Singapore Mass Rapid Transit (MRT)

Mass Rapid Transit atau lebih dikenal dengan nama MRT adalah kereta bawah tanah (subway) yang dikendalikan secara otomatis yang terintegrasi antara satu line dengan lainnya yang melayani rute keseluruh penjuru negeri. Ada sedikitnya 5 line utama yaitu :


- Line Merah/North South Line = Marina Bay – Jurong East
- Line Hijau/East West Line = Joo Koon – Pasir Ris, Joo Koon – Changi
- Line Ungu/North East Line = Harbourfront – Punggol
- Line Kuning/Circle Line = Harbourfront – Dhoby Ghaut
- Line Coklat/Downtown Line = Chinatown – Bugis



Kelima line tersebut terintegrasi satu dengan yang lainnya dan dihubungkan dengan Interchange station (Dhoby Ghaut, Outram Park, City Hall, Raffles Place, Jurong East dan lain-lain). Interchange station digunakan untuk transit apabila akan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya dan harus pindah line, sebagai contoh apabila hendak pergi ke Orchard Road sementara Anda berada di Bugis, maka Interchange station yang digunakan adalah City Hall.

Sistem pembayaran atau fare MRT adalah menggunakan system tap kartu elektronik disetiap kali masuk station dan keluar station dengan tarif bervariasi tergantung jarak yang akan di tempuh yang besarnya antara SGD 0,1 – SGD 2,00 (fare dapat dilihat di site resminya di sini). 

Kartu (EZ Link) dapat dibeli disetiap station MRT dengan harga SGD 15 dengan perincian SGD 10 adalah prepaid dan SGD 5 adalah unrefundable deposit untuk kartu. Selain dengan menggunakan kartu EZ Link, tiket MRT dapat berupa Singapore Tourist Pass ataupun single trip. Berbeda dengan EZ Link, Singapore Tourist Pass adalah kartu yang dapat digunakan oleh turis dengan masa/jumlah hari tertentu dengan refundable deposit. Pass ini bisa dibeli hanya dibeberapa station MRT besar seperti Dhoby Ghaut, Changi, Bugis dll dengan harga bervariasi tergantung berapa jumlah hari yang akan diambil.

MRT adalah kereta hantu bawah tanah yang dikendalikan oleh system komputerisasi modern tanpa masinis dengan system berhenti dan buka tutup serba otomatis. Kereta nya sendiri sangat nyaman dengan peta petunjuk di setiap bagian atas pintu yang akan menyala memberitahukan sedang berada di station mana dan station selanjutnya serta pintu yang akan digunakan untuk keluar. Selain peta, infomartion machine (gak tau apa nama resminya, yang jelas semacam pemberitahuan ..’next destination, the doors are closing, dll) pun sangat informative, jadi jangan kuatir tersesat ataupun terlewat asalkan kereta yang dinaiki adalah tujuan yang benar.

Hal Penting :
   - MRT adalah sarana public transportation yang nyaman dan murah untuk menjelajah Singapore
   - Semua Jalur/Line MRT terintegrasi satu dengan yang lainnya
   - Petunjuk sangat jelas dan mudah dipahami, jadi jangan takut tersesat
   - Perhatikan arah akhir tujuan MRT yang akan melewati tempat yang akan dituju

0 comments:

Post a Comment