Singapore River Area

Perjalanan selanjutnya adalah perjalanan inti dari mengunjungi Singapura, karena kali ini banyak sekali tempat-tempat yang paling populer yang sering dikunjungi para wisatawan jika berlibur ke Singapura.  


Singapore River Area adalah satu kawasan dipinggiran Sungai Singapura yang didalamnya terdapat sekumpulan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi dari mulai Esplanade, Merlion Park, Raffless Landing Site, St. Andrew Cathedral hingga tempat makan dan dugem Boat Quay dan Clarke Quay. Kawasan ini menjadi tempat yang paling banyak di kunjungi wisatawan selain Orchard Road dan Sentosa Island dengan Universal Studionya yang akhir-akhir ini banyak menyita perhatian dan kedepannya mungkin arena judi mewah Marina Bay Sands yang tak jauh dari Merlion Park, kawasan prestigious di Singapura.

Tak Jauh dari kawasan ini terdapat Singapore Flyer yang berdiri dengan megahnya di mana kincir raksasa ini di klaim sebagai kincir terbesar di dunia mengalahkan London Eyes di Inggris. 

Merlion Park
Sebuat patung ikan berkepala singa yang menyemburkan air dari mulutnya ini adalah maskot negeri Singapura yang terkenal ke seantero dunia, tidak sah jika mengjinjak tanah Singapura jika tidak mengunjungi tempat ini. Terletak di tepi/hulu Sungai Singapura persis di depan One Fullerton Hotel dan Marina Bay Sands, Merlion Park selalu dijejali pengunjung terutama di musim-musim liburan untuk sekedar berfoto-foto ataupun menikmati pemandangan Singapura dengan gedung-gedung pencakat langitnya.

 Info : Naik MRT tujuan Raffles Place EXIT H dan kemudian ikuti petunjuk ke arah One Fullerton

Esplanade
Sering disebut juga sebagai gedung kulit durian atau mata belalang ini adalah sebuah gedung tempat pertunjukkan atau convention hall yang biasanya dipergunakan untuk manggung artis-artis terkenal dunia termasuk juga dari Indonesia. Keunikan design gedung ini dan letaknya yang persis di pinggir sungai sering disandingkan dengan Opera House di Sidney, Ausralia dan bahkan kadang disebut juga sebagai The Opera House Esplanade-Theathe on the Bay.


Info : Naik MRT tujuan Raffles Place EXIT F

Singapore Flyer
Berdiri dengan tinggi 165 meter dan dilengkapi dengan 28 capsules di mana masing-masing capsules mampu menampung 28 penumpang, Singapore Flyer tidak hanya memberikan pemandangan seluruh Singapura melainkan Indonesia dan Malaysia. Untuk menaiki wahana ini, wisatawan harus rela merogoh kocek sebesar : 




Adult: S$29.50
Child: S$20.65
Senior: S$23.60

tiket ini bisa dibeli online via website resminya di sini
Pengalaman saya menaiki Singapore Flyer di malam hari, pemandangannya kurang bagus karena hanya berupa gedung-gedung dan gemerlap lampu-lampunya. Selama hampir 30 menit di dalam kapsul lumayan cukup membosankan, mungkin jika dalam kondisi terang pagi atau sore hari, pemandangannya akan lebih baik karena bisa melihat sebagian Pulau Batam atau Malaysia. 



Info : Naik MRT tujuan City Hall EXIT G atau EXIT B untuk kemudian menunggu shuttle bus di Coleman Street 

Fountain of Wealth
Sebetulnya Fountain of Wealth letaknya sangat jauh dari river area, namun jika mengunjungi kawasan ini terutama Singapore Flyer tidak ada salahnya jika meluangkan waktu mampir ke tempat ini. Terletak di kawasan Suntec City yang merupakan shopping center terbesar di Singapura, Fountain of Wealth pada jam-jam tertentu menyajikan pertunjukan sinar laser diantara gemuruh air yang cukup menarik. Selain pertunjukan sinar laser, Fountain terbesar di dunia ini juga menawarkan satu ritual yang konon katanya bisa mengabulkan permintaan. Ritual ini berupa mengelilingi bulatan persis ditengah-tengah fountain sebanyak tiga kali dan menyentuh air mancur di dalam bulatan tersebut. Untuk info pertunjukkan sinar laser dan touch water bisa googling saja, karena saya lupa jam persisnya takut memberikan info yang salah.

