Thanon Khao San Vs Soi Rambuttri



Khao San Road atau dalam bahasa setempat adalah Thanon Khao San yang merupakan pusat berkumpulnya para backpacker International dari berbagai bangsa.

Tidak heran memang karena kawasan ini begitu ramai dengan cafe, bar, penginapan, jajanan pasar, money changer, toko-toko souvenir dan lain-lain.

Padahal kawasan ini adalah hanya sebentuk jalan yang di kanan-kirinya terdiri dari bangunan yang kemudian di sulap menjadi tempat-tempat penginapan dan cafe.

Saat menjelang malam, Khao San Road hanya dikhususkan untuk para pejalan kaki karena jalannya ditutup untuk kendaraan yang melintas dan akan bertambah ramai saat malam kian datang.

Hingar bingar music dan para pengunjung yang mayoritas adalah bule mulai berpesta dan bertengger di cafe-cafe di sepanjang jalan ini menikmati suasana malam kota Bangkok, berisik dan sangat ramai.
 
Tidak lupa pula para tukang tuk-tuk dan pedagang jajanan yang biasanya juga ikutan berpesta panen. Begitu hidupnya tempat ini dan entah berapa banyak jumlah baht yang dikeluarkan dari kantong-kantong para turis di sini setiap malamnya.

Tidak jauh dari Thanon Khao San terdapat satu lagi tempat yang juga dijubeli para turis yang lagi-lagi mayoritas adalah bule yaitu Soi Rambuttri.

Jalan ini letaknya hanya beberapa meter saja dari Khao San dan persis di samping Wat Chana Songkran dan tidak kalah ramai oleh cafe-cafe, penginapan bahkan pijat tradisional khas Thailand yang terkenal.

Namun dibandingkan dengan Thanon Khao San, Soi Rambuttri jauh lebih tenang dengan tata cahaya yang redup remang-remang menjadikan tempat ini sangat nyaman hanya untuk sekedar duduk-duduk menikmati malam.




Hal Penting
- Hati-hati dengan tuk-tuk, mereka sudah ahli bermain harga dan jangan bertanya arah jalan dengan orang-orang di sekitar sini, karena mereka akan menunjukkan arah yang lebih jauh jika tahu kita akan berjalan kaki (sepertinya mereka sudah berkolaborasi dengan para supir tuk-tuk).

- Harap berhati-hati lagi buat para Muslim jika akan makan di tempat ini baik yang terdapat di cafe-cafe maupun jajanan pasar, karena mayoritas mengandung pork.

- Sempatkan menikmati suasana malam di kedua jalan ini, dan bandingkan perbedaannya, saya lebih suka Soi Rambuttri karena lebih tenang

- Thai Massage di Soi Rambuttri seharga 100 Baht per 30 menit dan banyak sekali berjejer di pinggir jalanan Soi Rambuttri

0 comments:

Post a Comment