Singapore ke Malaysia via JB Larkin

Setelah tulisan sebelumnya tentang perjalanan dengan bus dari Malaysia ke Singapore, kali ini adalah perjalanan sebaliknya yakni dari Singapore ke Malaysia dengan bus. Sama halnya dengan dari Malaysia ke Singapore, arah sebaliknya pun bisa ditempuh dengan kereta ataupun bus. Terdapat beberapa alternatif perjalanan menggunakan bus dari Singapore menuju Malaysia. Ada yang langsung dengan mengunakan bus dari Singapore namun ada yang via Larkin Johor Bahru.

Apabila memilih alternatif menggunakan bus via Larkin Johor Bahru, maka terdapat sedikitnya dua alternatif yaitu bisa melalui Queen Street Bus Terminal (daerah Bugis) ataupun dari Kranji. Gunakanlah MRT ataupun SBS Transit (transportasi bus umum di Singapore) menuju ke dua terminal bus tersebut. Kebetulan tempat menginap saya di daerah Bugis, jadi saya ambil dari Queen Street.

Alternatif ke Malaysia via Larkin biasanya atas pertimbangan biaya, karena apabila langsung dari Singapore ke Malaysia, harga tiket harus dibeli dengan SGD, namun apabila via Larkin tiket bus bisa dibeli dengan MYR (lumayan bisa hemat bebera puluh ribu). 

Ada setidaknya 2 armada yang melayani rute Singapore Malaysia menuju Larkin yaitu CAUSEWAY LINK CW1 dan CW2 serta SBS Transit no.160. Tidak ada perbedaan di antara kedua bus tersebut hanya saja karena keterbatasan waktu, saya ambil bus Causeway Link (Express) dikarenakan SBS Transit itu berhenti dibeberapa shelter bus.

Baik Causeway Link dan SBS Transit akan berhenti di Woodlands Checkpoint untuk urusan imigrasi. Sebelum antri menuju pintu imigrasi maka terlebih dahulu isilah formulir imigrasi untuk masuk dan keluar Malaysia yang terletak di sebelah kanan escalator (harap di ingat, setiap melewati pintu imigrasi, kartu imigrasi akan selalu dipotong jadi dua bagian di mana satu untuk masuk dan satu untuk keluar), simpan kartu imigrasi tersebut untuk digunakan waktu masuk Malaysia di Johor Bahru. Segera siapkan paspor serta potongan kartu imigrasi saat masuk Singapore (bukan yang barusan di isi) dan mengantri di antrian ALL PASSPORT atau FOREIGN PASSPORT.

Naiklah kembali ke dalam bus (tidak usah bus yang sama, cukup nama armada nya saja yang sama) untuk melanjutkan perjalanan ke Imigrasi Malaysia di Johor Bahru. Bus akan berhenti di Checkpoint Johor Bahru oleh sebab itu segeralah turun untuk kembali mengurus imigrasi masuk Malaysia. Setelah selesai segeralah menuju pintu keluar dan apabila menggunakan SBS Transit maka berjalanlah ke arah escalator sebelah kiri dan apabila menggunakan Causeway Link berjalanlah ke arah escalator sebelah kanan.

Bus akan melanjutkan perjalanan ke Larkin Bus Station. Sesampainya di Larkin, biasanya banyak orang-orang atau calo-calo yang menawarkan jasa, tolaklah apabila tidak berkenan dan seandainya telah mempunyai pilihan bus maka carilah loket bus untuk melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur dan atau ke kota-kota lain di Malaysia.

Saya menggunakan bus transnasional (recommended) di mana loket bus terdapat di bagian tengah terminal namun jika tidak mau repot tiket bisa dipesan online melalui website resminya di sini atau jika mempunyai pilihan bus lain, segeralah cari loket bus yang bersangkutan. 

Harga tiket untuk melanjutkan perjalan ke Kuala Lumpur dengan Transnasional bus adalah sebesar RM 31.10 dan platform bus ada di no.10 (kebetulan saya dapat yang double dekker, tidak tahu apakah memang bus sebenarnya double dekker atau tidak mengingat menuju Singapore saya dapat bus yang biasa). Waktu tempuh bus kurang lebih 4-5 jam dan sama seperti saat menuju Singapore bus 2 kali berhenti, yang pertama untuk buang air kecil dan yang kedua untuk makan.


Info : Setelah sampai di Kuala Lumpur, perjalanan bisa dilanjutkan dengan LRT, Monorail (yang berpusat di KL Sentral) ataupun dengan bus (rapidKL) maupun Taksi.



Hal Penting : 

  - Jangan berlambat-lambat saat mengurus imigrasi untuk menghindari tertinggal oleh bus
  - Simpan selalu tiket bus untuk berjaga-jaga jika tertinggal oleh bus
  - Causeway Link ataupun SBS Transit tidak ada bedanya, hanya saja SBS akan berhenti disetiap halte
     selama perjalanan menuju Malaysia (Johor)
  - Potongan kartu imigrasi jangan sampai hilang ataupun tercecer, sebaiknya sertakan selalu didalam
     lembaran paspor

0 comments:

Post a Comment