Kek Lok Si Temple dan Penang Hill


Berbekal peta dan informasi dari jarjit sebelumnya (baca di sini), saya menaiki bus Rapid Penang No. 203 dari Komtar Tower dengan ongkos MYR 2,00. Perjalanan menempuh waktu kurang lebih 30-45 menit dan pastikan minta diturunkan didekat Kek Lok Si Temple sama supir nya. Berdasarkan informasi dari Jarjit yang seorang petugas di terminal Komtar, ada sedikitnya 3 bus yang melewati Kek Lok Si Temple ini namun saya lupa no.berapa saja bus nya.

Kek Lok Si Temple adalah komplek kuil budha di mana terdapat patung Dewi Kwan In dan Pagoda yang sangat besar di puncak bukit, untuk menaiki ke dua nya diperlukan tiket masuk seharga MYR 4,00 untuk area Dewi Kwan In dan MYR 6,00 untuk naik ke Pagoda (saya tidak naik ke Pagoda).

Sayang nya untuk memasuki kawasan ini, tidak terdapat gerbang khusus sebagai entrance resmi yang bisa dijadikan patokan. Entahlah apakah karena saya salah turun di halte rapid atau karena bus yang saya naiki tidak melewati persis gerbang Kek Lok Si atau karena informasi dari warga setempat yang berbeda satu sama lainnya, jadinya saya harus berjalan kesana kemari mencari-cari pintu masuknya.

Saya menemukan sebuah lorong yang banyak sekali terdapat penjual baju-baju dan souvenir dan di ujung lorong barulah tampak bangunan yang ternyata adalah akses menuju Kek Lok Si. Temple ini lumayan luas dengan kontur tanah yang berundak-undak,jadinya akan banyak sekali naik dan turun tangga.

Patung Dewi Kwan In yang terdapat di puncak, sekarang ini dipayungi sebuah bangunan yang di jaga oleh dua buah patung penjaga di kanan dan kiri nya. Dari atas puncak bukit ini kita dapat menyaksikan pemandangan kota Georgetown dengan Komtar Tower yang menjadi landmarknya. Untuk menuju ke puncak ini, pengunjung diharuskan naik sebuah lift yang berjalan mendaki dengan kemiringan mungkin 45 derajat dengan ongkos MYR 4,00. Simpan tiket ini karena akan digunakan kembali untuk menaiki lift untuk turun.

Dari Kek Lok Si, saya berencana melanjutkan ke Penang Hill yang memang jaraknya tidak terlalu jauh, tinggal berjalan kaki beberapa ratus meter, Penang Hill sudah bisa dijangkau. Penang Hill berada di sebuah bukit bernama Bukit Bendera, dan dari Komtar Tower terdapat Rapid Penang yang langsung menuju Penang Hill No.204 harganya MYR 2,00. Sayangnya Penang Hill masih dalam tahap renovasi saat saya ke sana, sehingga saya tidak dapat menaiki trem kereta yang membawa ke puncak bukit.

Pilih waktu pagi untuk mengunjungi kedua tempat ini agar bisa lebih leluasa menjelajahi setiap sudutnya karena keduanya memiliki waktu kunjung sendiri-sendiri.


Hal Penting
- Kek Lok Si Temple dibuka untuk umum dari pagi sampai dengan pukul 6pm waktu setempat
- Jam buka Penang Hill lebih malam dibandingkan Kek Lok Si Temple sehingga sangat cocok urutannya jika terlebih dahulu mengunjungi Kek Lok Si
- Tiket masuk Kek Lok Si Temple gratis, namun diharuskan membayar jika ingin ke area Dewi Kwan In dan Pagoda
- Terdapat banyak sekali tempat makan tidak jauh dari Kek Lok Si Temple, namun karena kebanyakan pemiliknya adalah Chinese, saya tidak berani makan di tempat tersebut. Bukan alasan etnis/rasis tapi karena jenis makanan yang mereka jual yang kemungkinan besar mengandung Pork.

0 comments:

Post a Comment