(Foto diambil dari internet)
 
 Info : Naik MRT tujuan City Hall EXIT K, atau bisa jg naik MRT tujuan Promenade. Jika dari Singapore Flyer cukup berjalan kaki menuju Temasek Boulevard atau Millenia Walk dari sini sekitar 5 menit

Boat Quay dan Clarke Quay
Tempat makan seafood dan dugem dengan panorama pinggir sungai Singapura ini akan ramai sekali dikala malam minggu tiba. Berbeda dengan Clarke Quay yang terkesan lebih berkelas, Boat Quay hanyalah cafe-cafe, tempat makan dan bar yang lebih sederhana yang letaknya persis dibibir sungai yang sesekali terdapat perahu-perahu hias yang melintas berdesign macam-macam dengan perempuan yang melambai-lambaikan tangan diiringi alunan musik. Menu makanan yang tersedia adalah aneka seafood dengan ukuran yang jumbo serta berbagai menu-menu lainnya.

Lain Boat lain pula Clarke, selain tempatnya lebih ekslusif, di area ini banyak sekali bertebaran bar-bar dan tempat dugem bagi pecinta clubbing menghabiskan malam. Sayangnya, saya tidak mencoba makan di kedua tempat ini, jadi tidak bisa merecommendasikan apapun.

(Photo dari Keropok.com)

Info : Naik MRT tujuan Clarke Quay EXIT C untuk Clarke Quay, Naik MRT tujuan Raffles Place EXIT G untuk Boat Quay



Selain tempat-tempat tersebut di atas, masih ada beberapa landmark-landmark Singapura yang bisa sekalian dikunjungi jika ke river area. Tempat-tempat ini tidak saya review karena hanya berupa bangunan atau landmark yang terkadang orang melewatkannya jika tidak mempunyai cukup waktu. Beberapa tempat tersebut sesuai dengan rute yang menurut saya ideal diantaranya adalah (optional, jadi bisa didelete beberapa tergantung interest masing-masing) :

--> War Memorial Park --> St. Andrew's Cathedral --> City Hall --> Supreme Court --> Parliament House -->  Landing Thomas Site/Stamford Raffles Statue --> Asian Civilisation Museum --> Lim Bo Seng Memorial --> Cenotaph -- > Esplanade --> One Fullerton --> Merlion Park --> Singapore Flyer (optional tergantung destinasi selanjutnya)

Jika ingin makan malam dan clubbing dan masih sanggup untuk berjalan kaki maka dari Merlion Park bisa dilanjutkan ke Boat Quay dan Clarke Quay dengan pertimbangan Singapore Flyer dan Fountain of Wealth tidak berada dalam hari yang sama (banyak yang bisa dijumpai kok selama perjalanan menuju kedua tempat ini). Namun jika sudah kelelahan dan masih terdapat waktu sebaiknya pada hari berikutnya mengingat jika dipaksakan transportasinya lumayan ribet yaitu naik MRT ke Rafless Place menuju Dhoby Ghaut kemudian lanjut ke Clarke Quay ataupun dengan naik taksi.

Mengingat jarak dari Merlion Park ke Boat dan Clarke Quay lumayan jauh dan jika sudah ke Boat dan Clarke untuk kembali lagi ke Singapore Flyer sangat jauh dan pertunjukkan Sinar Laser Fountain of Wealth hanya ada di malam hari saja. Maka pertimbangkan untuk mengunjungi Fountain of Wealth dihari yang berbeda atau Singapore Flyer dan Fountain of Wealth bisa digabung dalam destinasi yang sama karena jaraknya yang tidak begitu jauh dan bisa sekalian berbelanja di Suntec City ataupun CitiLink.

Hal Penting : 
- Bawalah air minum secukupnya karena perjalanan mengelilingi River Area ini lumayan melelahkan
- Makan malam di Boat ataupun Clarke Quay pemandangannya sangat bagus
- Buat yang percaya, boleh dicoba ritual 'touch water' nya fountain of wealth
- Jangan lupa beli juice persis di belakang Esplanade dan samping Outdoor Theatre, rasanya enak tapi saya lupa apa namanya

0 comments:

Post a Comment