Sobek Sobek Ayung Rafting

Arti judul di atas adalah rafting di sungai ayung bersama penyedia jasa rafting bernama 'SOBEK di daerah Ubud, Bali'. Sebuah penyedia jasa petualangan di Bali yang di antaranya adalah rafting (untuk lebih lengkapnya bisa di liat di website resmi nya di sini). Untuk biaya rafting sendiri dikenakan per pax seharga kurang lebih IDR200.000-350.000 dengan paket perlengkapan rafting (life jacket, helm, dayung), asuransi, guide dan makan 1 kali.


Sebelum memulai petualangan di Sungai Ayung, peserta yang terdiri dari 4-5 orang (tidak boleh lebih untuk alasan keamanan) diberikan perlengkapan rafting, tas anti air serta seorang guide yang akan memandu selama 2jam perjalanan mengarungi arus sungai berlevel 1-2 ini. Kemudian bergerak menuju lokasi dengan terlebih dahulu menuruni lembah terjal dengan anak tangga berjumlah 500 buah lebih!, yah betul sekali, 500 buah anak tangga harus dilalui menurun menuju titik permulaan rafting.

Sesampainya di garis start, peserta diberikan penjelasan mengenai teknik dasar rafting mulai dari cara berenang apabila terjatuh, memegang dayung, mengayuh dayung maju dan mundur dan dasar-dasar keamanan di sungai lainnya.

Perjalanan mengarungi Sungai Ayung sangat menakjubkan dengan disuguhi pahatan-pahatan batu di kanan kiri sungai diapit hijaunya pepohanan dan tebing serta resort-resort yang berjejer sangat cantik dengan jeram-jeram yang lumayan menantang tentunya. Air terjun tak luput menjadi pemandangan lainnya yang dilewati dan sesekali guide nya iseng menyetir perahu kearah air terjun sehingga badan terguyur merasakan body massage yang aduhay bohay.

Setelah jeram demi jeram dan pit stop dilalui (ada beberapa pemberhentian untuk sekedar istirahat sambil minum air kelapa muda seharga IDR5.000) sambil sesekali bermain air menciprati perahu-perahu lainnya, petualangan di akhiri dengan menceburkan diri ke dalam sungai untuk kemudian istirahat dan makan di pos pemberhentian terakhir.



Hal Penting :
- Ikuti setiap instruksi yang diberikan guide/pemandu untuk keamanan selama rafting
- Apabila terjatuh, jangan panik namun usahakan tetap tenang karena guide dan peserta lainnya pasti akan menolong dengan segera
- Sobek adalah penyedia jasa adventure di Bali yang sangat terkenal (bukan promosi tapi mengabarkan saja)
- Semua peralatan elektronik baik HP maupun Kamera dan dompet akan dimasukan ke dalam tas anti air dan disertakan di dalam satu perahu, jadi jangan ragu untuk membawanya
- Ruang bilas terdapat di pos pemberhentian terakhir setelah berjalan agak menanjak dari pos pemberhentian di sungai kurang lebih 30 menit
- Terdapat photographer yang akan membidik setiap perahu saat melalui jeram, oleh karena itu jangan lupa untuk berpose senarsis mungkin untuk hasil yang terbaik (di upload di efbeh pasti keren buat pamer)
- Foto hasil jepretan tersebut bisa dibawa pulang dengan membayar IDR45.000 di pos pemberhentian terakhir tempat bilas

0 comments:

Post a Comment