memang cukup dengan membalas email konfirmasi saja, dan pihak ABC sudah mencatat reservasi saya?

December 2, 2010 at 5:43 AM comment-delete

*below; salah ketik :p

December 2, 2010 at 5:46 AM comment-delete

Booking ABC Backpacker memang hanya berupa konfirmasi via email saja, dan reservasi sudah bisa didapatkan, karena biasanya pihak ABC telah menuliskan nama kita di buku reservation nya mereka. pastikan saja seminggu sebelum keberangkatan untuk mengirim email kembali untuk sekedar reminder dan bawa bukti konfirmasi email pada saat check in.

butler
December 7, 2010 at 9:49 AM comment-delete

@fitrisafira16

heuheuheu...jgn panik, santey aja...imelin aja terus ABC nya, pasti di balas

December 12, 2010 at 7:50 PM comment-delete

hi.. saya mau nanya, boleh ya..
saya ada rencana mau ke singapura bersama suami dan teman2, alhamdulillah kita udah dpt penginepan di ABC, awalnya dpt email blsan dr mereka, cuma krn mau pindah kamar, akhirnya aku telpon lgs kesana. Walhasil, penginapan pun sudah tenang :)
Btw, bisa kasih saran gak ya, apa yang sebaiknya saya lakukan di singapura selama 3 hari? mengingat ini pertama kalinya saya kesana.
kami juga ada rencana mau ke malaysia. kalau bisa sekalian ya, saran2nya :)
terima kasih sebelumnya

adindadoey
January 8, 2011 at 7:35 PM comment-delete

@adindadoey

Wah, nginep di ABC jg ya? selamat bersempit-sempit ria ya, tapi AC nya dingiiinnn brrrr...

3 Hari di Singapura mah dah banyak waktu luang, jika boleh kasih saran :

Day 1 = Sentosa Island, jika punya berniat masuk ke Universal Studio, lebih baik seharian di sana dan malamnya bisa nonton Song Of The Sea, kemudian menjelang tengah malam bisa langsung ke Mustofa Center buat shopping

Day 2 = Pagi-pagi bisa ke Orchard Road sampai menjelang siang, untuk kemudian lanjut ke area Singapore River mengunjungi Merlion Park, Esplanade, Singapore Flyer, Marina Sands dan sekitarnya, untuk makan malam bisa dinner di pinggir sungai di Boat Quay atau Clarke Quay.

Day 3 = Bisa mulai dari daerah sekitar Bugis dan Kampong Glam, Bugis Junction/Street lanjut lagi ke Chinatown dan Little India. Atau jika ingin suasana tenang dan leyeh-leyeh, bisa ke Chinese Garden, jika masih ada sisa malam, bisa Night Safari di Singapore Zoo atau ke Suntec Mall untuk touch water di Fountain of Wealth, tapi tidak boleh terlalu malam, cm sampe jam 8an.

Untuk di Malaysia mengingat tidak ada informasi menginap di mana, ya paling ke Genting Highland dari pagi sampe menjelang sore terus makan malam di Jl. Alor Bukit Bintang atau di Petaling Street. Esoknya pagi-pagi antri tiket skybridge di Petronas Twin Tower, jika naik menara nya dapat yang sore hari, bisa menuju ke Batu Caves dulu, kemudian bisa mampir sebentar di Sultan Abdul Samad Buiding sebelum naik ke Menara Kembar. Setelah itu bisa menghabiskan malam melihat KL di atas Menara KL

demikian info nya, semoga bermanfaart

January 18, 2011 at 3:15 PM comment-delete

@butler

hi, thx ya sudah ksh info, i really appreciate it :)

adindadoey
January 19, 2011 at 2:29 PM comment-delete

@adindadoey

sama-sama, semoga bermanfaat

January 19, 2011 at 5:24 PM comment-delete

@butler

Izin bookmark n follow ya :)

adindadoey
January 20, 2011 at 10:20 AM comment-delete

@adindadoey

silahkan, terima kasih banyak

January 23, 2011 at 9:35 PM comment-delete

maaf, saya mau ke singapore akhir februari.
rencana sama temen mau nginep di ABC ini.. pas mau cari info ke websitenya kok ngga bisa ya?
websitenya ga bisa dibuka.
ada info lain mngkin?
ratenya berapa ya kalo boleh tau?

