Pesona Lantau Island Hongkong (Edisi Big Budha)

Jika saja tidak terdapat Hongkong International Airport, Big Budha dan Disneyland, Pulau Lantau mungkin akan menjadi kawasan pedesaan yang tidak akan banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun international. 

Sebagai pintu masuk Hongkong lewat jalur udara, Lantau di poles dengan berbagai infrastruktur dan prasarana penunjang tujuan pariwisata yang bisa di bilang tidak main-main.

Sebut saja Disneyland yang dijadikan sebagai kawasan wajib kunjungan bagi setiap orang yang berkunjung ke Hongkong, atau Big Budha dengan cable car nya yang melintasi lautan, pegunungan dan lembah-lembah Lantau yang hijau. Bahkan kabin-kabin nya pun ada yang dinamakan Crystal Cabin, sebuah kabin yang keseluruhannya terbuat dari kaca. Cemerlang!

Berbeda dengan Hong Kong maupun Kowloon yang penuh sesak dengan hutan beton, Lantau menghijau dengan bukit-bukitnya yang asri, 'beautiful country side' begitulah gumam seorang bule dari United States yang berada satu kabin menuju Big Budha...uhmmm, benar juga.

Jika di Kowloon dan Hong Kong Island naik MRT tidak bisa melihat apapun karena berada di bawah tanah, lainnya halnya di Lantau. Pemandangan Hongkong begitu indah dengan apartemen-apartemen dan beberapa bukit hijau dibelah lautan menjadikan bagian-bagian kecil sebuah pulau, what a country!. 

Berikut sebagian tempat-tempat wisata yang berada di Lantau Island :

Ngong Ping 360' Big Budha atau Giant Budha
Big Budha
Terletak di puncak sebuah bukit yang hijau dan sunyi, tempat ini memang sangat cocok untuk para biksu, jauh dari hingar bingar kota yang semrawut dengan segala modernisasi nya. 

Untuk menuju Big Budha ini terdapat 2 cara, yaitu dengan cable car dan bus dari Tung Chung MTR Station jalur kuning. 

Jika dari Hongkong Island, cara termudah adalah naik MTR dari Central langsung menuju Tung Chung (jalur kuning, jangan jalur hijau tua).

Jika dari Kowloon maka naik MTR jalur merah dan ganti MTR di station Lai King menuju Tung Chung di jalur kuning (lihat peta MTR). 


Sangat mudah menemukan terminal cable car ini, karena begitu keluar B ikuti saja petunjuk yang bertuliskan Ngong Ping 360', maka akan terlihat sebuah bangunan tinggi dengan sebuah esklator panjang dibagian depannya. 

Bagi Anda yang belum sarapan atau makan siang, tidak usah khawatir, karena station Tung Chung adalah merupakan shopping center bernama 'Citygate Outlets' yang di dalamnya terdapat foodcourt dan juga tempat belanja Factory Outlet brand-brand International, sebut saja Giordano,Esprit, Benetton, Calvin Klien, Armani Exchange, dan lain-lain dengan harga yang cukup murah.

Jalur Trekking Big Budha
Untuk yang hendak menaiki bus menuju Big Budha, terminal nya terdapat tidak jauh dari cable car terminal ini. Waktu tempuh cable car sekali jalan kurang lebih 30 menit sedangkan waktu tempuh dengan menggunakan bus kurang lebih 1 jam. 

Rasakan sensasi menaiki cable car ini karena dengan ketinggiannya dapat melihat bandara Hongkong dan lautan serta hutan-hutan perbukitan yang ada di bawahnya. sementara untuk bus, pemandangan jalanan berkelok-kelok mendaki dan menuruni tebing.

Untuk menuju patung Big Budha nya sendiri, pengunjung harus berjalan kaki melewati bangunan-bangunan yang merupakan tempat makan, souvenir dan beberapa atraksi sampai menuju pelataran patung dan meniti anak tangga yang berjumlah kurang lebih 200an (CMIIW) menuju puncak. 

Big Budha sendiri layaknya stupa di Candi Borobudur yang dikelilingi stupa2 kecil. Bedanya yang mengelilingi Big Budha ini adalah patung dewi-dewi yang sedang mempersembahkan sesuatu kepada sang budha. Saya kurang memahami philosopy nya. 

Tak jauh dari Big Budha, terdapat juga Wisdom of Path yang merupakan suatu tempat di mana terdapat potongan-potongan kayu besar yang ditanam menyerupai batu nisan (versi saya) dalam skala yang jauh lebih tinggi dan bertuliskan kaligrafi huruf kanji china. Tempat ini sangat sepi sekali dan berada di bawah sebuah bukit. 
Wisdom of Path, Big Budha

Citygate Outlets


- HAPPY TRAVELING -

Hal Penting
- Tiket cable car bisa di booking di website nya di sini : Ngong Ping 360' , namun saya lebih menyarankan untuk booking di hotel tempat menginap karena harganya jauh lebih murah, saya booking tiket standard cabin return via Dragon Hostel seharga HKD 98.

- Mayoritas hotel-hotel maupun hostel/guesthouse menjual tiket cable car ini baik untuk standard cabin maupun crystal cabin dan jangan khawatir karena tiket ini resmi dan dapat langsung digunakan saat tiba di cable car station tanpa harus mengantri lagi membeli tiket, tinggal lansung menuju loket untuk di check barcode nya. Hemat waktu

-  Perhatikan cuaca sebelum mengunjungi Big Budha ini, mengingat Hongkong terkenal dengan badai topan yang sering melanda, ada kemungkinan cable car ini ditutup untuk umum sampai kondisi dinyatakan aman.

- Jika Anda seorang adventurer dan trekker sejati, tidak ada salahnya untuk mencoba jalur trekking menuju Big Budha ini yang membelah hutan-hutan disepanjang perbukitan hijau

0 comments:

Post a Comment