Malaysia ke Singapore dengan Bus

Para traveler yang mengunjungi Kuala Lumpur, Malaysia terkadang meneruskan perjalanan ke Singapore lewat darat baik itu dengan kereta ataupun dengan bus. Apabila dengan menggunakan kereta dari Kuala Lumpur maka pergilah ke KL Sentral (pusat LRT & Monorail) dan selanjutnya sambung lagi dengan kereta ke Singapore (Keppel Road) dengan jarak tempuh kurang lebih 10-11 jam. 

Untuk jadwal dan biaya perjalanan dengan menggunakan kereta bisa di lihat di website ini. Sedangkan apabila akan menggunakan bus, maka dari Kuala Lumpur pergilah ke hentian Puduraya (pusat bus di Kuala Lumpur) untuk kemudian sambung lagi ke Singapore dengan jarak tempuh antara 5-6 jam (ada yang ke Lavender bus station dan ada yang ke berbagai tempat di Singapore tergantung dengan bus apa yang digunakan (untuk jadwal dan nama-nama bus serta biaya nya bisa di lihat di website ini dan ini).

Pada saat saya berkunjung ke Malaysia (Juni, 2010) hentian bus Puduraya sedang dalam proses perbaikan dan ditutup sementara selama 4 bulan ke depan dan dipindahkan ke Bukit Jalil. Dari tempat saya menginap di daerah Masjid Jamiek, saya menggunakan LRT langsung ke Bukit Jalil (Aliran Sri Petaling-Sentul Timur) arah Sri Petaling. 

Dari Bukit Jalil saya memilih menggunakan bus Transnasional ke Singapore karena dengan pertimbangan lumayan dekat jaraknya dengan hostel tempat menginap nanti di Singapore (Terminal bus Lavender), selain itu harga tiket Transnasional merupakan yang termurah di antara yang lainnya dan yang paling penting adalah jam keberangkatan yang on time. Untuk melihat jadwal dan biaya perjalanan bus Transnasional dapat di lihat di website resminya yaitu di sini

Terminal sementara Bukit Jalil hanya digunakan sementara selama proses perbaikan Hentian Puduraya, jadi terminal ini hanya berupa sebuah lapangan yang dikelilingi oleh beberapa bangunan non permanent baik untuk tempat menunggu bus ataupun nama armada yang melayani rute ke berbagai tujuan di Malaysia maupun Singapore. 

Untuk menuju ke terminal dari station LRT Bukit Jalil keluar lah dan berjalan ke arah kanan menuju jalan besar. Berjalanlah terus ke arah kanan, lihatlah ke satu sudut yang nampak seperti ada tenda-tenda putih kurang lebih 500 meter. Karena bus yang saya gunakan adalah Transnasional maka loket tempat membeli tiket nya ada di platform 12, paling ujung sebelah kanan dari pintu terminal. Harga tiketnya RM 41 sudah termasuk biaya masuk Singapore RM 15.

Transnasional adalah bus ternama di Malaysia yang hampir melayani ke semua kota-kota di negeri jiran ini. Jumlah bus nya banyak dan jadwal perjalanan pun tepat waktu. Selain itu meskipun bus nya AC Economy namun cukup nyaman (sekelas AC Eksecutive di Indonesia). Waktu tempuh dari Bukit Jalil ke Singapore berikut waktu di imigrasi kurang lebih 5-6 jam.

Perjalanan ke Singapore dengan menggunakan bus ataupun sebaliknya akan melalui rute jalan tol menuju Imigrasi Johor Bahru dan Woodlands Checkpoint dengan 2 kali berhenti. Yang pertama untuk mempersilahkan para penumpang buang air kecil dan yang kedua untuk makan. 

Di tempat berhenti untuk makan, terdapat beberapa rumah makan yang bisa dipilih (ada jg tempat makan yang punya orang Indonesia). Selanjutnya bus akan melanjutkan perjalanan ke terminal Larkin di Johor Bahru dengan diselingi sedikit berhenti dibeberapa titik untuk menurunkan penumpang. 

Saat berhenti di Larkin, jangan turun dari bus dan sebelum melanjutkan perjalanan sopir akan memberikan kartu imigrasi, isilah dengan lengkap dan jelas. Setelah memasuki imigrasi Johor Bahru, turunlah dari bus dan bawa semua barang (untuk menghindari barang terbawa oleh bus apabila tertinggal). 

Siapkan Paspor dan potongan Kartu Imigrasi pada saat pertama kali masuk Malaysia (kartu imigrasi yang barusan diberikan oleh supir adalah digunakan untuk masuk dan keluar Singapore nanti, jadi tidak usah disertakan juga tidak masalah). 

Segeralah antri di antrian ALL PASSPORT atau FOREIGN PASSPORT untuk proses imigrasi keluar Malaysia (usahakan bergerak cepat untuk menghindari tertinggal oleh bus) dan setelah selesai segeralah turun dan cari bus yang tadi dinaiki, apabila lain hal menyebabkan tertinggal oleh bus maka tunggulah bus berikutnya dan tunjukkan karcis untuk menghindari membayar kembali. 

Bus kemudian akan melanjutkan perjalanan menuju Woodlands Checkpoint di Singapore dengan melewati jembatan pemisah antara Malaysia dan Singapore yang jaraknya sangat dekat. Setelah sampai di Woodlands, kembali turun dari bus dan untuk keamanan bawa lagi semua barang serta siapkan paspor serta kartu imigrasi yang diberikan saat di bus. Selasai proses imigrasi simpan potongan kartu imigrasi jangan sampai hilang, karena akan digunakan untuk keluar dari Singapore. Kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan ke Singapore.


Hal Penting :
  - Isilah segera kartu imigrasi dengan lengkap dan jelas
  - Jangan turun dari bus saat memasuki terminal Larkin
  - Segeralah urus imigrasi saat memasuki Johor Check Point dan Woodlands Check Point untuk menghindari
     tertinggal oleh bus
  - Potongan tiket bus jangan sampai hilang

2 comments:

How long is the journey from Hentina Puduraya to Singapore Woodlands?

April 2, 2015 at 12:31 PM comment-delete

Its gonna take around 5-6 hours

rucksack-traveler
April 2, 2015 at 1:47 PM comment-delete

Post a Comment