rey
January 24, 2011 at 1:53 AM comment-delete

@reynaldy
untuk website dan rate nya bisa klik link di bawah ini :

http://www.abchostel.com.sg/index-eng.php?section=accomodation

semoga bermanfaat

January 25, 2011 at 1:30 PM comment-delete

Halo, mau tanya juga ha (kayak tamu aja :p)

Saya udah cek ke beberapa web hostel katanya ini recommended buat backpacker yg masih newbie ya? saya newbie banget nih jadi butuh petuah (halah)

1. Saya udah kirim email ke sana, trus klo dijawab kita jawabnya apa ya?
2. Saya agak bermasalah klo soal kamar mandi, apakah disana kamar mandinya bersih? minimal layak untuk kamar mandi rumahan?
3. Apa yg harus dibawa sendiri klo nginep disana? apakah harus bawa handuk, selimut, alat2 mandi, gembok dll?

Makasih ya udah dijawab, maap kebanyakan nanya hehe...

PS: numpang bukmark ah :D

June 6, 2011 at 7:35 PM comment-delete

@Didiet | ぢぢえ

ABC buat kelas backpacker saya bisa bilang RECOMMENDED lah, mengingat harganya yang sangat murah dengan lokasi yang cukup strategis, dekat dengan Bugis MRT, Junction, Street dan Kampung Glam serta Masjid Sultan buat yang muslim, ada juga restoran padang di belakang, tinggal jalan beberapa meter.

1. kirim imel isinya tentang apa? ya jawab aja sesuai dengan pertanyaan dari pihak hostelnya....perlu di ingat, imel hostel itu yang baca dan membalas bisa lain2, krn biasanya dibalas oleh petugas receptionist yang jaga pada saat itu, namun tidak masalah, jawab dan ajukan pertanyaan apapun jika masih ragu, mrk biasanya membalas setiap imel dan pertanyaan yang masuk.

2. Kamar mandinya ada beberapa, baik yang toilet saja maupun shower semuanya bersih. Meskipun budget hotel aka hostel, namun kebersihan tetep meraka jaga dan jauh dari kesan dekil

3. Alat-alat mandi wajib harus dibawa, krn hostel tidak menyediakannya. Selimut tidak usah dibawa, karena disediakan oleh mereka dan akan diberikan bersamaan dengan kunci kamar saat check in. Handuk, saya lupa diberikan oleh pihak hotel atau tidak, yg jelas setiap saya ngetrip, saya selalu bawa handuk kecil dan KANEBO dalam alat2 mandi saya. Gembok sebaiknya selalu bawa untuk mengamankan barang2 pribadi kita mengingat tidur dikamar bunk bed. Lainnya, ya tergantung kebutuhan.


terima kasih sudah mampir dan jika da pertanyaan lainnya, dengan senang hati saya jawab jika saya bisa.

salam ransel

June 11, 2011 at 9:41 PM comment-delete

Permisiii...numpang nanya..hehee..
Kalo di ABC backpacker tu bisa titip bagasi setelah kita check out ga ya? Soalnya saya dapet penerbangan malam saat pulang.

Uwi
July 10, 2011 at 1:14 PM comment-delete

private room-nya ada yang kamar mandi di dalam kan ya? kalo aku lihat di pilihannya ada yang attached shower dan ada yang attached bathroom. bedanya apa ya?

tia
July 20, 2011 at 2:45 PM comment-delete

@Blog-nya Uwi

kurang tau, biasanya si hostel2 bisa titip lugage, tp coba ajah

butler
July 21, 2011 at 10:17 AM comment-delete

@tia

attached shower itu brarti cm ada shower, gk ada toilet...nah klo bathroom ada shower ada toilet jg

July 21, 2011 at 10:19 AM comment-delete

Attached shower itu kamar mandi nya di dalem kamar apa tetap kamar mandi bersama tapi ada showernya ya ?

June 12, 2017 at 2:39 PM comment-delete

Post a Comment