Membelah Laut Bersama First Ferry

Hongkong dan Macau merupakan dua wilayah China yang mendapatkan hak khusus untuk mengatur administrasi sendiri atau di kenal dengan Special Administration Region (SAR). 

Dua wilayah khusus ini dipisahkan sebuah selat yang jika diarungin dengan kapal cepat/ferry (speed boat) hanya akan memakan waktu kurang lebih 1 jam. 

Dan dikarenakan keduanya merupakan sebuah negara terpisah, maka tetap berlaku sistem keimigrasian untuk masuk dan keluar antar kedua negara.

Ada beberapa pelabuhan tempat lalu lintas kedua negara ini, di antaranya : Macau Ferry Terminal (Macau Downtown) dan Macau Taipa Terminal (Airport) di sisi Macau, China Ferry Terminal (Kowloon) dan Hongkong Ferry Terminal (Hongkong Island di sisi Hongkong, serta Shekou Ferry Terminal di sisi Shenzhen (Mainland). 

Di antara semua Ferry Terminal tersebut semua nya terintegrasi dengan baik dan dilayani dengan berbagai perusahaan jasa penyebrangan, sebut saja New World First Ferry yang melayani rute Macau Ferry Terminal di Macau Peninsula/Macau Downtown menuju China Ferry Terminal di Kowloon Hongkong, atau Turbo Jet dari Macau Ferry Terminal menuju Hongkong Ferry Terminal di Hongkong Island.

Koridor First Ferry
Selain dua rute yang paling banyak digunakan, terdapat juga rute-rute lainnya, seperti Macau-Shekou, Hongkong-Shekou, Macau Taipa-Kowloon/Hongkong, Macau Taipa-Hongkong Island. 

Jadi sangat memungkinkan jika Anda ingin bepergian mengelilingi China bagian selatan dalam satu kali perjalanan dan pesawat Anda mendarat di salah satu pulau atau negara bagian China, Anda dapat dengan mudah berpindah wilayah tanpa harus menggunakan penerbangan lokal karena waktu tempuh ferry ini pun cukup singkat hanya satu jam saja.

Pengalaman saya menggunakan New World First Ferry dari Macau-Kowloon-Macau, sangat nyaman dengan kursi-kursi yang berjejer layaknya di sebuah bus eksekutif lengkap dengan no.kursi. Selama satu jam saya dininabobokan terombang-ambing mengarungi lautan tanpa goncangan berlebihan. 

Meskipu kepala sedikit terantuk-antuk, namun karena kursi nya nyaman, saya dan teman-teman serta bule USA yang cooperative terlelap tidur penuh kepuasan. Sesekali kapal memang seakan-akan mengapung tatkala ombak besar menghadang, namun disinilah letak keasyikannya.

kounter di Macau Ferry Terminal
Selama mengarungi lautan antara Macau dan Hongkong, banyak sekali ferry-ferry lainnya yang berlalu lalang dengan latar pulau-pulau kecil yang banyak sekali tersebar di sepanjang perjalanan,. Jadi meskipun tidak dapat tertidur dengan penuh kesuksesan, masihlah dapat menikmati perjalanan dan tidak merasa sendirian di lautan layaknya kala menyebrang dari satu pulau ke pulau lain yang di kanan kiri dan depan belakang hanyalah lautan.

Setelah satu jam, bersiaplah memanjakan mata Anda memandang landscape Macau dan Hongkong dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang khas dan bertebaran disepanjang garis pantai dengan latar belakang perbukitan yang menghijau. Namun ada kemungkinan karena padatnya lalu lintas ferry tersebut menyebabkan air laut menjadi berminyak bahkan mendekati Macau, air nya kecoklatan seperti di sungai-sungai.

Berlayar menuju Hongkong


 - HAPPY TRAVELING -
Hal Penting :
- Harga tiket ferry ini berbeda-beda untuk siang dan malam hari (berlaku juga untuk weekdays dan weekend) serta Macau-Hongkong dan Hongkong-Macau (tiket saya Macau-Hongkong HKD 158 dan Hongkong-Macau HKD 145.

- Untuk jadwal keberangkatan ferry-ferry ini bisa di lihat website nya masing-masing, First Ferry, Turbojet, Cotai Strip dan untuk Shekou Port bisa di sini

- Jangan hiraukan tawaran tiket dari para calo tiket di China Ferry Terminal (Kowloon), karena harganya terpaut kurang lebih HKD 5

- Meskipun bukan pesawat terbang, karena merupakan pelayaran antar negara bagian, sistem keimigrasian tetap berlaku dikedua border negara, jadi seperti biasa, persiapkan pulpen dan isi kartu keimigrasian dengan lengkap

2 comments:

nice info gan. salam kenal. main kerumahku yah...

August 3, 2011 at 7:16 PM comment-delete

thanks gan dah mampir..
siyap laksanakan

August 3, 2011 at 8:20 PM comment-delete

Post a Comment