JJ Market aka Chatuchak Weekend Market


Bagi yang mempunya hobby belanja murah dan kebetulan sedang berada di Bangkok di akhir pekan, tidak ada salahnya datang berkunjung ke Chatuchak Market (baca Jatujak) atau juga dikenal dengan sebutan JJ Market.

Pasar seluas 27 acre ini terdiri dari 27 section yang disetiap section nya merupakan jenis barang yang di jual, misalkan accecories, fashion, decoration, plants, dan lain-lain, jadi perhatikan no.sectionnya untuk mencari barang yang diinginkan.

Usahakan datang ke tempat ini pada pagi hari, mengingat cuaca yang sangat panas dan cukup luas nya pasar serta jam buka pasar ini hanya sampai dengan pukul 6pm dari jam 9am.

Harga barang-barang di tempat ini bervariasi tinggal tergantung kemahiran ilmu tawar menawar saja, aneka kaos bisa di jual dari mulai 100-250 Baht, kain khas Thailand dari mulai 450-950 Baht (tergantung berapa meter nya), tas wanita 350-650 Baht, dan lain-lain.

Silahkan berkeliling sesuka kaki melangkah menyusuri setiap kios untuk mendapatkan barang apapun yang Anda cari, karena sampai dengan aneka binatang pun di jual di sini.

Saya melihat ada anjing kecil entah jenis apa namanya yang cukup lucu karena sepertinya saya baru pertama kali melihat jenis anjing tersebut.

Pasar ini sangat ramai dikunjungi turis-turis yang biasanya berburu pernah-pernik dan aneka produk kerajinan tangan, namun hati-hati untuk tidak merokok di pasar ini karena jika tidak, Anda akan kena denda sebesar 2.000 Baht.



Hati-hati pula untuk tidak tersesat di dalam pasar ini mengingat luasnya yang sebesar lapangan bola, oleh karena itu jangan lupa sebelum memasuki area pasar, mampir terlebih dahulu di pusat informasi untuk mendapatkan peta lokasi dan apabila beruntung, petugasnya akan dengan sangat baik menjelaskan seluk beluk pasar.

Pada waktu saya meminta peta, petugasnya langsung bertanya.
- Petugas : Ever been here?
- Saya : Nope, Its my 1st time
Mendengar jawaban saya, petugasnya langsung berapi-api bersiap-siap menjelaskan pasar
- Saya : No, u dont need to explain it to me, i'll find my self! (karena saya tidak punya cukup banyak waktu harus mengejar pesawat di sore harinya)
- Petugas : Where are u from, timpalnya (mungkin dia berpikir, belagu bangat ni orang!)
- Saya : Indonesia
- Petugas : Okay, I hope u survive
- Saya : Sure, Kabkunkab, saya sambil berlalu.

Tersasarkah saya karena tidak mau mendengarkan penjelasan sang petugas? jawabannya, tentu iya! tapi dengan sangat mudah saya kembali ke jalan yang benar, karena patokan saya adalah Clock Tower yang ada di tengah-tengah pasar. Jadi kemanapun saya melangkah, apabila saya bingung, saya akan memburu Clock Tower untuk kemudian mencari jalan yang tepat mencari benda yang saya cari.

Untuk mencapai tempat ini sangat mudah, karena tersedia transportasi umum seperti bus, BTS (Mo Chit) dan MRT (Chatuchak Park), dari sini tinggal melangkah beberapa meter sudah memasuki area pasar.


Hal Penting
- Chatuchak Market sangat luas, jadi bawalah selalu peta atau hafalkan darimana tadi Anda masuk untuk memudahkan saat akan keluar

- Tawarlah harga-harga barang serendah mungkin, jangan kalah saing dengan para pedagangnya, minimal 50% saat menawar.

- Banyak terdapat aneka jajanan pasar di sini (saya makan nasi ketan hijau dengan kelapa, lezaat!), namun tetap berhati-hati bagi para Muslim karena kadar kebabian aneka jajanan ini tidak bisa dipertanggungjawabkan

- Pasar ini cukup luas dan panas, jadi persiapkan diri Anda dengan baik dan jaga diri jangan sampai tersesat

- Untuk menghemat waktu, carilah barang yang dibutuhkan berdasarkan No.Section nya di peta dan cocokkan disetiap blok nya no.section yang dimaksud karena no.tersebut tergantung dengan jelas di atas atap.

0 comments:

Post a Comment