Explore Negeri Singa (3)

Hari pertama di Singapura dihabiskan dengan berbelanja sampai larut malam di Mustafa Center (baca part 1 dan part 2). Lelah dan capek sudah pasti, mengantuk jangan pula ditanya tapi entah kenapa meskipun sudah menjelang tengah malam tapi masih ada saja teman yang belum selesai berbelanja entah apa yang sedang dicarinya. 

Berbelanja secara berantakan terpisah satu sama lain dan lupa membuat perjanjian meeting point untuk pulang menyebabkan satu sama lain saling mencari, namun untunglah mungkin karena sudah benar-benar kelelahan ternyata semua menunggu di depan pintu masuk saat pertama kali datang dengan muka-muka kumel penuh belas kasihan dengan jinjingan berkantong-kantong plastik duduk lusuh tiada berdaya.


Waktu menunjukkan sudah pukul 12 malam, bergegas ke MRT Farrer Park dan mendapati di running text info 'OUT OF SERVICE' yang artinya sudah tutup, wah...bagaimana caranya pulang sementara jika naik bus tak tahu jalur bus yang mana dan no. berapa menuju Bugis (masih ada bus-bus SBS Transit yang berseliweran). 

Akhirnya kami memutuskan untuk naik taksi dengan alih-alih bisa langsung turun di depan hostel karena sudah tidak sanggup lagi berjalan kaki, namun apa yang terjadi?? sang supir taksi tidak mengetahui hostel yang kita tuju dan akhirnya tetap harus berjalan kaki juga beberapa meter menuju hostel.

Pagi menjelang, persiapan menjelajah Singapura seharian penuh dengan jadwal yang sangat padat sudah menanti. Namun akibat kecapekan semalam akhirnya bangun kesiangan menambah derita dengan lagi-lagi harus memutar otak untuk merubah itinerary dengan komitmen tidak boleh berlama-lama disuatu tempat dan terpaksa harus dihapus beberapa diantaranya.


Sentosa Island
Pulau Sentosa adalah sebuah pulau rekreasi yang letaknya terpisah dari Pulau Utama Singapura yang didalamnya terdapat Resort World, Unviversal Studio dan beberapa atraksi hiburan seperti The Merlion, Tiger Sky Tower, Song Of The Sea, Sky Lude, Image of Singapore, 4D Magix dan lain-lain (lengkapnya bisa di buka di websitenya resminya di sini). Selain arena permainan tersebut Sentosa Island juga memiliki resort-resort di pinggir pantai seperti Siloso Beach, Palawan Beach dan Tanjong Beach.

Dari Harbourfront MRT (Vivo City) untuk menuju gate ke Sentosa Island dengan menggunakan monorail Sentosa Express langsung saja naik ke lantai 3. Dari sini untuk yang hanya akan mengunjungi Sentosa Island tanpa ingin menaiki wahana-wahana didalamnya bisa langsung saja menuju pintu masuk dengan tap EZ Link dengan tarip SGD 3, namun jika berencana menaiki wahana-wahana didalamnya antrilah di loket untuk membeli tiket kolektifnya (untuk Universal Studio disarankan booking online di website mengingat selalu sold out jika booking di tempat).




Info : Turun di Waterfront Station jika ingin ke Universal Studio, Imbiah Station jika ingin menaiki semua wahana dan Beach Station jika ingin mengunjungi Song Of The Sea dan berbau-bau beach.

Orchard Road

Salah satu maskot negeri Singapura selain Merlion ini merupakan deretan shopping center yang membentang dari utara ke selatan dan apartemen-apartemen (banyak juga yang disewakan). Puluhan Mall-mall mewah berjejer seperti The Ion, Takashimaya, Paragon dan banyak lagi dengan berbagai brand name international seperti Luis Vuitton, Giorgio Armani, Gucci, Channel dan lain-lain. Untuk para sophaholic, Orchard adalah lokasi wajib dikunjungi jika ke Singapura namun untuk yang tidak hobi belanja, Orchard sangat nyaman untuk dijelajahi hanya dengan melihat-lihat pun karena pedestrian walk yang sangat lebar, sejuk dan rindangnya pepohonan.

Selain menawarkan branded yang harganya memang tak patut untuk di kurs kan ke rupiah (karena tetap saja mahal), tidak perlu berkecil hati buat budget traveller yang ingin berbelanja. Lucky Plaza adalah pilihan yang tepat untuk berburu barang yang harganya miring sedikit dibandingkan butik-butik lainnya. Terdapat beberapa tempat yang menjual kaos dan jeans yang bisa di pilih dengan harga kurang dari 200rb saja, di antaranya Levis, Giordano, Bosini, Moschini dan lainnya. Seorang teman mendapatkan kaos Zara dengan harga 120rb an tapi lupa nama tempatnya.

Info : Naik MRT menuju Interchange Dhoby Ghaut kemudian lanjut dengan North South Line (jalur merah) menuju Orchard MRT. EXIT A untuk ke Tangs, Lucky Plaza, Paragon. EXIT D untuk ke Wisma Atria, Takashimaya.

Hal Penting :
- Beda waktu 1 jam lebih cepat dengan Indonesia, jam 7 pagi masih gelap gulita layaknya jam 6 pagi WIB
- Sempatkan minum air keran di Sentosa Island yang rasanya segar dan dingin seperti air dari kulkas
- Hafalkan jalur yang akan diambil saat tiba di Dhoby Ghaut karena Interchange ini merupakan yang terbesar tempat bertemunya semua jalur MRT
- Jangan lupa beli es potong di Orchard Road seharga SGD 1

0 comments:

Post a Comment