Bobo Ho dan Jarjit


Setelah sehari menginjakkan kaki di Penang, agenda saya adalah mengunjungi Kok Lek Si Temple dan Penang hill untuk kemudian berkeliling di Heritage Site Georgetown dan makan malam di Gurney Drive. Sehari sebelumnya saat tiba di Komtar Tower, saya ditolong oleh Jarjit dewasa yang begitu saya menanyakan di mana letak terminal Rapid Penang, dengan semangat sang jarjit mengantarkan saya bahkan ketika saya bilang tidak usah repot dan hanya minta ditunjukkan arahnya saja pun dia menolak dan memilih mengantarkan saya langsung. What a nice person!

Jarjit dalam bahasa saya adalah orang keturunan India, saya lebih suka memanggil mereka jarjit karena teringat akan tokoh kartun dalam serial Upin dan Ipin yang juga memang adalah keturunan India. Di hari kedua kembali saya di tolong Jarjit yang kali ini tampangnya lumayan menakutkan, dengan memakai tanda putih di dahi nya, dia membawa saya melihat peta saat saya menanyakan No. bus yang harus saya naiki menuju Kek Lok Si Temple. Nice nice nice…

Tadinya saya pikir dia mau membawa saya kemana, karena tidak ada sedikitpun senyum yang tercipta, namun rupanya dia menunjukkan no. bus dan jalurnya, padahal saya sudah paranoid duluan karena di hari sebelumnya saya tertipu oleh seorang tionghoa di Burmese Temple yang meminta bayaran saat saya minta pertolongan untuk mengambilkan gambar saya tapi kemudian tanpa disuruh dia menjelaskan panjang lebar temple tersebut dan tempat-tempat di Cameron Highland dan bersedia mengantarkan jika saya mau kesana! NO THANKS, NO THANKS….benar saja alarm saya berbunyi di kepala saat saya mau keluar temple dia tiba-tiba meminta tips! What a bad day!

Dalam perjalanan menuju Gurney Drive dengan kaki, akibat salah arah dan tidak membawa peta, akhirnya saya menyerah menebak-nebak di mana letak Gurney Drive dan memutuskan mencegat dengan paksa seorang bocah seumuran anak SMP yang mirip sekali dengan Bobo Ho dan menanyainya kemana arah Gurney Drive. Dengan English yang terbata-bata, dia malah mengajak saya berjalan sama-sama menuju Gurney karena kebetulan katanya arah rumah dia searah Gurney Drive..nice nice nice again.

Bobo Ho yang pemalu dan Jarjit yang talk active menjadi penolong saya saat itu dan menghapus kekesalan atas kejadian di Burmese Temple sebelumnya. Dibalik kejadian ada hikmahnya dan saya mendapatkan arti yang sesungguhnya dibayar kontan oleh Tuhan.

Hal Penting
- Jangan mudah percaya dengan orang yang hendak berbuat baik, tetap waspada tapi jangan negative thingking berlebihan
- Waspada dan jaga diri baik-baik dalam setiap berinteraksi dengan siapapun terutama orang asing

0 comments:

Post a Comment