Penang Heritage Site


Berkunjung ke Penang belum lengkap rasanya jika tidak berkeliling ke heritage site yang di bagi menjadi dua bagian yaitu Historical dan Religius. Historical site terletak di sepanjang pinggir pantai sedangkan religious site terletak agak di dalam area kota Georgetown.

Untuk berkeliling kawasan ini, dapat menumpang free shuttle bus (CAT) dengan start awal di kawasan Jetty, namun karena bus nya lama, saya cuma memanfaatkan bus ini sekali saja sedangkan sisanya saya berjalan kaki menyusuri seluruh kawasan Georgetown bersama dengan para traveler lainnya.

Historical Site di antaranya saya mengunjungi Town Hall, Port Cornwallis, City Hall, War Memorial, Court Building, Clock Tower, Wisma Kastam, Church Street Pier, Cheong Fat Tze Mansion, dan lain-lain. Sedangkan Religious site saya mengunjungi Mesjid Keling, Sr. George Church, Goddess of Mercy Temple, Mahariamman Temple, Teochew Temple, Cheah Kongsi, Yap Kongsi Temple, Hainan Temple dan lain-lain (tidak ingat lagi apa nama-namanya).

Untuk berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya, tinggal bermodalkan peta yang bisa diambil di airport, dan jika tidak sanggup berjalan kaki, tinggal menunggu free shuttle bus yang berhenti di tiap titik permberhentian ataupun menyewa becak penang yang juga tidak kalah heboh penampilannya dengan becak-becak yang ada di Melaka.

Tidak usah khawatir akan merasa sendirian jika memutuskan berjalan kaki, karena banyak sekali traveler-traveler yang memang kebanyakan bule juga berjalan kaki mengelilingi tempat ini. Saya beberapa kali bertemu dengan bule yang saya temui di satu tempat dan bertemu lagi di tempat lainnya.

Secara keseluruhan Georgetown sangat walkable mengingat jarak antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya tidak terlalu berjauhan, cuma memang bagi yang tidak terbiasa berjalan kaki saya sarankan untuk mengkombinasikan dengan free shuttle dan becak.

  
Hal Penting
- Jangan lupa memakai sunblock, karena udara Penang sangat panas layaknya Jakarta dan bawa air minum
- Free Shuttle Bus sama persis dengan Bus Rapid Penang, bedanya di depan bus tidak terdapat no.bus nya
- Jangan lupa membawa peta untuk berkeliling

0 comments:

Post a Comment