Batu Night Spectacular

Kota Batu selain terkenal dengan apel dan dinginnya juga terdapat banyak objek wisata yang dapat di kunjungi untuk berlibur bersama keluarga, pasangan maupun teman dan kerabat. Sebut saja Selekta, Songgoriti, Argo Wisata, Pulau Sempu, Air Terjun Coban Rondo, Jatim Park 1&2 dan Batu Night Spectacular (BNS). Yang terakhir inilah yang menjadi pilihan saya untuk menghabiskan malam di Batu.

Berangkat dari Malang pukul 16:00 dengan menggunakan angkutan umum (AL) menuju Landung Sari, tadi nya tujuan saya adalah Argo Wisata dan BNS dengan harapan masih bisa untuk wisata petik apel di Kusuma Argo Wisata, namun berdasarkan informasi dari supir angkutan umum wisata argo tutup menjelang pukul 18:00, jadi kemungkinan besar saat saya tiba di Batu, objek wisata tersebut sudah tutup.

Setelah ngobrol panjang lebar dengan Pak Sopir disepanjang perjalanan menuju Batu, akhirnya saya memutuskan untuk langsung mengunjungi BNS dan minta diantarkan langsung menuju BNS dengan ongkos IDR25.000 bertiga (jalur normal nya adalah dari Terminal Landung Sari menuju Terminal Batu (IDR3.000) untuk kemudian lanjut lagi dengan ojek (IDR5.000) atau taxi meter).

Berdasarkan keterangan dari pak sopir pula saya dapat kepastian informasi bahwa angkutan umum dari Batu menuju Malang setelah jam 9 malam itu jarang, dan kalaupun ada harus menunggu lama hingga 1 jam. Dengan berbaik hati, pak sopir memberikan mobile phone number nya jika saya tidak mendapatkan kendaraan umum dan bahkan beliau bersedia mengantarkan saya keliling kota Batu jika saya mau. jreng..jreng...tenang sudah hati saya dan bisa menikmati udara Batu yang dingin dengan penuh leluasa tanpa takut tidak bisa kembali ke Malang.

Batu Night Spectacular (BNS) adalah tempat rekreasi yang didalamnya terdapat wahana-wahana seperti Sepeda Gila, Rumah Hantu, Ali Baba, Kursi Terbang, Go Kart, Ice Skating, Mini Roller Coaster (ngarang karena lupa nama aslinya) dan Lampion Garden. Oiya, di BNS juga terdapat Food Court, Night Market dan pertunjukan Dancing Water dan Laser.

Harga tiket masuk nya IDR15.000 dan untuk menaiki wahana di dalamnya, tiket masuk nya seharga IDR10.000 (harga per end of the year, normalnya saya kurang tau). Di antara semua wahana, saya hanya tertarik memasuki Lampion Garden dan ternyata setelah masuk, lampion-lampion di dalamnya bagus-bagus dan terawat rapi.

Jangan lewatkan pertunjukan Laser dan Dancing Water di food court area, jadi pukul 20:30 diharuskan sudah berada di area tersebut agar tidak ketinggalan (terdapat 2 kali pertunjukan yaitu pukul 20:30 dan 22:30). Laser Show dan Dancing Water di BNS ini lebih heboh jika dibandingkan dengan yang ada di Grand Indonesia, Jakarta dengan di iringi alunan musik yang meledak-ledak, what a nice show!

Food Court di BNS menggunakan sistem kartu dalam setiap pembayaran di masing-masing kios nya, jadi tukarkan uang Anda di kasir minimal IDR50.000 untuk kemudian di gesek dimesin yang berada di setiap kios sebagai metode pembayarannya. Jika sudah selesai, maka kembalikan kartu tersebut dan sisa saldo nya akan dikembalikan.

Menjelang pukul 22:00, saya memutuskan untuk kembali ke Malang karena bosan sudah mulai menghinggapi setelah berputar-putar di BNS area yang tidak terlalu besar, namun sungguh malang karena cellphone saya batere nya habis sehingga tidak bisa menghubungi pak sopir angkutan umum yang tadi sore bersedia mengantarkan saya kembali ke Malang. What an unlucky night! akhirnya saya menelpon taxi untuk kembali ke Malang dengan melewati jalanan yang sungguh sangat sepi dan sedikit horor. Cerita selengkapnya, di postingan selanjutnya.

Hal Penting :
- Jatim Park 1&2 tidak terlalu jauh dari BNS, jadi untuk yang berencana mengunjungi Jatim Park, malamnya bisa langsung ke BNS
- BNS tutup hingga jam 12 malam
- Masuk lah ke Lampion Garden untuk melihat warna-warni lampion dengan berbagai macam bentuk
- Untuk yang tidak membawa kendaraan pribadi, tidak usah khawatir karena orang Malang dan Batu itu baik-baik, tinggal ngobrol saja dengan pak sopir angkutan dan biasanya dengan suka rela mereka menawarkan diri untuk mengantar. Atau gunakan taxi meter jika ingin lebih nyaman.
- Layanan taxi bisa di telp di no. 4747

asyik emang di batu suasananya yang d1ingin dan mendukung. jadi ingin kesana lagi

salam juga dari magetan dengan pesona wisatanya

July 23, 2011 at 9:22 PM comment-delete

@Pesona Wisata dan Kerajinan Magetan 2011

betul sekali, dingin dan segar....